x

Chelsea Gelar Cuci Gudang Jilid 2, 10 Pemain Langsung Masuk Daftar Jual

Senin, 3 Juli 2023 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, seakan tak berhenti melakukan aktivitas penjualannya di bursa transfer musim panas 2023 ini.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, seakan tak berhenti melakukan aktivitas penjualannya di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Sejak bursa transfer untuk Liga Inggris dibuka pada 14 Juni 2023, klub berjuluk The Blues ini langsung gencar menjual pemain-pemainnya.

Aktivitas penjualan ini dilakukan untuk mengimbangi neraca keuangan, pasca belanja besar-besaran di musim panas 2022 dan musim dingin 2023.

Sekadar informasi, pada dua bursa transfer tersebut Chelsea berbelanja pemain hingga menyentuh angka 600 juta euro (Rp9 triliun) lebih.

Karena aktivitas jor-joran dalam membeli pemain tersebut, tim asal London Barat ini pun harus menjual pemain, demi mematuhi Financial Fair Play (FFP) maupun mengurangi skuad di tim utama.

Baca Juga

Pada bulan Juni 2023 lalu, Chelsea telah melepas total delapan pemain di tim utama, baik dijual maupun habis kontrak, dengan mendapat pemasukan kurang lebih 210 juta euro atau Rp3,4 triliun.

Kedelapan pemain itu adalah Kai Havertz, Mason Mount, Mateo Kovacic, Kalidou Koulibaly, Edouard Mendy, Ruben Loftus-Cheek, N’Golo Kante, dan Tiemoue Bakayoko.

Baca Juga

Kepergian delapan pemain itu dan pemasukan sebesar Rp3,4 triliun nyatanya tak membuat Chelsea dan sang pemilik,  Todd Boehly, puas begitu saja. Ada rencana The Blues akan melakukan penjualan lainnya.

Penjualan pemain ini masuk dalam penjualan tahap kedua yang akan dilakukan pada bulan Juli 2023 ini, dengan tujuan menambah pemasukan dan mengurangi beban gaji.

Setidaknya ada 10 pemain yang akan dilego oleh Chelsea di bursa transfer musim panas 2023 ini. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. 1. Christian Pulisic

Christian Pulisic, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Andrew Boyers

Pemain pertama yang akan dilepas Chelsea di Juli 2023 ini adalah Christian Pulisic yang kontraknya akan habis pada Juni 2024 mendatang.

Hingga saat ini, pemain berusia 24 tahun itu mampu menarik minat AC Milan dan Olympique Lyon. Kabar terakhir, Lyon bersedia menebusnya dari Chelsea dengan harga 21 juta poundsterling (Rp400 miliar).

2. Hakim Ziyech

Hakim Ziyech sejatinya telah sepakat pindah dari Chelsea ke Al Nassr. Namun kepindahan ini menemui kegagalan akibat tes medis dan sang pemain enggan menyetujui masalah kontraknya.

Kini Chelsea akan memasukkan Ziyech kembali ke daftar jual, di mana AS Roma dikabarkan siap memboyongnya pada musim panas 2023 ini.

Baca Juga

3. Pierre-Emerick Aubameyang

Sejak kedatangannya pada musim panas 2022 lalu, Aubameyang menjadi pesakitan di kubu Chelsea. Hal ini membuatnya akan dilepas karena kontraknya habis pada Juni 2024.

Chelsea akan menjualnya dengan harga 10 juta poundsterling (Rp190 miliar) untuk menutup kerugian saat memboyongnya. Tawaran terakhir pun datang dari Galatasaray yang mendapat penolakan dari Aubameyang.

4. Trevoh Chalobah

Kembalinya Levi Colwill dari Brighton membuat Chelsea menimbang untuk melepas Trevoh Chalobah pada musim panas 2023 ini.

Inter Milan disebut-sebut sebagai klub yang paling meminatinya. Namun persoalan harga menjadi penghalang bagi kedua tim melakukan negosiasi.

Baca Juga

5. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku sudah bisa dikatakan tak memiliki tempat di Chelsea, kendati Mauricio Pochettino datang sebagai pelatih baru.

Pihak Chelsea bahkan rela merugi dengan mematok harga 40 juta euro (Rp655 miliar) bagi tim yang menginginkan jasanya.

Baca Juga

2. 6. Callum Hudson-Odoi

Conor Gallagher tertunduk lesu usai diganti di laga Leeds United vs Chelsea (21/08/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Chelsea tak hanya menjual pemain untuk profit, melainkan juga mengurangi beban gaji. Sehingga Callum Hudson-Odoi pun akan dilepas.

Ia mengantongi bayaran 150 ribu poundsterling (Rp2,8 miliar) per pekan, dan gajinya yang besar itu akan membuat Chelsea menjualnya asal ada tawaran sebesar 15 juta poundsterling (Rp285 miliar).

7. Malang Sarr

Chelsea juga akan menjual pemain peninggalan rezim lama atau rezim Roman Abramovich, yakni Malang Sarr pada musim panas 2023 ini.

Kegagalannya dipermanenkan AS Monaco membuat Chelsea akan melegonya dengan harga murah atau meminjamkannya dengan opsi pembelian.

8. Baba Rahman

Selain Malang Sarr, ada pula nama Baba Rahman yang jadi peninggalan rezim lama Chelsea. Ia tercatat menjadi tanggungan The Blues sejak 2015.

Dengan kontraknya yang habis pada 2024, Chelsea akan melepasnya dengan harga miring agar sang pemain keluar dari pembukuan finansial The Blues.

9. Cesar Azpilicueta

Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, kabarnya juga akan dilepas. Hanya saja, ia dilepas bukan dengan cara dijual, melainkan pemutusan kontrak.

Pemutusan kontrak ini berdasarkan kesepakatan kedua pihak, di mana Azpilicueta berhak bergabung klub lainnya secara gratis, yakni Atletico Madrid.

10. Conor Gallagher

Usai Mason Mount, Chelsea akan menjual Conor Gallagher yang menjadi target beberapa klub Inggris seperti Newcastle United dan West Ham Uniited.

Ia akan dilego demi menambah pemasukan tim, di mana penjualannya akan membuat Chelsea untung 100 persen karena statusnya sebagai pemain akademi.

Bursa TransferChelseaRomelu LukakuCesar AzpilicuetaPierre-Emerick AubameyangBaba RahmanIn Depth SportsHakim ZiyechLiga InggrisChristian PulisicMalang SarrCallum Hudson-OdoiTransfer PemainTrevoh ChalobahConor GallagherTodd BoehlyIndepth

Berita Terkini