x

Profil Buro Happold, Perusahaan Ternama Asal Inggris yang Ikut Terseret Pembangunan JIS

Senin, 10 Juli 2023 04:52 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Lapangan di Jakarta International Stadium (JIS) berukuran 105 x 68 meter dengan permukaan lapangan menggunakan rumput hibrida.

INDOSPORT.COM - Profil Buro Happold, perusahaan konsultan asal Inggris yang ikut terseret pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) bisa kalian simak di artikel ini.

Seperti diketahui, FIFA telah menunjuk Timnas Indonesia U-17 untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Hal ini membuat PSSI bekerjasama dengan Kemenpora langsung sibuk melakukan persiapan khususnya mengenai venue laga.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan bahwa total ada delapan stadion yang bakal diajukan ke FIFA. Enam diantaranya merupakan stadion yang sebelumnya ditujukan untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Sesuai rencana nanti lapangan-lapangan yang kita prioritaskan ada empat sampai delapan lapangan," kata Erick Thohir pada sesi jumpa pers hari ini, Jumat (07/07/23) lalu.

"Ya kan memang kita sudah ada 6, lapangan yang memang sudah lolos kualifikasi yang sbeelumnya, nah kita tambahkan 2 lagi," timpal Erick Thohir.

Baca Juga

Satu diantara dua tambahan lapangan yang dimaksud Menteri BUMN tersebut tentu yang baru-baru ini tengah ramai menjadi perbincangan, yakni Jakarta International Stadium (JIS).

JIS sendiri dianggap masih belum seusai dengan standar FIFA. Pemerintah dan PSSI menyebut masih ada persoalan stadion perlu diperbaiki untuk menggelar agenda sekaliber dunia.

Rumput jadi salah satu sorotan utama. Metode penanaman rumput dianggap belum sesuai. Solusinya adalah mengambil rumput yang sudah jadi dari lapangan golf kemudian dipasang di JIS. Anggaran untuk rumput mencapai Rp6 miliar yang didanai Kementerian PUPR.

Kemudian akses stadion juga jadi perhatian. Rencananya Kementerian PUPR akan membongkar loket parkir di sisi barat stadion sehingga bus besar bisa masuk ke dalam area stadion. Kemudian Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dari arah Ancol ke JIS juga akan dibangun untuk pejalan kaki.

Baca Juga

Lalu Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan bakal menambah kantong parkir di area Kampung Bambu, sebelah utara dan timur JIS. Ini dilakukan lantaran JIS hanya bisa menampung 800 kendaraan roda empat.

Renovasi JIS ditargetkan rampung selama tiga bulan ke depan. Hal ini membuat PSSI berani mengajukan stadion yang diresmikan Anies Baswedan itu kepada FIFA sebagai tempat digelarnya Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

1. Buro Happold Ikut Terseret Pembangunan JIS

Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT)

Karena JIS menjadi polemik setelah dinilai tidak berstandar FIFA, Buro Happold yang merupakan perusahaan design, rekayasa, konstruksi langsung menjadi sorotan.

Sebelumnya, Buro Happold diklaim mendesain kerangka Jakarta International Stadium (JIS). Namun mereka baru saja ketahuan menghapus JIS di laman resminya.

Nama Jakarta International Stadium (JIS) sempat hilang dari laman resmi Buro Happold, yang mana informasi ini pertama kali dikabarkan oleh salah satu warganet bernama Ridha Intifhada.

Melalui laman Twitter pribadinya, Ridha mencantumkan tangkapan layar yang menunjukkan foto before-after gambar dan nama JIS di situs resmi Buro Happold.

"Informasi tentang JIS beneran hilang dari website Buro Happold ya? Gokil. Wakakaka. Nemu tadi di linimasa, before dan after-nya gini," bunyi cuitan akun Twitter @RidhaIntifadha, Jumat (07/07/23).

