x

Nestapa Asnawi Mangkualam, Lawan Argentina Jadi Bintang Lalu Menit Bermain Hilang

Rabu, 12 Juli 2023 16:12 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar gagal mencetak dalam adu penalti. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

INDOSPORT.COM - Asnawi Mangkualam secara mengejutkan kehilangan menit bermain di klubnya Jeonnam Dragons usai tampil apik bersama timnas Indonesia melawan Argentina.

Beberapa waktu lalu timnas Indonesia telah menjajal kekuatan Argentina dalam sebuah pertandingan uji coba resmi FIFA atau FIFA Matchday bulan lalu, tepatnya Senin (19/06/23).

Bermain di depan publiknya sendiri, Skuad Garuda menyerah dengan skor 0-2. Masing-masing gol Argentina dicetak oleh Leandro Paredes dan Chirstian Romero.

Perbedaan kualitas dan ranking FIFA juga menjadi alasannya. Argentina berada di peringkat pertama usai menjuarai Piala Dunia 2022, sedangkan timnas Indonesia menempati urutan ke-149 dunia di ranking FIFA.

Dengan hasil ini, Argentina melanjutkan tren positifnya. Mereka meraih kemenangan ke-10 secara beruntun usai terakhir kali tunduk dari Arab Saudi di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 lalu.

Baca Juga

Sementara untuk Indonesia, ini adalah kekalahan pertama mereka di laga kandang dalam sembilan pertandingan terakhirnya di Tanah Air. 

Meski kalah, penampilan anak asuh Shin Tae-yong tetap mendapat pujian dari publik Tanah Air, mulai dari gaya bermain hingga mentalitas dan ketenangan.

Baca Juga

Salah satu pemain di kubu timnas Indonesia yang paling disorot performanya adalah Asnawi Mangkualam. Pemain berusia 23 tahun itu menjaga pertahanan sisi kanan dengan baik.

Sang pemain tak banyak kehilangan bola atau melakukan kesalahan, justru ia kerap membuat para pemain depan Argentina frustasi, karena tampil kokoh dan sulit ditembus.

Bintang muda Manchester United, Alejandro Garnacho, membuktikannya. Ia tak berkutik saat menghadapi Asnawi, yang tampil spartan tanpa kompromi.

Sayangnya, Asnawi Mangklualam harus bernasib sial usai membela timnas Indonesia vs Argentina di ajang FIFA Matchday lalu. 

Baca Juga

1. Kehilangan Menit Bermain

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam berhasil mematikan permainan pemain Argentina Alejandro Garnacho dalam laga FIFA matchday di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senin (19/06/23).

Nasib sial itu adalah Asmawi Mangkualam kehilangan menit bermain yang cukup di klubnya, Jeonnam Dragons. Ia tak kunjung menjadi starter usai membela timnas Indonesia.

Padahal, sebelum FIFA Matchday Juni, Asnawi Mangkualam kerap dipasang sebagai starter oleh pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang-kwan.

Ketika tampil bersama timnas Indonesia, ia juga mengesankan. Terutama ketika berhasil tiga kali melancarkan tekel bersih kepada wonderkid Argentina, Alejandro Garnacho.

Namun sekembalinya dari tugas negara, Asnawi Mangkualam justru lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan.

Setelah jeda internasional Juni tersebut, Jeonnam Dragons sudah bertanding tiga kali di K League 2, yakni melawan Gimpo FC, Seoul E-Land, dan Chungnam Asan.

Baca Juga

Di tiga pertandingan itu Asnawi Mangkualam tak pernah dipasang sebagai starter dalam tiga pertandingan tersebut. Total ia hanya bermain dalam 13 menit di tiga pertandingan tersebut.

Eks pemain PSM Makassar itu bermain 11 menit saat menang 2-1 lawan Gimpo FC, tak dimainkan ketika imbang 3-3 menghadapi Seoul E-Land, dan cuma dua menit saat sama kuat 3-3 atas Chungnam Asan.

Baca Juga

Belum diketahui secara pasti apa yang membuat pelatih Lee Jang-kwan memilih untuk memarkir Asnawi Mangkualam. Namun menurut media lokal, sang juru taktik sengaja membuat keputusan itu agar timnya tidak tergantungan terhadap pemain asing.

“Pemain lokal mempunyai skill bagus. Asnawi juga bersaing. Saya tidak ingin memimpim tim ini dengan hanya pemain asing,” tutur Lee Jang-kwan dikutip dari Sports-G.

“Anda harus menggunakannya dengan baik,” jelasnya.

Meski menit bermainnya mulai berkurang ternyata tidak membuat Asnawi Mangkualam kehilangan sentuhan terbaiknya. Ia tetap tampil all out meski masuk sebagai pemain pengganti jelang berakhirnya pertandingan.

Salah satu performa ajaib Asnawi Mangkualam saat dimasukan ke dalam lapangan sebagai pemain pengganti melawan Ansan Mungungwa di pekan ke-20 K-League 2, ia langsung jadi pembeda di dalam tim.

Tanpa kehadiran Asnawi Mangkualam, Jeonnam Dragons justru terseok-seok. Bahkan klub Korea Selatan tersebut nyaris mengalami kekalahan, karena tertinggal 3-2.

Di menit-menit akhir, pelatih Lee Jang-kwan memasukkan Asnawi Mangkualam pada menit ke-88. Alhasil, masuknya Asnawi ini bak jimat bagi Jeonnam Dragons.

Pasca masuknya Asnawi, Jeonnam Dragons berhasil mencetak gol yang dicetak oleh Chu Sang-hun (90+4').

Musim ini, Asnawi Mangkualam sendiri sudah tampil dalam 13 pertandingan untuk Jeonnam Dragons dan membuat 2 assist.

Baca Juga
Timnas IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharJeonnam Dragons

Berita Terkini