x

Jadi Starter dan Bermain Bagus di Derby Tokyo, Pratama Arhan Disorot FIFA

Kamis, 13 Juli 2023 13:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Penampilan bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan sebagai starter di laga Tokyo Verdy vs Tokyo FC mencuri perhatian induk sepak bola dunia, FIFA. Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Penampilan bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan sebagai starter di laga Tokyo Verdy vs Tokyo FC mencuri perhatian induk sepak bola dunia, FIFA.

Pratama Arhan tampil saat Tokyo Verdy bersua rival sekota yaitu FC Tokyo pada babak ketiga ajang Emperor’s Cup atau Piala Kaisar yang digelar di Ajinomoto Stadium, Tokyo, Selasa (12/07/23)

Laga tersebut berlangsung sengit dengan Tokyo Verdy dikalahkan FC Tokyo melalui adu penalti dengan skor 8-9 setelah bermain imbang 1-1 sepanjang 12 menit.

Terlepas dari kekalahan Tokyo Verdy, FIFA lebih tertarik menyoroti aksi lemparan ke dalam Pratama Arhan selama pertandingan tersebut.

Arhan bermain di posisi terbaiknya yakni sebagai bek sayap untuk kubu Tokyo Verdy. Lemparan ke dalam Arhan dianggap FIFA kerap membahayakan gawang lawan.

Baca Juga

FIFA menyoroti peluang pertama yang didapat Arhan pada menit ke-15. Mantan pemain PSIS Semarang itu lakukan lemparan ke dalam nyaris membuahkan gol.

Sayangnya, sundulan Yuta Narawa menyambut lemparan ke dalam Arhan membentur tiang kiri gawang FC Tokyo sehingga membuat Tokyo Verdy gagal memecah kebuntuan.

Baca Juga

Sepanjang babak pertama, Arhan mendapatkan empat kali kesempatan lemparan ke dalam jarak jauh dan menghasilkan peluang untuk Tokyo Verdy,” tulis FIFA mengulas permainan Arhan di laga Derby Tokyo tersebut.

Pada menit ke-20, Tokyo Verdy justru harus tertinggal 0-1 dari FC Tokyo lewat gol yang diciptakan oleh Koki Tsukagawa.

Tokyo Verdy baru bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-70 berkat gol yang dilesakkan oleh Ryosuke Shirai.

Hingga babak kedua berakhir skor imbang 1-11 tetap bertahan. Pertandingan dilanjutkan ke babak extratime.

Baca Juga

1. Pratama Arhan Keluar Terpincang-pincang

Menpora Zainudin Amali bersama Pratama Arhan. (Foto: Kemenpora)

Arhan sendiri diganti di babak kedua extra time atau tepatnya pada menit ke-110 oleh Junke Koike karena dia memiliki masalah pada pahanya.

Dalam cuplikan video yang beredar di media sosial, Arhan berjalan terpincang-pincang menuju lorong ganti sambil didampingi tim medis Tokyo Verdy.

Skor pertandingan tidak berubah hingga kedua tim menjalani dua babak extratime. Akhirnya pemenang ditentukan lewat adu penalti.

Pada babak adu penalti FC Tokyo akhirnya menang 9-8 lewat adu penalti. Itu setelah penendang terakhir Tokyo Verdy gagal mencetak gol.

FC Tokyo pun lolos ke babak keempat atau 16 besar Emperor's Cup 2023 yang akan digelar pada Agustus 2023 mendatang. Sebaliknya Tokyo Verdy tersingkir di babak ketiga.

Baca Juga

FIFA mengapresiasi penampilan Pratama Arhan meskipun Tokyo Verdy harus menelan kekalahan di laga Piala Kaisar tersebut.

Pasalnya, ini menjadi penampilan berturut-turut Arhan di Emperor’s Cup. Sebelymnya, dia berperan besar membawa Verdy menang atas Thespakusatsu Gunma dengan 2-1 di babak kedua pada 7 Juni lalu.

Baca Juga

Terlepas dari aksi Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy di laga terbaru, masa depan bek kelahiran Blora, Jawa Tengah tersebut justru menjadi sorotan di Indonesia.

Beberapa rumor menyebutkan Pratama Arhan kurang dimanfaatkan oleh Tokyo Verdy sehingga membuka kans dirinya kembali bermain di Liga Indonesia.

Persija Jakarta disebut-sebut jadi klub yang bakal jadi pelabuhan baru Pratama Arhan.  Di tim ini sudah ada rekan-rekan Arhan di Timnas Indonesia yang bergabung yakni Witan Sulaeman dan Rizky Ridho.

Baca Juga
FIFABola InternasionalPratama ArhanTokyo Verdy

Berita Terkini