x

Bedah Kualitas Leon Goretzka, Gelandang Munchen yang Siap Diboyong Manchester United

Jumat, 4 Agustus 2023 19:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi Leon Goretzka saat laga Bundesliga Jerman antara Borussia Dortmund vs Bayern Munchen

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), dilaporkan kembali membidik gelandang milik Bayern Munchen yakni Leon Goretzka di bursa transfer musim panas 2023.

Pada awal Juni 2023 lalu, Manchester United memang sudah dikaitkan dengan Leon Goretzka. Rumor tersebut kemudian hilang karena belum ada pergerakan dari Setan Merah.

Namun ternyata Manchester United belum kehilangan minat kepada Leon Goretzka di bursa transfer kali ini, setelah Donny van de Beek dan Fred dilaporkan sudah mulai ambil ancang-ancang  pergi.

Gelandang berusia 28 tahun tersebut belakangan memang diisukan akan pindah klub, mengingat tempatnya di Bayern Munchen kini sudah hilang.

Ia dikabarkan akan dijual klub raksasa Bundesliga Jerman tersebut di bursa transfer musim panas 2023 ini. Pasalnya, Bayern Munchen kini memiliki beberapa pemain, seperti Ryan Gravenberch dan Joshua Kimmich.

Baca Juga

Hal ini kemudian membuat Goretzka kemudian kesulitan dan harus mencari klub baru di bursa transfer musim panas 2023.

Selain Manchester United, ada Liverpool dan West Ham United yang juga berniat mendatangkan eks gelandang Schalke 04 tersebut.

Sementara itu, Manchester United sendiri tengah mencari pemain tengah yang dapat mendampingi Casemiro di posisi gelandang bertahan.

Sebenarnya Leon Goretzka bukanlah target utama karena Setan Merah kini tengah berfokus untuk mendaratkan Sofyan Amrabat dari Fiorentina.

Baca Juga

Bila Sofyan Amrabat gagal digaet dari Fiorentina, sudah pasti Manchester United akan beralih untuk memboyong Leon Goretzka.

Bila Erik ten Hag resmi mendapatkan Leon Goretzka, apakah sang pemain mampu membuat lini tengah Manchester United semakin kuat?

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Leon Goretzka

Selebrasi Leon Goretzka saat laga Bundesliga Jerman antara Borussia Dortmund vs Bayern Munchen

Pemain yang memiliki nama lengkap Leon Christoph Goretzka lahir di Bochum, Jerman pada 6 Februari 1995 silam (usia 28 tahun).

Sebelum menjadi pemain profesional, Leon Goretzka menimba ilmu sepak bola di WSV Bochum Youth 2001 silam. Ia kemudian hengkang ke VfL Bochum Youth di tahun yang sama.

Pada tanggal 4 Agustus 2012 silam, ia menjalani debut bersama tim utama VfL Bochum di kasta kedua Bundesliga Jerman. Ia mampu tampil apik dan membuat Schalke 04 kepincut.

Akhirnya sang gelandang diboyong oleh Schalke 04 pada bursa transfer musim panas 2013 dengan biaya Rp57 miliar.

Ia memiliki musim pertama yang menjanjikan dengan mencetak lima gol dalam 32 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga

Dirinya tercatat menjadi starter reguler di paruh kedua musim dan membantu Schalke finis di peringkat ketiga Bundesliga Jerman.

Di akhir musim, Goretzka dipanggil untuk masuk ke dalam Timnas Jerman untuk Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil.

Dia melakukan debutnya dalam pertandingan persahabatan melawan Polandia sebelum Piala Dunia 2014 dimulai.

Selama musim 2017–2018, Goretzka bermain dalam 29 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak empat gol serta dua assist.

Kemampuannya di lini tengah membuat Bayern Munchen memboyong sang pemain pada bursa transfer musim panas 2018 lalu dengan status bebas transfer.

Di musim pertama yaitu 2018-2019, ia mampu tampil menawan dengan 30 pertandingan plus mencetak delapan gol serta empat assist.

Setelah itu, Leon Goretzka mencetak enam gol dan lima assist di musim 2019-2020, lima gol dan lima assist pada musim 2020-2021.

Baca Juga

Selanjutnya pada musim 2021-2022, ia tampil sebanyak 19 pertandingan dengan catatan tiga gol dan dua assist. Di musim kemarin 2022-2023, ia tampil 27 laga dengan menyumbang tiga gol serta dua assist.

Catatan itu bisa dibilang cukup bagus, meski kini Bayern Munchen berniat untuk melepasnya. Ia diyakini tetap bisa berkontribusi besar bila resmi digaet oleh Manchester United di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedBayern MunchenTransfer PemainLeon Goretzka

Berita Terkini