x

Mentas di Liga 3 Hungaria, Iqbal Gwijangge Siap Bela Timnas di Piala Dunia U-17

Kamis, 6 Juli 2023 11:49 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Kapten Timnas Indonesia U-17, M. Iqbal Gwijangge (tengah) di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Berbekal pengalaman latihan di tim Liga 3 Hungaria, Muhammad Iqbal Gwijangge siap bela timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Beberapa waktu lalu, kapten timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Iqbal Gwijangge mendapat beasiswa sepak bola di Puskas Akademia FC.

Muhammad Iqbal Gwijangge menimba ilmu sepak bola di Hungaria selama enam bulan, terhitung sejak awal 2023, dan pulang ke Indonesia pada akhir Juni kemarin.

Iqbal Gwijangge saat ini bergabung dalam skuat Barito Putera di Liga 1 2023/2024. INDOSPORT berkesempatan untuk berbincang dengan Iqbal secara eksklusif.

Iqbal mengaku berlatih dengan tekun dan menerapkan apa saja yang diminta pelatih Puskas Akademia FC. Ia perlahan naik kelas dari level U-17 ke U-19, hingga ke tim Liga 3.

Baca Juga

"Jadi, setiap kelompok umur itu ada 16 pemain. Misalnya ada pemain yang bagus, yang meningkat, top perform, dia bisa naik ke U-19," jelas Iqbal Gwijangge saat ditemui awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Begitu pun yang U-19 bisa naik ke tim atas, ada tim Liga 3, Liga 2, sampai tim Liga 1, jadi bisa naik terus," lanjut pesepak bola berusia 16 tahun tersebut.

Baca Juga

Iqbal Gwijangge mengaku jika ia sempat naik ke level Liga 3 Hungaria, sebelum akhirnya ia pulang ke Indonesia.

"Waktu itu saya sempat naik ke tim Liga 3. Dari tim U-17 ke U-19, lalu ke Liga 3, saya dikasih kesempatan dan bisa mendapat pengalaman baru," tutur pemain asal Bandung tersebut.

Berbekal pengalaman di Liga 3 Hungaria, Iqbal berharap bisa terpilih untuk membela timnas Indonesia U-17 besutan Bima Sakti, pada perhelatan Piala Dunia U-17 2023 nanti.

Baca Juga

1. Tekad Iqbal Gwijangge untuk Timnas U-17

Muhammad Iqbal Gwijangge, kapten Timnas Indonesia U-17 bermain untuk Barito Putera di Liga 1 2023/2024 (Foto: Martini)

Kilas balik perjuangan timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, kala itu Iqbal Gwijangge dkk gagal merebut tiket ke Piala Asia U-17.

Awalnya, timnas Indonesia U-17 bermain gemilang dan membekuk Guam 14-0, lalu menang 3-2 atas Uni Emirat Arab, hingga menang 2-0 atas Palestina.

Namun di partai penentu pemuncak Grup B, Iqbal Gwijangge mengalami cedera dan harus absen melawan Malaysia. Di fase ini, Garuda Muda kalah mengenaskan 1-5.

Ada penyesalah yang dirasakan Iqbal saat gagal membawa Timnas U-17 ke Piala Asia U-17, tetapi ia bersyukur Merah Putih justru bisa tampil di Piala Dunia U-17.

"Pasti ada penyesalan, padahal tinggal satu langkah lagi kita bisa lolos ke Piala Asia, tapi mungkin bukan rezekinya," ungkap Iqbal.

Baca Juga

"Bagi saya, kalau bukan rezeki, mungkin Allah ada rencana yang lebih baik lagi, dan hal itu saya jadikan pelajaran juga," tambah pemain yang kini berseragam Barito Putera.

"Bukan buat saya saja, tapi seluruh pemain juga jadikan pelajaran. Apa kurangnya kita, dan semoga itu bisa kita tambah, improve, seiring dengan persiapan menuju Piala Dunia U-17."

Baca Juga

"Jika saya terpanggil ke timnas Indonesia U-17, saya akan memberikan yang terbaik, setiap latihan, setiap pertandingan, bisa memberikan seratus persen," tekadnya.

"Waktu persiapan sangat mepet, tetapi saya yakin para pemain U-17 siap. Ada sebagian pemain yang masuk tim Liga 1, mereka juga latihan rajin, jadi bagi saya mereka sudah siap.

"Sekarang tinggal menyiapkan pemain secara mental dan pikiran mereka agar bisa membawa Indonesia lebih besar lagi, lebih jauh lagi di Piala Dunia," pungkasnya.

Baca Juga
Timnas U-17HungariaTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Berita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17Muhammad Iqbal Gwijangge

Berita Terkini