x

Mampu Gaet Ronaldo hingga Benzema, Mengungkap Alasan Banyak Klub Arab Bisa Kaya Raya

Jumat, 14 Juli 2023 18:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Cristiano Ronaldo menjalani debut saat Al Nassr bersua Al Ettifaq di Liga Arab Saudi. REUTERS/Ahmed Yosri

INDOSPORT.COM - Klub dari Liga Arab Saudi saat ini tengah mengguncang dunia sepak bola khususnya Eropa, usai sukses mendaratkan Cristiano Ronaldo hingga Karim Benzema.

Sebelum Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema, sebenarnya klub Arab Saudi sudah pernah mendaratkan beberapa pemain top Eropa.

Namun yang paling menghebohkan adalah keberhasilan Al-Nassr menggaet Cristiano Ronaldo pada bursa transfer musim dingin Eropa 2023 lalu.

Kedatanganya ke Al-Nassr memang menghebohkan dunia sepak bola. Pasalnya, pemain Portugal tersebut merupakan pemain dengan segudang prestasi, baik di klub maupun tim nasional.

Ia tercatat mengantongi lima Ballon d'Ors, lima gelar Liga Champions, dan satu gelar UEFA Nations League bersama Portugal.

Baca Juga

Striker 38 tahun itu juga menyandang sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola. Ia juga memiliki followers terbanyak di Instagram.

Demi membuat Cristiano Ronaldo betah di Arab Saudi, Al Nassr memberikan gaji 200 juta dollar per tahun, atau sekitar Rp3 triliun lebih.

Setelah Cristiano Ronaldo, para pemain top Eropa lainnya juga kepincut uang melimpah dari Arab Saudi. Mantan rekannya di Real Madrid yakni Karim Benzema juga baru saja resmi digaet Al Ittihad.

Hampir sama seperti Ronaldo, Karim Benzema juga memiliki karier gemilang di Eropa. Ia sukses meraih Ballon d'Or pada 2022 lalu.

Karim Benzema juga mendapatkan gaji selangit yakni 200 juta euro per tahun. Atau kalau dibedah, ia mendapat lebih dari 100 ribu rupiah setiap detik.

Baca Juga

Selain Karim Benzema, ada juga N'Golo Kante, Edouard Mendy, Roberto Firmino dan Marcelo Brozovic yang baru terbang ke Arab Saudi pada bursa transfer musim panas Eropa 2023.

Banyak fans bertanya-tanya, mengapa klub Arab Saudi bisa dengan mudah mendatangkan banyak pemain top Eropa. Berikut INDOSPORT telah mengungkap alasan klub Arab bisa kaya raya.

Baca Juga

1. Alasan Klub Arab Saudi Bisa Kaya Raya

Karim Benzema saat diperkenalkan oleh Al Ittihad. (Foto: REUTERS/Stringer)

Al-Hilal dan Al-Nassr menjadi dua klub Arab Saudi yang paling disorot oleh sepak bola dunia karena sukses mendatangkan Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo.

Ternyata rahasia mereka bisa kaya karena Al-Hilal dan Al-Nassr ternyata memiliki owner yang sama yakni Public Investment Fund atau PIF.

PIF merupakan organisasi funding Arab Saudi yang tujuannya berinvestasi untuk kepentingan negara.  Aset dari PIF ini mencapai 620 miliar dollar Amerika atau sekitar Rp 9200 triliun.

PIF juga mendapatkan back up dari pemerintah Arab Saudi yang membuat mereka punya budget khusus yang digelontorkan. Dan seperti yang kalian tahu, Arab Saudi punya banyak uang hasil dari perdagangan minyak bumi.

Selain itu, PIF juga banyak melakukan investasi hingga banyak menerima dividen dan juga capital gains hasil dari jual aset dan saham.

Baca Juga

Mereka mendapatkan profit dari hasil investasi di luar negri, salah satu contohnya seperti Newcastle United yang dibeli pada 2021 lalu.

Munul pertanyaan mengapa PIF mau investasi dengan mendatangkan banyak pemain sepak bola yang harga dan gajinya tidak main-main.

Baca Juga

Dengan adanya pemain-pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema, akan membuat negara Arab Saudi mendatang keuntungan.

Arab Saudi mendapat eksposur liga, hak siar, sampai fans-fansnya yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk nonton pemain favorit. Tidak hanya itu, mereka juga bisa datang untuk menjalani liburan di Arab Saudi.

Baca Juga
Bursa TransferCristiano RonaldoKarim BenzemaAl NassrAl Ittihad

Berita Terkini