x

4 Pemain yang Segera Susul Ilkay Gundogan Gabung Barcelona

Selasa, 27 Juni 2023 14:45 WIB
Editor: Juni Adi
Ilkay Gundogan, resmi gabung Barcelona. (Foto: Instagram@fcbarcelona)

INDOSPORT.COM - Ilkay Gundogan resmi berlabuh ke klub Liga Spanyol (La Liga), Barcelona pada bursa transfer musim panas ini, tetapi kehadirannya bisa menginspirasi bintang lain yang ingin bergabung.

Teka-teki tempat pelabuhan baru Ilkay Gundogan pada bursa transfer musim panas ini akhirnya terjawab sudah. Sang pemain memutuskan meninggalkan Manchester City untuk melanjutkan karier di Spanyol 

Barcelona dipilih menjadi destinasi klub berikutnya. Sebelumnya, Ilkay Gundogan memang sudah menyatakan ingin hengkang dari Etihad Stadium apalagi usai membawa klub memenangkan treble winner, Liga Inggris, Piala FA, Liga Champions.

Kepastian Gundogan bergabung dengan Barcelona diketahui lewat laman media sosial klub yang mengumumkan kedatangan pemain asal Jerman itu, pada Senin (26/06/23) kemarin.

"Selamat datang di Barcelona, Gundogan," tulis keterangan pada unggahan foto sang pemain bersama beberapa trofi di akun Twitter resmi Barcelona.

Baca Juga

Gundogan sendiri diboyong oleh Manchester City dari Borussia Dortmund pada musim panas 2016 lalu. Tujuh musim di Inggris, ia mencatatkan 304 penampilan dan membuat 60 gol serta 40 assist bersama The Citizens di lintas ajang.

Gelandang berusia 32 tahun itu lantas berterima kasih kepada pelatih Pep Guardiola yang berjasa memboyongnya dari Borussia Dortmund dan memberinya kesempatan bermain di Liga Inggris. 

Baca Juga

"Pertama-tama, saya ingin berterima kasih kepada Pep. Bermain dan belajar darinya untuk sekian lama akan menjadi sesuatu yang tak pernah bisa saya lupakan," kata Gundogan di laman resmi Manchester City.

Dia juga berterima kasih kepada rekan-rekan setimnya. Gelandang asal Jerman berdarah Turki itu pun menyatakan terima kasih atas dukungan semua suporter City yang telah mendukungnya sejak pertama kali dia menginjakkan kaki di Etihad Stadium. 

Ilkay Gundogan bergabung ke Barcelona dengan status bebas transfer karena kontraknya yang habis akhir Juni 2023 ini tidak diperpanjang oleh Manchester City.

Kehadiran Ilkay Gundogan bakal menjadi daya tarik untuk pemain bintang lain datang ke Barcelona, siapa saja yang berpotensi?

Baca Juga

1. Neymar

Pemain PSG, Neymar, saat ingin merebut bola dari pemain Marseille di Coupe de France.

PSG memang sudah mau melepas Neymar pada bursa transfer musim panas ini. Desakan dari suporter yang begitu besar karena pemain Timnas Brasil itu dianggap tidak bermain dengan hati.

Kontrak Neymar baru akan berakhir pada 30 Juni 2025. Dia juga mendapat bayaran yang tinggi. Jika mau kembali ke Barcelona, negosiasi penurunan gaji harus dihadapinya.

Mengutip Sport, salah satu cara yang bisa ditempuh Barcelona adalah mendatangkan Neymar sebagai pemain pinjaman. Itu pun juga harus dibarengi keinginan pria berusia 31 tahun itu untuk menurunkan gaji.

Bernardo Silva

Spekulasi mengenai masa depan Bernardo Silva dengan Manchester City beberapa kali mendapat sorotan. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu disebut dapat meninggalkan Etihad Stadium.

Bernardo Silva memang beberapa kali menyatakan keinginannya untuk meninggalkan City, mulai dari bursa transfer musim panas 2022 hingga musim dingin 2023.

Baca Juga

Tetapi pemain asal Portugal itu tetap dipertahankan. Namun hal itu tidak menyurutkan sejumlah klub yang berminat, termasuk Barcelona untuk terus menggodanya.

Barcelona tidak sendiri kabarnya ada PSG juga yang ikut dalam perburuan tanda tangan Bernardo Silva. Tapi peluang besar nampaknya dialami Barca menyusul bergabungnya Gundogan.

Baca Juga

 Rodriguez

El Nacional melaporkan Rodriguez menjadi incaran utama Barcelona musim panas ini. Pemain Timnas Argentina itu dianggap sangat cocok dengan filosofi permainan

Barcelona ngotot mendatangkan Rodriguez dari Real Betis untuk menjadi suksesor Sergio Busquets yang meninggalkan klub dan bergabung dengan Inter Miami.

Namun demikian langkah Barcelona jelas tak mulus begitu saja. Pasalnya Rodriguez dikabarkan juga masuk incaran Napoli. 

Joao Palhinha

Pelatih Barca Xavi menjadikan gelandang baru sebagai prioritas utama untuk jendela transfer musim panas dan Sport melaporkan bahwa Joao Palhinha dari Fulham muncul sebagai salah satu kandidat teratas, setelah Rodriguez.

Barca awalnya mengincar Martin Zubimendi untuk menggantikan Busquets, yang hengkang ke Inter Miami.

Namun, bintang Real Sociedad itu terbukti terlalu mahal, dan klub juga memilih untuk tidak membeli Sofyan Amrabat. Sebaliknya, Palhinha dan Luis dianggap sebagai pemain yang paling cocok dengan gaya bermain Barca.

Baca Juga
Bursa TransferBarcelonaIlkay GundoganLiga Spanyol

Berita Terkini