x

Profil Ilias Alhaft, Pemain Keturunan Indonesia yang Bawa Almere City Promosi ke Eredivisie

Senin, 12 Juni 2023 17:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain keturunan Indonesia, Ilias Alhaft.

INDOSPORT.COM - Bintang Almere City yaitu Ilias Alhaft baru saja mendapatkan sorotan fans Timnas Indonesia seusai mengantar Almere City promosi ke  Eredivisie Belanda.  

Seperti diketahui, baru saja tampil bersama Almere City dalam playoff promosi ke kasta tertinggi Liga Belanda untuk musim 2023/24 mendatang.

Di leg pertama, Almere City sukses menumbangkan lawannya yaitu FC Emmen dengan skor 2-0. Pada leg kedua FC Emmen kembali dihajar 1-2 yang membuat agregat menjadi 4-1, Minggu (11/06/23) malam WIB.

Kemenangan tersebut membuat Almere City berhak promosi ke Eredivisie Belanda pada musim depan. Para pemain juga melakukan selebrasi setelah laga selesai.

Dilansir dari unggahan akun Twitter @FT_IDN, para pemain merayakan kemenangan tersebut dengan membawa bendera negaranya masing-masing.

Baca Juga

Namun satu pemain yang menjadi sorotan karena membawa Bendera Indonesia berwarna merah putih. Ya, pemain itu adalah Ilias Alhaft.

Tidak hanya bendera Indonesia, Ilias Alhaft juga terlihat mengikat bendera negara Maroko di tubuhnya. Ternyata dirinya memiliki darah Indonesia dan Maroko.

Baca Juga

Di media sosial, netizen Tanah Air berharap PSSI bisa melobby Ilias Alhaft agar mau dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Untuk mengenal lebih jauh siapa sosok Ilias Alhaft, berikut kami telah merangkum profil sang penyerang sayap kanan tersebut:

Baca Juga

1. Profil Ilias Alhaft

Profil Ilias Alhaft, pemain keturunan Indonesia yang bersinar di Liga Belanda.

Ilias Alhaft merupakan pemain yang lahir di Rotterdam, Belanda pada 23 Februari 1997 silam. Meski lahir di Belanda, ia memiliki darah Indonesia dan Maroko.

Pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut memulai kariernya dari akademi Sparta Rotterdam sejak 2014 silam. Ia kemudian memperlihatkan penampilan apik hingga memikat daya tarik Almere City.

Sebelum tampil bersama Almere City, Alhaft diketahui sempat merumput bersama Sparta Rotterdam pada tahun 2015-2019. Ia termasuk ke dalam skuat De Kasteelheren yang sukses menggondol trofi Eerste Divisie pada musim 2015/16 silam.

Almere City memboyongnya dari Sparta Rotterdam pada bursa transfer Januari 2019 lalu. Kini dirinya sudah tercatat membela Almere City selama empat tahun.

Baca Juga

Bersama Almere City, Ilias Alhaft tercatat telah menyumbang 18 gol dan 12 assist dalam 101 penampilan. Performa apiknya itu juga membuat Timnas Belanda U-18 dan U-20 sempat memanggilnya.

Baca Juga

Bersama timnas Belanda U-18, dirinya tercatat bermain sebanyak lima kali. Kemudian bersama skuat U-20, ia mencatatkan 10 kali caps.

Meskipun memiliki darah Maroko dan pernah dipanggil untuk timnas Belanda U-18 serta U-20, Alhaft diketahui masih mempunyai kans untuk merumput bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

2. Dapat Sorotan Fans Garuda Sejak 2021

Ilias Alhaft

\Beberapa fans Garuda sebenarya sudah mengetahui kiprah Ilias Alhaft. Ia mulai mendapatkan sorotan sejak 2021 lalu.

Bermula ketika pemain Almere City berdarah Indonesia tersebut kedapatan mencetak gol sensasional di Belanda. Ia diketahui berhasil mencetak gol istimewa untuk Almere City di pekan ke-5 Eerste Divisie (kasta kedua Liga Belanda) dalam laga kontra FC Oss, Sabtu (04/09/21).

Gol istimewa yang menjadi sorotan tersebut adalah gol kedua Alhaft untuk mengantarkan Almere meraih kemenangan telak atas Oss dengan skor 3-0.

Tercipta di menit ke-63, aksi istimewa Alhaft tersebut mendapatkan sorotan dari ESPN Netherlands yang secara khusus mengunggah proses terjadinya gol tersebut.

Bergerak di sisi kanan Almere, pemain berdarah Indonesia ini melakukan tusukan ke area gawang Oss sebelum kemudian melepaskan tendangan keras kaki kiri ke yang sukses mengoyak jala gawang Nolbert Alblas.

Eredivisie BelandaTimnas IndonesiaAlmere CityIlias Alhaft

Berita Terkini