x

Daftar Pemain Top Dunia yang Berkarier di MLS Sebelum Lionel Messi, Ada Kaka hingga Rooney

Kamis, 8 Juni 2023 14:29 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Lionel Messi di laga Coupe de France Marseille vs PSG, Kamis (09/02/23) dini hari WIB. Foto: REUTERS/Eric Gaillard.

INDOSPORT.COM - Setelah tidak melanjutkan kerja sama dengan PSG, Lionel Messi akhirnya memilih keluar dari Eropa dan melanjutkan karier ke Major League Soccer atau MLS.

Lionel Messi telah memutuskan untuk bergabung dengan salah satu klub MLS yakni Inter Miami. Kabar ini diperoleh setelah sang mega bintang membuat pernyataan mengejutkan pada Kamis (08/06/23) dini hari WIB.

Dilansir dari Mundo Deportivo, Lionel Messi menegaskan kalau keputusan untuk bergabung ke Inter Miami sudah bulat.

Sebelumnya, pemain terbaik Piala Dunia 2022 tersebut dirumorkan bakal kembali ke pelukan Barcelona di bursa transfer musim panas 2023.

Namun dirinya tidak ingin membenani Barcelona karena klub berjulukan Blaugrana tersebut harus berjuang menghindari Financial Fair Play (FFP).

Baca Juga

Bila ingin mendaratkan Lionel Messi, Barcelona harus menjual beberapa bintangnya. Hal itu membuat Messi tidak ingin ada pemain yang menjadi tumbal.

Sementara itu, kompetisi Major League Soccer atau MLS memang sudah tidak asing bagi fans sepak bola di jagat raya.

Baca Juga

Pasalnya, banyak pemain top dunia yang pernah berkarier di kompetisi tersebut, setelah performanya mengalami penurunan di Eropa karena faktor usia.

Sebelum Lionel Messi, ada banyak pemain top dunia yang memutuskan berkarier di MLS. Ada yang bergabung ke LA Galaxy, Los Angeles FC hingga New York Red Bulls. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Daftar Pemain Top Dunia yang Pernah Main di MLS

David Beckham. Foto: Reuters/Matthew Childs

1. David Beckham

Legenda Manchester United dan Real Madrid yakni David Bekcham pernah membuat MLS dikenal oleh dunia setelah bergabung dengan LA Galaxy dengan status bebas transfer pada 2007 silam.

Saat itu kontrak David Beckham dengan Real Madrid sudah habis. Di LA Galaxy, Beckham mengemas total 20 gol serta 42 assist dari 124 pertandingan.

Meski kontraknya tersisa hingga 2014, ia kemudian memutuskan pindah ke PSG dan gantung sepatu di Paris. Setelah pensiun, suami Victoria Beckham itu membeli Inter Miami dengan harga USD25 juta atau setara Rp372 miliar.

Setelah melalui proses yang cukup alot, Inter Miami akhirnya resmi menjadi tim ke-25 di kompetisi MLS pada 2018 lalu dan berdiri kokoh hingga sekarang.

2. Thierry Henry

Setelah David Beckham, ada legenda Arsenal serta Barcelona yaitu Thierry Henry yang memutuskan bergabung ke klub MLS, New York Red Bulls.

Ia diboyong dengan status bebas transfer dari Barcelona pada 2010. Selama 4,5 tahun membela New York Red Bulls, Thierry Henry berhasil mengemas 51 gol dari 122 laga.

3. Kaka

Kemudian ada legenda AC Milan dan Timnas Brasil yaitu Kaka. Ia bergabung ke klub MLS bernama Orlando City pada Juli 2014 setelah performanya di Real Madrid anjlok.

Selama berkarier di MLS, Kaka mencetak 24 gol serta membuat 19 assist dalam 79 pertandingan bersama Orlando City.

4. Steven Gerrard

Setahun setelah Kaka, ada legenda Liverpool yang kini menjadi eks pelatih Aston Villa yakni Steven Gerrard. Ia bergabung ke La Galaxy pada Juli 2015 silam.

Hanya semusim membela La Galaxy, Steven Gerrard memutuskan pensiun setelah mencetak lima gol serta 15 assist dari 39 laga.

5. Frank Lampard

Frank Lampard juga menyusul langkah Steven Gerrard. Bedanya, ia bergabung ke klub MLS yakni New York City FC pada 2015 silam.

Frank Lampard menunjukkan performa apik selama semusim di MLS. Dirinya mampu mencetak 15 gol dan empat assist dari 31 pertandingan.

6. Didier Drogba

Rekan Frank Lampard di Chelsea yaitu Didier Drogba juga melanjutkan karier di klub MLS. Ia memperkuat Montreal Impact pada 2015 hingga 2016 dengan mencetak 21 gol.


2. 7. Zlatan Ibrahimovic

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic selebrasi setelah menjuarai Liga Italia 2021/2022. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Selanjutnya ada Zlatan Ibrahimovic yang sempat merasakan kompetisi MLS pada 2018 lalu dengan bergabung ke LA Galaxy. Selama di MLS, ia tampil subur dengan mencetak 53 gol dari 58 laga.

Karena masih tajam di LA Galaxy, Zlatan Ibrahimovic direkrut oleh AC Milan pada bursa transfer musim dingin 2020 lalu. Ia kemudian memutuskan pensiun belum lama ini di San Siro.

8. Wayne Rooney

Legenda Manchester United dan Everton yaitu Wayne Rooney juga pernah berkarier di MLS. Ia bergabung ke DC United pada Juli 2018 lalu seusai kembali ke Everton.

Selama berseragam DC United, eks striker haus gol Setan Merah tersebut mampu mencetak 25 gol dan 14 assist dalam 52 penampilan.

9. Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain akhirnya hijrah ke Inter Miami pada September 2020 seusai memperkuat Real Madrid, Napoli, Juventus, AC Milan dan Chelsea. Di MLS ia memainkan 70 laga dengan mencetak 29 gol dan 11 assist.

Setelah membela Inter Miami, Gonzalo Higuain memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional pada 2022 lalu.

10. Gareth Bale

Setelah performa buruk di Real Madrid, Gareth Bele memutuskan gabung ke Los Angeles FC pada 2022 lalu. Bintang asal Wales tersebut tercatat hanya membuat 13 penampilan setelah bergabung empat bulan saja.

Meski begitu, Gareth Bale berhasil membawa LAFC menjadi juara Major League Soccer Cup 2022. Namun, dia kemudian memutuskan gantung sepatu pada Januari 2023 lalu.

11. Giorgio Chiellini

Terbaru ada Giorgio Chiellini yang memutuskan bergabung ke Los Angeles FC seusai mengabdi cukup lama untuk Juventus.

Giorgio Chiellini bergabung dengan LAFC pada Juli 2022 lalu dan dikontrak sampai 31 Desember 2023 mendatang.

Selama menjadi bagian dari LAFC, Chiellini bermain sebanyak 21 pertandingan dengan menyumbang satu gol dan satu assist. Dia juga membawa Los Angeles FC juara Major League Soccer Cup 2022.

MLSLionel MessiDavid BeckhamLA GalaxyMajor League Soccer (MLS)Inter Miami

Berita Terkini