x

Profil dan Kualitas Cesar Azpilicueta, Bek Gaek Chelsea yang Dibajak Inter Milan

Minggu, 25 Juni 2023 16:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Cesar Azpilicueta mencoba menghentikan Lucas Moura dalam laga Chelsea vs Tottenham Hotspur

INDOSPORT.COM – Profi serta bedah kualitas Cesar Azpilicueta, salah satu bek gaek milik Chelsea yang bakal segera dibajak Inter Milan pada bursa transfer musim panas Liga Italia 23/24.

Memasuki pekan kedua bursa transfer musim panas kali ini, Inter Milan yang awalnya pasif dan minim rumor untuk mendatangkan pemain, perlahan mulai menunjukkan pergerakannya.

Teranyar dari laporan Fabrizio Romano hari Sabtu (24/06/2023) lalu, Inter Milan disebut telah mencapai kata sepakat dengan pemain asal Spanyol, Cesar Azpilicueta.

Fabrizio Romano menyebutkan, bahwa Fabrizio Romano telah memutuskan pergi dari Chelsea karena dikabarkan tak masuk rencana The Blues musim depan.

Masih dalam laporan itu, disebutkan bahwa Azpi tak akan mendapat banyak menit bermain di bawah arahan pelatih baru Chelsea, Mauricio Pochettino.

Baca Juga

Apalagi di pos bek kanan yang ia tempati, Chelsea masih memiliki nama seperti Reece James dan rekrutan barunya di Januari 2023 lalu, Malo Gusto.

Karena hal tersebut, pemain berusia 33 tahun ini sepakat untuk berpisah, meski dirinya masih terikat kontrak hingga 2024 mendatang.

Baca Juga

Setali tiga uang, Inter Milan yang membutuhkan sosok bek baru musim depan langsung menyambar Cesar Azpilicueta dan sang pemain pun disebut setuju untuk hengkang ke Liga Italia.

Kabarnya, Azpilicueta dan Inter telah mencapai kesepakatan pribadi, yakni kontrak berdurasi dua tahun atau hingga 2025 mendatang.

Dengan kehadiran Cesar Azpilicueta, praktis lini belakang Inter Milan musim depan bakal semakin kokoh dan diprediksi bisa membawa La Beneamata bersaing di tangga juara.

Sebelum resmi diperkenalkan sebagai penggawa anyar Inter Milan, berikut INDOSPORT rangkum profil lengkap serta potensi yang dimiliki Cesar Azpilicueta.

Baca Juga

1. Profil Cesar Azpilicueta

Bek kanan Spanyol, Cesar Azpilicueta saat bermain di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Cesar Azpilicueta Tanco adalah pesepak bola Spanyol yang lahir pada tanggal 28 Agustus tahun 1989 silam di kota Zizur Mayor.

Sebelum berkarier di level profesional, Cesar Azpilicueta merupakan produk dari tim akademi Osasuna dan berhasil menembus skuat senior di tim Osasuna B pada tahun 2006.

Selama satu musim di tim cadangan, Azpilicueta akhirnya mendapat kesempatan untuk naik level ke tm utama Osasuna dan menjalani debut saat menghadapi Real Madrid pada 8 April 2007 lalu.

Di musim 07/08, Cesar Azpilicueta sukses mencuri tempat utama di starting line up Osasuna dan bermain sebanyak 29 laga dalam semua kompetisi saat itu.

Cesar Azpilicueta jadi bagian penting Osasuna selama tiga musim dan menorehkan 108 pertandingan di semua ajang.

Baca Juga

Berbekal penampilan gemilang di Osasuna, nama Cesar Azpilicueta mulai jadi sorotan sejumlah tim Eropa dan pada Juni 2010 klub raksasa Liga Prancis, Marseille resmi mendapatkan tanda tangannya.

Selama dua musim setengah di Prancis, pemain berpostur 178 cm tersebut sukses mencatatkan 68 pertandingan dan mencetak dua gol buat Marseille.

Baca Juga

Cesar Azpilicueta juga jadi bagian penting klub saat menjuarai Coupe de la Ligue musim 2011/12, serta dua kali beruntun memenangkan Trophee des Champions tahun 2010 dan 2011.

Pada musim panas 2012, Cesar Azpilicueta menerima pinangan Chelsea dan pindah ke klub asal London tersebut dengan 7 juta pounds.

Karier Cesar Azpilicueta bersama Chelsea terbilang apik, di mana ia sanggup bertahan hingga 11 musim dengan torehkan 508 pertandingan di semua ajang.

Cesar Azpilicueta juga jadi salah satu pemain penting yang membantu The Blues menjuarai berbagai gelar juara mulai dari Premier League, FA Cup, Liga Europa, Liga Champions, UEFA Super Cup hingga FIFA Club World Cup.

Baca Juga

2. Kualitas Cesar Azpilicueta

Pemain Chelsea Cesar Azpilicueta berebut bola dengan pemain Everton Demarai Gray. Foto: REUTERS/Toby Melville

Melansir dari data Whoscored, disebutkan bahwa Cesar Azpilicueta merupakan salah satu pemain bertahan yang cukup solid sepanjang musim lalu.

Walau tak mampu membawa Chelsea bersaing di empat besar klasemen Liga Inggris, namun peran Cesar Azpilicueta sangat vital buat pertahanan The Blues.

Total dari 37 pertandingan yang ia jalani, Cesar Azpilicueta setidaknya mampu melakukan 1.6 kali tekel, 0.8 kali intersep, 1.6 kali clearance serta 0.2 kali block tiap satu pertandingan.

Artinya, Cesar Azpilicueta merupakan salah satu pemain cukup sibuk untuk mengawal pertahanan Chelsea musim lalu, dan jika tanpa kehadiran dirinya mungkin The Blues bakal lebih sering telan kekalahan dengan skor telak.

Tak hanya soal pertahanan, Cesar Azpilicueta punya kelebihan lain dalam hal membangun serangan dan terlihat dari tingkat umpan yang dilepasan sepanjang musim lalu.

Sepanjang musim 22/23, Cesar Azpilicueta mampu lepaskan 0,6 kali umpan kunci dalam satu laga. Serta melakukan setidaknya 44 kali umpan tiap pertandingan dengan tingkat akurasi mencapai 89%.

Berbekal statistik tersebut, jelas kehadiran Cesar Azpilicueta bakal membuat Inter Milan untung besar, apalagi skuat arahan Simone Inzaghi itu memang sangat mengandalkan build up serangan dari bawah.

Sehingga kemampuan umpan Cesar Azpilicueta akan sangat berguna saat Inter Milan mencoba melakukan fast break dalam pertandingan.

Inter MilanCesar AzpilicuetaLiga Italia

Berita Terkini