x

Chelsea Gaet Maguire untuk Gantikan Fofana, Blunder atau Pembelian Tepat?

Rabu, 19 Juli 2023 11:11 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan akan menggaet Harry Maguire dari Manchester United untuk menggantikan Wesley Fofana.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan akan menggaet Harry Maguire dari Manchester United untuk menggantikan Wesley Fofana.

Kabar ini mengemuka setelah Chelsea melaporkan Fofana menderita cedera ACL yang memaksanya harus melakukan operasi dan berpotensi absen di musim 2023/24.

Di sisi lain, Maguire juga dikabarkan akan dijual Man United. Hal tersebut membuat tim berjuluk The Blues itu menjadi salah satu peminatnya.

Kebetulan, Chelsea ingin mendatangkan figur senior untuk membimbing skuad mudanya. Bek berusia 30 tahun itu dianggap sebagai salah satu opsi tepat.

Apalagi Maguire punya rekam jejak pernah menjadi kapten Man United, sebelum status itu dicopot pada tahun 2023 ini.

Baca Juga

Tak ayal rumor Chelsea menggaet Harry Maguire kian berkembang setelah Wesley Fofana mengalami cedera yang amat parah.

Hadirnya rumor ini membuat pertanyaan pun kemudian mengemuka. Apakah keputusan Chelsea menggaet Maguire akan menjadi blunder atau pilihan yang tepat?

Untuk menjawabnya, perlu melihat perbandingan antara Maguire dan Fofana dalam setahun terakhir bersama Man United dan Chelsea.

Baca Juga

Jika melihat radar yang dirangkum oleh DataMB di bawah, maka bisa dilihat bahwa Maguire dan Fofana punya kemiripan dalam gaya bermain sebagai bek.

Perbandingan statistik Wesley Fofana dan Harry Maguire. (Foto: DataMB)

Perbedaan hanya terlihat dari Defensive Actions, yang menggambarkan jika Fofana lebih bertipe bek tengah agresif ketimbang Maguire.

Agresifitas Fofana juga terlihat dari kemampuannya membantu serangan. Sedangkan Maguire unggul dalam beberapa sektor seperti operan, dan duel di lapangan serta udara.

Lalu, bagaimana dengan kualitas Harry Maguire lebih jauh? Apakah ia akan cocok menggantikan Wesley Fofana di Chelsea musim depan?

Baca Juga

1. Bakal Jadi Pembelian Sia-sia

Kekecewaan Harry Maguire saat gawang Manchester United dibobol Sevilla di Leg Kedua Perempat Final Liga Europa. Reuters/Paul Childs

Melihat catatan sebelumnya, bisa dikatakan Maguire bukanlah bek bertipe agresif dan lebih condong sebagai bek bertipe Ball Playing Defender.

Hal ini diperkuat dengan catatannya, di mana ia punya rata-rata operan sebanyak 65,76 kali per 90 menit dengan akurasi 85,2 persen.

Dari seluruh operan itu 3,09 di antaranya adalah operan progresif atau ke area lawan dan ditambah dengan rata-rata membawa bola atau dribel sebanyak 0,95 kali per 90 menit.

Soal bertahan, Maguire memang cenderung tak agresif karena hanya rata-rata melepaskan 1,03 tekel per 90 menit, intersep 1,35 kali per 90 menit, dan 1,66 blok per 90 menit.

Tapi Maguire punya kemampuan duel udara mumpuni dengan menenangkan 3,01 duel udara per 90 menit berkat postur tubuhnya.

Baca Juga

Secara taktikal, di Chelsea saat ini peran pemain seperti Maguire tak begitu dibutuhkan. Sebab, The Blues memiliki sosok Levi Colwill yang punya gaya bermain yang sama dengan Maguire.

Bahkan dalam radar yang dirangkum DataMB, bek jebolan akademinya itu unggul segalanya atas Maguire sepanjang musim 2022/23 lalu.

Perbandingan statistik Harry Maguire dan Levi Colwill. (Foto: DataMB)

Memang Colwill akan menempati pos bek tengah kiri, dan Maguire lebih condong bermain di pos bek tengah kanan di lini pertahanan.

Baca Juga

Akan tetapi, kemiripan gaya bermain keduanya bisa menjadi bumerang bagi Chelsea, karena terdapat dua pemain bertipe sama.

Sehingga, akan tak masuk akal jika nantinya Chelsea merekrut Maguire dan memilik dua bek bertipe Ball Playing Defender di lini belakangnya.

Alhasil untuk menggantikan Fofana, Chelsea harus mencari bek tengah kanan yang bertipe agresif dan punya kemampuan berduel.

Nama Giorgio Scalvini dari Atalanta dan Jean Clair Todibo dari OGC Nice bisa menjadi opsi pengganti Fofana bagi Chelsea untuk musim 2023/24 mendatang.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaIn Depth SportsLiga InggrisHarry MaguireWesley FofanaIndepth

Berita Terkini