x

Profil Erwin Ramdani, Eks Winger Persib yang Direkrut RANS Nusantara FC di Liga 1 2023/24

Jumat, 30 Juni 2023 06:44 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi tutup satu mata pemain Persib Bandung, Erwin Ramdani di laga Persib vs Persiraja. (Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Profil Erwin Ramdani, mantan winger Persib Bandung yang resmi bergabung ke RANS Nusantara FC jelang Liga 1 2023-2024 bisa kalian simak di artikel ini.

Erwin Ramdani resmi menjadi bagian dari RANS Nusantara FC, untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, setelah dilepas oleh Persib Bandung.

Erwin Ramdani pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 lalu bermain untuk Persib Bandung. Namun, selama musim tersebut dia menjadi salah satu pemain yang jarang mendapat kesempatan bermain dan lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Dari 34 pertandingan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, pemain yang menggunakan nomor punggung 93 ini hanya mendapatkan kesempatan bermain dalam 14 laga dengan mengumpulkan 347 menit bermain.

Selain itu, pada musim 2022-2023 mantan pemain PSMS Medan ini mengoleksi satu gol. Gol tunggal tersebut, dicetak oleh Erwin saat pertandingan menghadapi Bali United.

Baca Juga

Selama kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Erwin Ramdani harus bersaing dengan pemain sayap lainnya, yakni Frets Butuan dan Ezra Walian.

Setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, skuat Maung Bandung akhirnya mengumumkan Erwin Ramdani menjadi pemain yang dilepas dan tidak masuk skema untuk musim 2023-2024.

Kedua belah pihak pun bersepakat tidak melanjutkan jalinan kerja sama untuk kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 mendatang. Baik Erwin maupun Persib, sama-sama memahami keputusan ini dan berbesar hati untuk berpisah secara baik-baik.

Saat itu, Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan keputusan manajemen melepas Erwin Ramdani atas rekomendasi dari pelatih Luis Milla.

Baca Juga

Pasalnya, keputusan untuk melepas maupun merekrut pemain merupakan wewenang dari pelatih, sedangkan manajemen berusaha menjalankan rekomendasi tersebut, dengan harapan performa tim bisa lebih baik.

"Keputusan tim pelatih (dilepas). Karena Erwin diberikan, karena dia jarang main kan, sudah dikasih kesempatan untuk dapat main yang lebih," ucap Teddy Tjahjono setelah Persib melepas Erwin.

Baca Juga

1. Erwin Ramdani Minim Menit Bermain di Persib

Gelandang Persib, Erwin Ramdani setelah mencetak gol ke gawang Bali United.

Sebagai informasi, Erwin Ramdani bergabung bersama Persib pada musim 2019. Pada musim pertamanya, bersama skuad Maung Bandung dia bermain 17 laga dengan mengumpulkan 271 menit bermain.

Pada tahun 2020, kompetisi Liga 1 musim 2020 hanya bergulir tiga pekan dan terpaksa dihentikan, karena pandemi covid-19. Setelah itu, Erwin menandatangani perpanjangan kontrak untuk dua tahun pada 4 Maret 2021 lalu.

Saat kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, Erwin sering mendapatkan kesempatan bermain, walaupun belum menjadi pilihan utama dan lebih banyak masuk sebagai pengganti.

Selama kompetisi Liga musim 2021-2022, Erwin tetap berusaha untuk menampilkan permainan terbaiknya, sebagai bukti dia berhasil menyumbang tiga gol bagi tim kebanggaan Bobotoh.

Baca Juga

Setelah itu, pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Erwin kembali banyak duduk di bangku cadangan, hingga akhirnya kontrak kerja sama dengan manajemen Persib berakhir.

Baca Juga

Selama memperkuat Persib Bandung, Erwin tampil dalam 53 pertandingan di kompetisi dengan mengumpulkan 1.268 menit bermain dan menyumbangkan 5 gol.

Sementara itu, Erwin Ramdani sebenarnya merupakan pemain yang penuh pengalaman. Winger kelahiran Bandung, 11 Maret 1993 ini sempat memperkuat beberapa klub di Indonesia.

Baca Juga

2. Perjalanan Karier Erwin Ramdani

Gelandang Persib, Erwin Ramdani.

Sebagai informasi, bersama Persib Erwin Ramdani mengawali perjalan kariernya dari U-15, setelah itu dia masuk ke tim U-18 dan lanjut ke U-21.

Ketika, Persib junior ditangani pelatih Mustika Hadi, dia bermain di kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011 dan 2011/2012.

Usai memperkuat skuad Maung Ngora, Erwin Ramdani sempat mengikuti pendidikan dan pelatihan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan dinyatakan lulus.

Kemudian Erwin kembali ke lapangan hijau, untuk memperkuat tim asal Jawa Barat yang bermain di kompetisi Liga 2, PSGC Ciamis. Bersama tim tersebut, dia mendapatkan kesempatan bermain dalam sembilan laga dan menyumbangkan enam gol.

Pada Tahun 2016, Erwin memperkuat tim sepak bola Jawa Barat di Pekan Olahraga Nasional (PON), saat itu dia berada satu tim dengan Muhammad Natshir, Henhen Herdiana, Febri Hariyadi, Gian Zola dan beberapa pemain lainnnya.

Bersama tim sepak bola Jawa Barat, berhasil meraih medali emas PON Jabar 2016, setelah pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, berhasil menaklukkan Sulawesi Selatan.

Ketika kompetisi musim 2017 bergulir, Erwin sudah memperkuat PS TNI selama dua musim. Di musim berikutnya, dia membela PSMS Medan kemudian Persib dan musim ini bergabung dengan RANS Nusantara FC.

Menarik untuk ditunggu, penampilan Erwin Ramdani bersama RANS Nusantara FC di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024, apakah bakal menjadi pemain inti dan mendapatkan kepercayaan lebih atau kembali masuk sebagai pemain pengganti.

Persib BandungRans Nusantara FCLiga 1Erwin RamdaniBerita Liga 1

Berita Terkini