x

Mengintip Cara 4 Bintang Persija Mengelola Bonus SEA Games dari Jokowi

Selasa, 6 Juni 2023 23:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
Selebrasi Witan Sulaeman usai mencetak gol pertama Timnas Indonesia ke gawang Burundi pada FIFA Matchday di stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/03/23).

INDOSPORT.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo baru saja mengguyur bonus untuk para peraih medali di ajang SEA Games 2023. Hal ini pun turut pula dirasakan oleh empat penggawa Persija Jakarta di Timnas Indonesia U-22.

Timnas Indonesia U-22 telah berhasil meraih medali emas di ajang SEA Games 2023. Skuat Garuda Nusantara berhak atas medali emas usai menaklukkan Thailand di babak final dengan skor 5-2.

Dengan raihan prestasi ini, Timnas Indonesia U-22 berhak mendapat bonus dari Presiden Joko Widodo. Bonus ini pun turut dirasakan oleh empat penggawa Persija Jakarta yang tergabung dalam skuat Timnas Indonesia U-22.

Keempat penggawa tersebut antara lain, Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho Ramadhani, dan Witan Sulaeman. Keempat pemain Persija Jakarta ini pun hadir langsung di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo atas prestasi yang diukir para atlet Indonesia di SEA Games 2023.

Baca Juga

"Atas nama masyarakat, atas nama rakyat, atas nama bangsa, atas nama negara, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas perjuangan saudara-saudara semuanya," buka Presiden Jokowi.

"Baik para peraih medali, para atlet, para pelatih, asisten pelatih, para pendamping, dan semua yang telah bekerja keras untuk mencapai itu,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga

Mendapat guyuran bonus ini, empat penggawa Persija Jakarta yang hadir langsung dalam kesempatan tersebut memiliki respon beragam.

Seperti halnya Kapten Timnas Indonesia U-22 yang juga penggawa anyar Persija Jakarta, Rizky Ridho mengaku mendapat wejangan dari Presiden Jokowi.

"Kemarin (5/6/2023) semua atlet yang sudah berjasa di SEA Games 2023 menghadiri undangan seremoni Presiden," buka Rizky Ridho.

"Di sana kami berkumpul dan bertemu dengan bapak Presiden Jokowi. Tentu saja beliau memberikan wejangan untuk para semua atlet," ucap Ridho.

Baca Juga

1. Cara Rizky Ridho, Witan dan Rio Fahmi

Laga Liga 1 antara Persija Jakarta vs PSS Sleman di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Sabtu (15/04/23).

Perihal bonus yang diberikan, Rizky Ridho pun mengaku ingin menginvestasi uang yang didapat. Sebab memang uang bonus yang diterima cukup besar yakni 367,5 juta rupiah besarnya bonus yang didapat.

"Alhamdulillah kami dapat bonus dari bapak Presiden. Namun beliau mengingatkan agar bonusnya diinvestasikan," kata Rizky Ridho.

Disinggung apa yang akan dia investasi, mantan pemain Persebaya Surabaya ini belum terpikirkan hal apa yang akan ia investasi. Namun Rizky Ridho mengaku akan menabung uang bonus yang didapat.

"Saya sendiri belum tahu akan diinvestasikan seperti apa, tapi yang pasti saya akan tabung,” ujarnya melanjutkan.

Sementara itu, Witan Sulaeman mengaku lebih termotivasi akan uang bonus yang diterima oleh dirinya. Setidaknya denga bonus ini dia lebih ingin menjadi juara di event-event lebih tinggi lainnya.

Baca Juga

"Semoga ini bisa menjadi motivasi lebih buat kami berprestasi di ajang-ajang selanjutnya, seperti Asian Games," ucap Witan Sulaeman.

Bagi Witan Sulaeman bonus itu jadi lucutan dirinya untuk bisa berprestasi lebih untuk Timnas Indonesia. Oleh karena itu, dia ingin terus memberikan yang terbaik buat timnya di berbagai ajang.

Baca Juga

Untuk diketahui, dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-22 akan bertransformasi menjadi Timnas Indonesia U-23. Nantinya Timnas Indonesia U-23 akan ambil bagian di Asian Games 2022.

Sementara itu, Rio Fahmi mengaku bangga kerja kerasnya mendapat apresiasi dari orang nomor satu di Indonesia. Namun saat disinggung soal bonus yang dia dapat, dirinya akan berdiskusi dengan sang orang tua.

"Bangga bisa mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo," buka Rio Fahmi.

Baca Juga

"Soal bonus belum saya pikirkan untuk apa. Saya akan berdiskusi dengan orang tua," tambah Rio Fahmi.

Tapi Rio mengaku akan menggunakan uang bonus tersebut dengan baik seperti ditabung atau berinvestasi.

"Yang pasti akan saya manfaatkan dengan maksimal, seperti ditabung dan berinvestasi," jelas Rio.

Kini keempat pemain Persija Jakarta ini sendiri melupakan euforia pemberian bonus tersebut. Empat pemain Persija Jakarta sudah mengalihkan fokus dengan kembali berlatih bersama Persija Jakarta.

Baik Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho Ramadhani, dan Witan Sulaeman, berlatih bersama Persija Jakarta pasca berjuang meraih medali emas SEA Games 2023.

Latihan hari perdana dimulai dengan sesi gym di Elite Club Epicentrum, Pasar Festival, pada pagi hari. Sesi kedua berlangsung pada sore hari di Nirwana Park, Bojongsari.

Rio, Ferarri, dan Witan mengaku sangat bahagia bisa kembali bergabung dengan rekan satu timnya. Menurutnya, bisa berlatih dan bercengkrama dengan teman-teman setim adalah yang mereka rindukan selama menjalani masa libur.

"Alhamdulillah saya telah bergabung latihan bersama teman-teman yang lain. Bersyukur tidak ada kendala berarti," kata Rio Fahmi.

"Saat teman-teman berlatih lebih dulu pasti ada perasaan rindu yang timbul. Melihat teman-teman latihan membuat saya tidak sabar untuk bisa berlatih bersama seperti saat ini," tukas Rio.

Persija JakartaSEA GamesJokowiTimnas Indonesia U-22

Berita Terkini