x

Profil dan Agama Park Hang-seo Kandidat Kuat Calon Pelatih Baru Persib Bandung

Senin, 17 Juli 2023 20:58 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Ragam aksi dan ekspresi pelatih Vietnam Park Hang-seo pada official training jelang babak semifinal Piala AFF 2022 melawan Timnas Indonesia di stadion GBK, Kamis (05/01/23).

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Park Hang-seo yang menjadi kandidat kuat calon pelatih Persib Bandung di Liga 1 2023-2024 bisa kalian simak di artikel ini.

Seperti diketahui, Persib Bandung saat ini sedang mencari pengganti Luis Milla yang menyatakan mundur seusai menjalani pekan ketiga Liga 1 2023-2024.

Kini muncul beberapa nama pelatih calon pengganti Luis Milla di Persib Bandung. Namun yang paling menjadi perhatian adalah sosok Park Hang-seo.

Park Hang-seo diketahui lahir di Sancheong-gun, Korea Selatan pada 1 Oktober 1957 silam (kini usia 65 tahun).

Sebelum terkenal sebagai pelatih, Park Hang-seo ternyata pernah berkarier menjadi pemain. Ia sempat memperkuat klub Korea Selatan yaitu Hanyang University, Industrial Bank of Korea, Army FC, Sangmu FC, dan Lucky Goldstar.

Baca Juga

Dirinya cukup bersinar di posisi gelandang dengan pernah meraih juara K-League pada musim 1984-1985 silam. Ia kemudian memutuskan pensiun pada 1989 silam.

Pria berkepala plontos ini kemudian melanjutkan karier sebagai pelatih dengan menjadi assisten Yeong Jo-jeung di klub Lucky Goldstar pada 1989-1990. Selanjutnya, ia menjadi assisten pelatih di LG Cheetahs pada 1991-1996. 

Kariernya mulai menanjak ketika dipanggil untuk menjadi assisten pelatih Guus Hiddink di Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2002.

Dari situ, ia mendapatkan ilmu berharga dari pelatih asal Belanda tersebut. Park Hang-seo kemudian menjadi pelatih kepala pertama di klub Gyeongnam FC pada 2005.

Selanjutnya, Park Hang-seo melatih beberapa klub lain seperti Chunnam Dragons, Sangju Sangmu dan Changwon FC. 

Di level klub, ia sukses meraih beberapa macam prestasi seperti dua gelar K-League 2 bersama Sangju Sangmu dan satu gelar Piala Liga Korea Selatan bersama Changwon FC. 

Park Hang-seo kemudian pergi ke luar Korea Selatan dan ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas Vietnam pada Oktober 2017.

Bersama Timnas Vietnam, nama Park Hang-seo menjadi semakin tenar. Ia sukses membuat sepak bola Vietnam semakin bertambah maju.

Pelatih berusia 65 tahun tersebut membawa skuat The Golden Star menjuarai Piala AFF 2018, runner-up Piala Asia U-23 2018 dan semifinal Asian Games 2018.

Ia juga membawa Vietnam meraih medali emas SEA Games 2019 dan 2021. Berkat dirinya, Vietnam saat ini berada di peringkat 96 ranking FIFA, tertinggi diantara negara ASEAN lainnya.

Adanya Park Hang-seo membuat Timnas Indonesia selalu kesulitan bila bersua Vietnam. Terakhir, skuat Garuda menjadi korban keganasan taktik Park Hang-seo di semifinal Piala AFF 2022 lalu.

Kala itu, Timnas Indonesia besutan Shin tae-yong kalah agregat 0-2 dari Vietnam dan gagal lolos ke partai final Piala AFF 2022.

Baca Juga

Saat ini kontrak Park Hang-seo di Timnas Vietnam sudah habis sejak Januari 2023 lalu dan bertatus "pengangguran".

Bila Persib Bandung berhasil merekrut Park Hang-seo, maka Maung Bandung diprediksi bakal memiliki kekuatan mengerikan di Liga 1 2023-2024.

Sementara itu, untuk agama dari Park Hang-seo, INDOSPORT belum mendapatkan informasi secara jelas karena calon pelatih Persib Bandung tersebut tidak pernah mengunggah kegiatan ibadah di sosial media.

Baca Juga
Persib BandungLuis MillaLiga 1Park Hang Seo

Berita Terkini