x

Profil Josko Gvardiol, Calon Bek Man City yang Bakal Kalahkan Rekor Transfer Harry Maguire

Jumat, 21 Juli 2023 03:19 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bek RB Leipzig, Josko Gvadiol (tengah) yang jadi incaran Chelsea. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Jawara Liga Inggris (Premier League) musim lalu, Manchester City dikabarkan bakal mendaratkan Josko Gvardiol pada bursa transfer musim panas 2023.

Meski sudah berhasil meraih treble winner pada musim lalu, Manchester City sepertinya belum puas. Mereka ingin menambah amunisi di bursa transfer dengan merekrut bek RB Leipzig, Josko Gvardiol.

Bahkan jurnalis sekaligus pakar bursa transfer ternama asal Italia, Fabrizio Romano, menjelaskan kalau kesepakatan antara Manchester City dan RB Leipzig soal Josko Gvardiol sudah tercapai.

"Eksklusif: Josko Gvardiol ke Manchester City, here we go!" buka Fabrizio Romano yang dikutip dari akun Twitter resmi milik Fabrizio Romano.

"Kesepakatan antara Manchester City dan Leipzig telah tercapai tentang biaya Gvardiol. Sang pemain juga telah menyelesaikan tes medis bagian pertama hari ini, kesepakatan di ambang penandatanganan."

Baca Juga

"Josko Gvardiol menyetujui persyaratan pribadi untuk bergabung dengan Manchester City satu bulan yang lalu," imbuhnya.

Josko Gvardiol sendiri merupakan pemain sepak bola asal Kroasia. Ia lahir di Kota Zagreb, Kroasia pada 23 Januari 2002 silam (usia 21 tahun).

Sebelum sehabat sekarang, ia sempat menimba ilmu sepak bola di akademi sepak bola lokal, NK Tresnjevka pada 2009 di kalanya usianya 7 tahun.

Setelah itu, Josko Gvardiol bermain di akademi Dinamo Zagreb pada tahun 2010 silam. Dia dipercaya bermain di tim kelompok umur U-17 hingga U-19.

Josko Gvardiol akhirnya dapat bermain di tim senior Dinamo Zagreb pada tahun 2019. Selama dua musim memperkuat tim tersebut, ia tampil sebanyak 52 laga dengan rincian 4 gol serta 3 gol.

Usai merampungkan musim 2019/20, RB Leipzig menggelontorkan dana 16 juta euro dan bonus untuk memboyong Gvardiol dari Dinamo Zagreb.

Baca Juga

Angka itu menjadi yang terbesar ketiga di antara bek Kroasia, dan menjadi yang termahal di antara pemain muda di Kroasia saat itu.

Namun, Gvardiol tak langsung ke RB Leipzig. Ia dipinjamkan selama semusim di Dinamo Zagreb, sehingga mencetak total 52 laga dengan sumbangsih empat gol dan tiga assist.

Pada musim panas 2021 lalu, Gvardiol datang ke RB Leipzig. Sejauh ini, Josko Gvardiol telah mencatatkan 87 penampilan, dan mencetak lima gol serta tiga assist.

Baca Juga

1. Josko Gvardiol Bakal Kalahkan Rekor Harry Maguire

Bek tengah Timnas Kroasia, Josko Gvardiol di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Annegret Hilse).

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti biaya yang disepakati antara Manchester City dan RB Leipzig terkait pembelian Josko Gvardiol di bursa transfer.

Nilai yang disepakati oleh Manchester City dan RB Leipzig pada bursa transfer kali ini diyakini lebih besar dari biaya yang ditawarkan sebelumnya.

Namun, kalau biaya yang disepakati sesuai dengan harga yang selama ini beredar, maka Josko Gvardiol bakal mengalahkan rekor transfer Harry Maguire.

Dalam kabar yang beredar, Man City akan membeli Josko Gvardiol dengan mahar sebesar 100 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun.

Nominal di atas akan membuat Josko Gvardiol menjadi bek termahal dalam sejarah sepak bola. Hingga kini, gelar itu masih dipegang oleh bek Manchester United, Harry Maguire.

Baca Juga

Harry Maguire sempat dibeli oleh Manchester United dari Leicester City pada bursa trasnsfer musim panas 2019 lalu.

Saat itu, tim berjulukan Setan Merah harus membayar uang sejumlah 87 juta euro atau skitar Rp1,4 triliun untuk mendapatkan Harry Maguire.

Baca Juga

Akan tetapi, Harry Maguire gagal memenuhi ekspektasi para penggemar. Justru ia malah sering menjadi bahan olok-olokan di media sosial.

Sementara itu, bukan tidak mungkin Josko Gvardiol bisa senasib dengan Maguire. Pasalnya, bek Kroasia itu pernah terlibat dalam momen memalukan di Piala Dunia 2022.

Josko Gvardiol ternyata pernah menjadi korban gocekan bintang Timnas Argentina yaitu Lionel Messi pada semifinal.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedManchester CityRB LeipzigHarry MaguireJosko Gvardiol

Berita Terkini