x

Nabil Husein Murka Lilipaly Diparkir Timnas Indonesia, Nova Arianto: Lihat di Piala Asia

Rabu, 21 Juni 2023 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pemain Borneo FC dan Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly.

INDOSPORT.COM - Stefano Lilipaly tidak dimainkan dalam laga Timnas Indonesia vs Argentina, sehingga asisten Shin Tae-yong, Nova Arianto bicara soal Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Stefano Lilipaly masuk dalam 26 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday 2023.

Timnas Indonesia melawan Palestina pada 14 Juni, kemudian menghadapi sang juara Piala Dunia 2022, Argentina pada 19 Juni 2023. 

Namun, dari dua laga tersebut, tak sekali pun Stefano Lilipaly diberi kesempatan untuk merumput. Hal ini membuat bos Borneo FC, Nabil Husein ikut berang.

Sejatinya bukan hanya Lilipaly saja, masih ada beberapa pemain lain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan, tetapi tidak dimainkan di dua laga FIFA Matchday 2023.

Baca Juga

Sebut saja Rachmat Irianto dan Fachruddin Aryanto yang notabene adalah langganan Timnas, ditambah beberapa pemain lainnya seperti Andy Setyo, Reza Arya dan Yance Sayuri.

Namun, absennya Stefano Lilipaly di dua laga FIFA Matchday membuat Nabil Husein berang. Menurutnya, dalam laga uji coba sebaiknya menurunkan semua pemain.

Baca Juga

"Uji coba itu ya untuk mencoba, lalu kenapa pada gak dicoba?" komentar pedas Nabil Husein dengan menandai akun Instagram pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Tentu semua pemain ingin punya harapan bisa bermain, terutama melawan Argentina. Bahkan hanya satu menit pun tidak kau berikan," kritik pedas Nabil Husein.

"Tolong para asisten Coach juga bersuara, bukan pada diam saja manut dengan Shin Tae-yong," tambah presiden klub Borneo FC tersebut.

Baca Juga

1. Klarifikasi Nova Arianto

Nova Arianto, asisten pelatih Timnas Indonesia memberikan klarifikasi terkait tuduhan Shin Tae-yong tidak suka Stefano Lilipaly.

Ketika Nabil Husein menyinggung asisten pelatih Timnas Indonesia yang hanya manut dengan aturan Shin Tae-yong, Nova Arianto akhirnya buka suara dan meluruskan kasus ini.

Menurut Nova, keputusan Shin Tae-yong sudah benar untuk menurunkan pemain yang paling siap melawan Argentina, karena ini adalah persiapan menghadapi Piala Asia 2023.

"Selamat malam Pak Bos. Sebelumnya kami minta maaf ada pemain yang tidak bisa tampil di dua pertandingan FIFA Matchday kali ini," jawab Nova Arianto via Instagram.

"Perlu diketahui, kita memanggil 26 pemain dan hanya bisa 11 pemain dan 6 pergantian."

"Head coach (Shin Tae-yong) juga sudah menyampaikan maaf kepada pemain yang tidak mendapatkan kesempatan bermain di FMD kali ini," tegas Nova Arianto lagi.

Baca Juga

Banyak yang menganggap jika pelatih Shin Tae-yong tidak suka dengan Stefano Lilipaly karena kritik pedasnya di media sosial. Tapi Nova Arianto langsung membantah hal itu.

"Pasti ada yang kecewa dengan keputusan tersebut, tetapi keputusan memainkan pemain bukan karena suka atau tidak suka, tapi lebih karena kebutuhan tim dan taktik yang digunakan saat menghadapi Palestina dan Argentina, semoga bisa dimengerti."

Baca Juga

"Tim ini sebagai persiapan Asian Cup di bulan Januari 2024. Kami terus memantau pemain-pemain terbaik yang pantas dan pastinya bisa bermain dengan filosofi Head Coach."

"Semoga pemain tidak lepas mental dan terus bekerj keras di kompetisi yang akan berjalan," tukas Nova Arianto.

Klarifikasi ini sekaligus membantah dugaan yang menyatakan jika Shin Tae-yong tidak senang pada pemain naturalisasi andalan klub Liga 1 Borneo FC, Stefano Lilipaly.

Baca Juga
ArgentinaBorneo FCStefano LilipalyNova AriantoTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Nabil Husein AminPiala AsiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini