x

Bisa Dicontoh, Persib Komitmen Promosikan Bintang-bintang Muda Baru Lagi di Liga 1 Musim Depan

Jumat, 2 Juni 2023 11:14 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan Persib Bandung rencananya akan kembali mempromosikan pemain muda ke tim senior.

INDOSPORT.COM - Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan Persib Bandung rencananya akan kembali mempromosikan pemain muda ke tim senior untuk kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Menurut Teddy, manajemen akan merekrut pemain sesuai dengan rekomendasi dari pelatih Luis Milla. Pasalnya, keputusan menentukan pemain yang promosi ke tim Persib merupakan wewenang dari pelatih.

Selain itu, rencananya ada dua sampai tiga pemain muda dari Akademi maupun Diklat Persib yang akan promosi ke skuad Maung Bandung, guna mengarungi musim ini.

Promosi pemain muda ke tim senior menurut Teddy, merupakan salah satu tradisi yang sudah biasa dilakukan oleh tim kebanggaan Bobotoh pada setiap musimnya.

Hal itu, bisa dilihat pada musim sebelumnya yang sudah dilalui oleh skuad Maung Bandung, beberapa pemain berhasil dipromosikan dari Akademi dan Diklat Persib ke tim senior, mulai dari angkatan Febri Hariyadi hingga Robi Darwis.

Baca Juga

"Yang pasti ini wilayah tim pelatih, bahwa kita selalu mempunyai visi selalu mengorbitkan pemain muda, dan rencana ada 2-3 pemain muda yang kita orbitkan ke tim senior," kata Teddy Tjahjono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung. 

Pada musim lalu, Persib mengorbitkan beberapa pemain muda, di antaranya Ridwan Ansori dan Robi Darwis. Bahkan, Robi menjadi salah satu yang sering mendapatkan kesempatan bermain.

Baca Juga

Sepanjang Liga 1 2022-2023, Robi tampil sebanyak 17 kali selama 1001 menit dengan sumbangan 1 gol. Kontribusi yang tergolong mengesankan buat seorang pemain muda yang baru menjalani musim pertamanya bersama Persib.

Selain itu, Robi juga sering mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 bersama rekannya yang juga jebolan Diklat Persib, Kakang Rudianto dan Ferdiansyah.

Menjadi pemain muda Persib yang berpenampilan paling menonjol sepanjang Liga 1 2022-2023, membuat tim pelatih merekomendasikan mempertahankan Robi yang direspon manajemen dengan perpanjangan kontrak hingga tahun 2026.

Baca Juga

1. Datangkan Pemain-pemain Baru

Selebrasi pemain Persikabo 1973, Ryan Kurnia usai akselerasinya berbuah gol bunuh diri ke gawang PSS Sleman pada pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Pakansari, Kamis (15/09/22).

Sementara itu, untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 sejauh ini Persib tercatat sudah mendatangkan tiga pemain lokal dan satu asing.

Pertama tim kebanggaan Bobotoh mendatangkan Ryan Kurnia, Rabu (03/05/23). Dia adalah pemain sayap yang pada musim sebelumnya bermain untuk Persikabo 1973. 

Perekrutan Ryan Kurnia dilakukan atas rekomendasi pelatih Luis Milla. Selain itu, Manajamen Persib dan Ryan Kurnia sepakat menjalin kerjasama dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Setelah Ryan Kurnia dari Persikabo 1973, kali ini Persib mendatangkan bek kiri yang musim lalu memperkuat RANS Nusantara, Mohammad Edo Febriansyah, Senin (08/05/23). Persib mengikat anggota skuad Tim Nasional Indonesia itu dengan durasi kontrak dua tahun.

Kemudian, yang ketiga Persib mendatangkan I Putu Gede Juni Antara. Kepastian itu didapatkan, Sabtu (13/05/23), setelah Persib berhasil menjalin kesepakatan kontrak berdurasi dua tahun dengan bek kanan asal Bhayangkara FC tersebut.

Baca Juga

Setelah tiga pemain lokal, skuat Maung Bandung mendatangkan pilar asing asal Spanyol, Tyronne Gustavo del Pino Ramos, Minggu (28/05/23), untuk persiapan menghadapi kompetisi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

Pemain kelahiran Las Palmas, 27 January 1991 ini dikontrak oleh manajemen Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Baca Juga

Selain pemain, Persib juga mendatang asisten pelatih baru untuk membantu tugas Luis Milla saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yakni Bayu Eka Sari.

Setelah Bang Bes sapaan akrabnya, manajemen Persib menunjuk I Made Wirawan untuk mengisi posisi asisten pelatih penjaga gawang membantu tugas pelatih kiper, Luizinho Passos.

Sebagai informasi, I Made Wirawan sebelumnya merupakan penjaga gawang skuad Maung Bandung. Dia menjadi salah satu legenda Persib, lantaran berhasil membawa tim kebanggaan Bobotoh meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014. 

Baca Juga
Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Robi DarwisRyan Kurnia

Berita Terkini