x

Pogba dan Kesialannya bagi Juventus, Dibayar Lebih Mahal dari Neymar dan Messi

Senin, 24 Juli 2023 13:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Paul Pogba saat melakukan pemanasan di Juventus. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

INDOSPORT.COM - Paul Pogba tengah menghadapi masa sulit di klub Liga Italia (Serie A), Juventus, selepas angkat kaki dari Manchester United pada 2022 lalu.

Pemain Timnas Prancis ini bukan nama baru di Juventus. Sebelumnya, ia sudah pernah membela klub ini selama periode 2012 s.d. 2016.

Selama periode pertamanya, ia meraih cukup gelar mulai dari scudetto, Coppa Italia, dan Supercoppa Italiana.

Lalu pada 2016, ia merapat ke Manchester United dan kembali ke Juventus kurang lebih enam tahun kemudian.

Melakoni periode kedua bersama Bianconeri, Paul Pogba tentu punya cita-cita besar untuk sukses lagi. Hanya saja, takdir ternyata berkata lain.

Ia malah mengalami cedera lutut tidak lama setelah kembali ke Turin, tepatnya pada Juli 2022. Lalu, operasi yang dilakukan pada September membuatnya harus menepi dari lapangan.

Baca Juga

Gelandang kelahiran 15 Maret 1993 itu pun terpaksa absen di banyak pertandingan setidaknya hingga pertengahan Februari lalu.

Namun kesialan Paul Pogba ternyata tidak berhenti di situ saja. Baru saja melakoni comeback, ia lagi-lagi dihantam cedera.

Alhasil, ia harus menepi lagi, kali ini selama satu bulan lebih karena cedera otot. Sempat kembali pada April, pemain asal Lagny-sur-Marne tersebut kembali dilanda masalah kebugaran.

Ia mengalami cedera hamstring pada Mei, yang membuat musim 2022/2023-nya berakhir lebih cepat dari yang diharapkan.

Saat merapat kembali ke Juventus dan Manchester United, Paul Pogba bertatus bebas transfer dan menyetujui kesepakatan kontrak berdurasi empat tahun.

Baca Juga

Dengan kondisi kebugaran yang ternyata di luar ekspektasi, tidak ayal kepulangan Paul Pogba menjadi PR besar bagi Juventus dan Massimiliano Allegri.

Selain belum bisa tampil maksimal, ia juga menguras dompet klub yang terus membayar gajinya dari waktu ke waktu.

Berdasarkan laporan Football Italia, bayaran Paul Pogba mencapai 49.689 euro per menit, yang usut punya usut ternyata lebih tinggi dari Neymar dan Lionel Messi.

Neymar di Paris Saint-Germain dikabarkan meraup 13.124 euro per menit, sedangkan Lionel Messi (di PSG juga) mengantongi 9.623 euro per menit.

Bukan hanya itu. Bayaran Paul Pogba itu juga mengungguli Eden Hazard di Real Madrid (38.265 euro per menit).

Baca Juga

1. Nasib Paul Pogba yang Miris di Juventus

Paul Pogba saat melakukan pemanasan di Juventus. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

Bicara soal statistik, pada musim 2022/2023 Paul Pogba hanya mencatatkan 161 menit bermain di seluruh kompetisi untuk Juventus.

Menurut Transfermarket, rincian 161 menit tersebut berasal dari 6 kali bermain di Serie A Liga Italia, 3 kali di Liga Europa, dan 1 kali di Coppa Italia.

Lalu dari pertandingan-pertandingan tersebut, tidak satu pun yang dimainkan Paul Pogba secara penuh selama 90 menit.

Bahkan, ia sama sekali tidak menampakkan batang hidungnya di Liga Champions sepanjang tahun 2022 lalu.

Berdasarkan data Capology, Paul Pogba saat ini juga menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di Juventus.

Ia disebut-sebut mengantongi 197.308 euro per tahun, yang lebih sedikit dari Alex Sandro, Wojciech Szczesny, Leonardo Bonucci, dan Dusan Vlahovic.

Baca Juga

Lantas, seperti apa kabar serta kondisi Paul Pogba sekarang, dan seberapa besar peluangnya kembali ke skuad Juventus dalam kondisi bugar?

Seperti diwartakan baru-baru ini oleh La Gazzetta dello Sport via ilBianconero, laporan medis sang pemain menunjukkan hasil yang bagus.

Laporan tersebut, tidak menunjukkan adanya tanda-tanda Paul Pogba mengalami cedera lagi. Hanya saja, Juventus harus tetap waspada dengan keadaan pemain mereka ini.

Berkaca pada histori cedera yang dialami Paul Pogba, tim kebugaran tidak akan memaksakan beban latihan yang berlebihan kepadanya.

Baca Juga

Meski belum bisa bermain maksimal, ada kemungkinan Paul Pogba akan ikut memeriahkan agenda pramusim Juventus di Amerika Serikat.

Berhubung pertandingan kontra Barcelona belum lama ini dibatalkan, Juventus akan menghadapi AC Milan di jadwal Soccer Champions Tour 2023 selanjutnya.

Pertandingan melawan sang rival sengit tersebut rencananaya digelar pada Kamis tanggal 27 Juli 2023 di Dignity Health Sports Parks, Carson, California.

Masih dalam laporan La Gazzetta dello Sport yang dimuat juvefc.com, Paul Pogba bisa tampil sebagai ‘cameo’ di pertandingan kontra Real Madrid pada awal Agustus. 

Baca Juga
JuventusPaul PogbaLiga ItaliaIndepth

Berita Terkini