x

3 Pelatih Asing yang Sudah Beri Kode Ingin Latih Persib Bandung

Senin, 17 Juli 2023 17:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persib, Miljan Radovic di Lapangan Saraga ITB, Kota Bandung, Rabu (10/04/19). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Posisi pelatih kepala Persib Bandung tengah kosong setelah berpisah dengan Luis Milla. Itu membuat sejumlah pelatih memberikan kode siap menangani Maung Bandung di sisi musim Liga 1 2023/24.

Persib dan Luis Milla sepakat akhiri kerja sama setelah lewati tiga pekan Liga 1 2023 tanpa kemenangan atau hanya raih hasil imbang. Tapi, Milla dilaporkan mengundurkan karena alasan keluarga, yakni orang tuanya sakit.

Setelahnya, manajemen Persib lantas menunjuk pelatih fisik, Yaya Sunarya sebagai caretaker.

Begitu Luis Milla meninggalkan Persib, setidaknya ada tiga mantan pelatih Maung Bandung yang menebar kode untuk reuni. Mereka adalah Miljan Radovic, Mario Gomez dan Dejan Antonic.

Melalui akun Instagramnya, Miljan Radovic mengungah sebuah foto saat melatih Persib. Dia menyertakan caption 'di jalan yang benar'.

Baca Juga

Postingannya pun diserbu netizen. Beberapa diantaranya memintanya kembali menangani tim Biru Barat, tapi juga ada yang melarangnya karena menilai Persib sedang tak baik-baik saja. 

Radovic memang pernah menahkodai Persib pada Liga 2019 lalu. Tapi, dia hanya bertahan enam pertandingan dan diputus kontrak karena akan menjalani kursus kepelatihan lisensi UEFA Pro.

Baca Juga

Sementara Mario Gomez pun tak mau kalah menebar kode. Dia memposting sejumlah foto saat melatih Persib, disertai tulisan yang menyatakan punya kenangan indah dengan Bobotoh dan kehidupan di Kota Kembang.

"Kenangan saat-saat indah dalam hidup saya di Bandung, penggemar sangat penting dalam sepak bola dan dalam kehidupan klub! tulis pelatih 66 tahun itu.

Hal tersebut membuat penggemar Persib pun membanjiri kolom komentar. Mereka meminta Mario Gomez untuk kembali meracik tim kebanggaannya.

Baca Juga

1. Manejemen Persib Sudah Punya Kandidat

Pelatih Persib, Mario Gomez saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Juru taktik asal Argentina itu pernah menangani Persib pada Liga 1 2017/18. Mario Gomez memimpin 35 pertandingan dengan catatan 15 kali menang, 10 draw dan 10 kali kalah di semua kompetisi. 

Manajemen Persib tidak melanjutkan kerja sama dengan Mario Gomez di Liga 1 2019. Salah satu alasannya adalah kepribadian sang pelatih yang beberapa kali menimbulkan kegaduhan di internal Persib. 

Di lain pihak, Dejan Antonic juga mengunggah sebuah foto tengah berada di salah satu stadion di China. Namun, dalam kolom komentar, dia menuliskan jika hatinya masih 'biru'.

"Beda saya dari pelatih lain ada karna hati saya masih BIRU, masuk atau tidak ke Persib saya tetap hormat Bobotoh dan semua teman-teman saya. Itu ada BEDA," tulis pelatih asal Serbia itu. 

Bobotoh pun terlihat memberikan dukungan untuk Dejan. Ada pula yang mengharapkannya kembali ke Persib.

Baca Juga

Dejan Antonic pernah melatih Persib pada 2016 lalu. Tapi, dia memilih mengundurkan diri hasil buruk yang diterima di Indonesia Soccer Championship 2016.

Ketika itu, Persib hanya meraih tujuh poin dari enam pertandingan. Catatan Dejan adalah satu kali menang, empat seri dan satu kekalahan.

Sementara itu, manajemen Persib Bandung sudah menyiapkan beberapa kriteria calon pelatih, untuk menggantikan posisi Luis Milla yang memutuskan mundur usai pertandingan pekan ketiga Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

Menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, manajemen sudah menyusun kriteria untuk mencari sosok pelatih baru, agar di Liga 1 2023-2024 tim kebanggaan Bobotoh bisa tampil maksimal.

Lebih lanjut Teddy menuturkan, untuk menentukan sosok pengganti Luis Milla memang tidak mudah, apalagi saat ini kompetisi Liga 1 2023-2024 sedang bergulir dan akan memasuki pekan keempat.

Sehingga, sebelum menentukan pelatih baru, pihaknya akan akan melakukan diskusi di internal manajemen Persib, agar sosok yang direkrut menggantikan Luis Milla sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi.

Baca Juga
Persib BandungDejan AntonicLuis MillaMiljan Radovic‎Liga 1Roberto Carlos Mario GomezBerita Liga 1

Berita Terkini