x

Transfer Onana ke Man United Mandek, Saatnya Ten Hag Percayai Dean Henderson?

Kamis, 13 Juli 2023 14:48 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kebuntuan raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dalam mendatangkan Andre Onana menjadi alarm bagi Erik ten Hag untuk mempercayai Dean Henderson.

INDOSPORT.COM – Kebuntuan raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dalam mendatangkan Andre Onana menjadi alarm bagi Erik ten Hag untuk mempercayai Dean Henderson.

Saat ini, Man United memang harus bersiap menghadapi kenyataan akan potensi kolapsnya transfer Onana dari Inter Milan.

Pasalnya hingga saat ini, baik Man United dan Inter belum mencapai kata sepakat untuk harga kiper berusia 27 tahun tersebut.

Pihak Inter sendiri meminta mahar sebesar 60 juta euro (Rp1 triliun). Sedangkan Man United hanya menawarkan 50 juta euro saja (Rp834 miliar).

Hal ini membuat Inter pun memberi ultimatum agar klub berjuluk Setan Merah itu menaikkan tawarannya dalam dua hari ke depan, seperti laporan Gianluca Di Marzio.

Baca Juga

Manchester United pun kabarnya tak akan meningkatkan tawarannya ke Inter Milan untuk Andre Onana karena keterbatasan dana.

Sebab, tim besutan Erik ten Hag itu hanya punya 150 juta poundsterling saja, yang telah digunakan 55 juta poundsterling untuk memboyong Mason Mount.

Baca Juga

Apalagi Man United juga masih ingin memboyong striker baru, yang jelas akan memakan dana besar di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Tak ayal, transfer Onana pun berpotensi kolaps, dan Ten Hag selaku pelatih mau tak mau harus memanfaatkan kiper yang ada di timnya.

Salah satunya adalah Dean Henderson. Apakah kolapsnya transfer Onana menjadi tanda bahwa sudah saatnya Erik ten Hag mempercayainya sebagai penjaga gawang utama Manchester United?

Baca Juga

1. Kualitas Dean Henderson

Kiper Manchester United, Dean Henderson.

Bisa dikatakan bahwa potensi kolapsnya transfer Onana menjadi berkah bagi Dean Henderson yang telah lama mengincar pos penjaga gawang utama Manchester United.

Ia telah mengincar pos tersebut sejak level akademi. Bahkan tekadnya menjadi kiper utama Man United sudah bergelora usai peminjaman ke Sheffield United.

Penampilan apiknya di Sheffield United membuatnya diyakini akan bisa menggantikan David De Gea, sehingga Man United memberi kontrak baru bagi Henderson pada 2020 lalu.

Sayangnya, Ole Gunnar Solskjaer hingga Erik ten Hag lebih mempercayai De Gea, dan membuat Henderson tersingkirkan dan merasa terkhianati.

Kini Henderson pun akan dikhianati seiring keinginan Man United memboyong Onana. Namun angin nampaknya memberi harapan baru baginya.

Kepergian De Gea dan transfer Onana berpotensi berujung kolaps, membuat Henderson menjadi satu-satunya kiper yang bisa dipercaya Ten Hag selain Tom Heaton dan kiper muda Matej Kovar.

Tapi layakkah Henderson mendapat kepercayaan dari Ten Hag untuk menjadi kiper utama Manchester United di musim depan?

Baca Juga

Jika melihat kualitasnya, Henderson memenuhi harapan Ten Hag yang menginginkan kiper dengan kemampuan Build Up permainan dari belakang.

Henderson tercatat memiliki persentase akurasi operan sebanyak 32,3 persen dari 18,56 percobaan, atau rata-rata membuat 6 operan sukses per 90 menit dengan kakinya.

Jika dibedah lebih jauh, Henderson punya akurasi operan lambung dari tendangan gawang sebesar 59 persen atau rata-rata 8,67 operan lambung sukses dengan jarak sekitar 41,4 meter.

Bagaimana dengan performanya sebagai kiper yang bertugas menghalau bola? Henderson punya persentase penyelamatan sebesar 65,9 persen dan membuat 2,89 penyelamatan per 90 menit dari 4,72 tembakan ke gawang.

Baca Juga

Kemampuan Henderson sebagai kiper paling menonjol adalah saat menghalau umpan silang. Ia mampu menghalau 1,11 umpan silang per 90 menit dari 16,17 umpan silang yang dihadapi.

Selain itu, Henderson aktif bertahan dan menjadi Shot Stopper di luar areanya, dengan rata-rata keluar dari sarangnya untuk membuat penyelamatan sebanyak 1,5 kali per 90 menit.

Dilihat dari catatan itu, Henderson memang tak sempurna. Tapi perlu digarisbawahi, catatan itu ia buat kala berseragam Nottingham Forest, tim promosi yang berkutat di papan bawah.

Sehingga, tak ada salahnya bagi Ten Hag mempercayai Henderson sebagai penjaga gawang. dengan usia baru 26 tahun, ada waktu baginya untuk bisa menjadi kiper yang lebih baik.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisDean HendersonErik ten HagIndepth

Berita Terkini