Baca Juga

"Link soal JIS ini juga sudah tidak bisa diakses. Katanya, The page you require is currently not available, please contact one of our specialists on this page for more information," sambung cuitan @RidhaIntifadha.

Namun, saat tim INDOSPORT kembali mengunjungi situs resmi Buro Happold pada hari ini, Minggu (09/07/23) sore WIB, nama JIS kembali tertera di laman resmi perusahaan yang juga berperan penting dalam pembangunan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Kemudian Buro Happold memberikan klarifikasi kalau pihaknya tidak diminta mendesain JIS. Mereka hanya memberikan panduan desain serta memberikan jasa konsultasi.

Baca Juga

"Buro Happold tidak diminta untuk mendesain stadion JIS dan tidak pernah pula mendesain stadion ini. Lebih lanjut, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan kemudian," tulis keterangan resmi yang diterima INDOSPORT, Minggu (09/07/23).

"Pihak Jakarta Konsultindo (Jakkon) meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi, mulai Desember 2018 hingga Maret 2019," sambung keterangan tertulis tersebut.

Baca Juga

2. Profil Buro Happold

Di seberang ruang pemanasan langsung terdapat ruang Press Conference dengan kapasitas 100 bangku untuk awak media.

Dilansir dari laman resmi Buro Happold, perusahaan asal Inggris ini merupakan konsultan insinyur, desainer, dan penasihat internasional yang terintegrasi.

Buro Happold sudah berdiri lebih dari 45 tahun dan telah memberikan berbagai solusi kreatif tentang perencanaan pembangunan yang berorientasi pada nilai untuk kepentingan manusia, tempat, dan planet.

Buro Happold identik dengan pengiriman proyek yang sangat kompleks di setiap benua. Mereka juga bekerja dengan praktik dan organisasi arsitektur terkemuka di dunia, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, dan C40 Cities.

Oleh karena itu, mereka dikenal sebagai perusahaan yang ‘penuh semangat’, ‘inovatif’, dan ‘kolaboratif. Selain itu, melalui komunitas global yang terdiri dari para profesional teknik, penasihat, dan desainer terkemuka dunia, Buro Happold bekerja untuk mengatasi tantangan besar di dunia yang terus berkembang.

Buro Happold bekerja bertujuan pada pemulihan iklim yang adil dan hijau. Hal ini menyesuaikan dengan bisnis mereka untuk memitigasi perubahan iklim dan krisis keanekaragaman hayati.

Tak hanya itu, pada situs resmi perusahaan, mereka pun memperlihatkan Laporan Keberlanjutan Global yang menguraikan kemajuan dalam perjalanan berkelanjutan berdasarkan proyek dan operasinya. Adapun tiga target penting Buro Happold pada iklim adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi emisi karbon operasional perusahaan sebesar 21 persen pada 2025.

2. Merancang semua proyek pembangunan baru untuk menjadi nol karbon bersih yang beroperasi pada 2030.

3. Mengurangi intensitas karbon dari semua bangunan baru, retrofit besar, dan proyek infrastruktur sebesar 50 persen pada 2030.

Berikut Struktur Petinggi Perusahaan Buro Happold:

Stadion Internasional yang didesain Buro Happold sebelum menjadi konsultan desain dan konstruksi JIS:

- Astana Arena di Kazakhstan yang berkapasitas 30.000 tempat duduk.

- Bramley -Moore Dock Stadium di Liverpool, Inggris yang berkapasitas 52.888 tempat duduk.

- Aviva Stadium di Dublin, Irlandia dengan kapasitas 50.000 kursi penonton.

- London Olympic Stadium di London, Inggris, berkapasitas 80.000 tempat duduk.

- Michelle and Barack Obama Sport Center di Amerika

- Tottenham Hotspur Stadium di London, Inggris berkapasitas 62.850 penonton.

PSSIErick ThohirPiala Dunia U-17Anies BaswedanJakarta International Stadium (JIS)Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini