x

Ocean Erwin Lim, Pemain Keturunan di Spanyol Masuk Seleksi Timnas untuk Piala Dunia U-17

Senin, 24 Juli 2023 17:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Ocean Erwin Lim, pemain diaspora Indonesia di Spanyol kini dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. (Foto: FC Cardedeu)

INDOSPORT.COM - Ocean Erwin Lim, pemain diaspora Indonesia di Spanyol kini dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Seiring dengan persiapan menuju Piala Dunia U-17, PSSI sebelumnya memanggil 34 pemain muda untuk seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-17, mulai 9 Juli kemarin.

Di antara 34 nama tersebut, ada enam pemain yang berkarier di luar negeri. Ada yang merupakan pemain keturunan, tetapi ada juga yang memiliki darah asli Indonesia.

Mereka adalah Mahesa Ekayanto, Madrid Augusta, Aaron Nathan Ang, Staffan Qabiel Horito, Aaron Liam Suitela, dan Welber Halim Jardim.

Namun seiring waktu, empat pemain muda diaspora Indonesia dicoret dari seleksi Timnas U-17, yakni Mahesa Ekayanto, Aaron Nathan, Madrid Augusta, dan Staffan Horito.

Baca Juga

Hanya Aaron Liam Suitela dari Australia menjadi satu-satunya pemain diaspora yang bertahan, sementara Welber Halim Jardim belum bergabung ke Timnas U-17.

Selain itu, ada juga tiga pemain lokal yang dicoret dari Timnas U-18, yaitu Muhammad Afazriel dari PSS Sleman, Dimas Arya dari Persipasi, dan Muhamad Gaoshirowi dari Persib Bandung.

Baca Juga

Meski ada banyak pemain diaspora yang dipulangkan, tetapi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berjanji akan memanggil kembali pemain diaspora tambahan.

"Diaspora dari enam pemain terseleksi dua. Nanti biar Coach (Bima) yang tentukan. Lalu kami panggil enam lagi pemain diaspora," kata Erick Thohir di Solo, Minggu (23/07/23).

Meski tidak menyebutkan siapa saja enam pemain diaspora yang dipanggil, tetapi berdasarkan pantauan di media sosial, salah satunya adalah Ocean Erwin Lim.

Baca Juga

1. Sekilas Tentang Ocean Erwin Lim

Ocean Erwin Lim, talenta muda Indonesia saat bermain di FC Cardedeu, Spanyol (Foto: FC Cardedeu)

Akun Instagram AP9 Coaching Management mengunggah profil Ocean Erwin Lim, dan mengucapkan selamat karena sang pemain dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17.

"Tahu bagaimana proses hebat kamu, pegang kamu dari usia 6 tahun. Satu tahun setengah persiapan kamu menuju Spanyol. Pukul 05.45 latihan, 07.15 selesai, 07.30 mandi dan sekolah."

"Delapan tahun sudah menimba ilmu dan bersaing dengan pemain-pemain di Spanyol. Selamat dan semoga berhasil untuk seleksi Timnas Indonesia U-17, Mas Ocean," tulisnya.

Beberapa waktu lalu, awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.COM juga berbincang secara eksklusif dengan ayah Ocean, yakni Erwin Lim.

Ocean Erwin Lim merupakan pesepak bola kelahiran Jakarta, 18 Mei 2008. Saat ini ia berusia 15 tahun, masuk dalam kualifikasi usia untuk bermain di Piala Dunia U-17.

Baca Juga

Sejak usia tujuh tahun, Ocean sudah mencuri perhatian nasional karena menjadi talenta muda Indonesia yang menimba ilmu sepak bola di akademi Marcet Football, Spanyol.

Seiring waktu, Ocean berlabuh ke Unión Deportiva Fornells, salah satu klub lokal di Girona. Sementara pada musim 2022-2023, ia juga bermain impresif untuk FC Cardedeu.

Baca Juga

Erwin Lim menuturkan jika musim ini Ocean akan menjalani tantangan baru, bermain di UE Fornells, Tim Cadet A Divisi Honor, atau kompetisi sepak bola Divisi Utama Catalan.

"Divisi Honor adalah divisi tertinggi di provinsi Catalan. Hanya 16 tim terbaik dalam satu grup, kurang lebih 350 anak terbaik dalam satu provinsi, yang akan bersaing dalam satu season ke depan."

"Lawan-lawan besarnya seperti FC Barcelona, RCD Espanyol, dan FC Girona," ujar Erwin Lim kepada INDOSPORT.COM, Selasa (04/07/23).

Baca Juga
Timnas U-17Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Perjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini