x

Panduan Ampuh untuk Arsenal Agar Kalahkan Man City di Community Shield

Minggu, 6 Agustus 2023 08:39 WIB
Editor: Juni Adi
Piala Community Shield.

INDOSPORT.COM - Arsenal bertekad untuk meraih kemenangan saat menghadapi Manchester City di pertandingan Community Shield.

Duel seru tersaji pada laga jelang pembukaan kompetisi sepak bola Inggris bertajuk Community Shield antara Arsenal vs Manchester City di Stadion Wembley, pada Minggu (06/08/23) malam WIB.

Seharusnya, Community Shield ini merupakan ajang juara antara peraih gelar Piala FA dengan juara Liga Inggris. Karena musim lalu dua kompetisi itu dimenangkan oleh The Citizens, alhasil Arsenal pun ditunjuk jadi lawan karena finis di posisi ke-2.

Persiapan maksimal juga dilakukan oleh kedua tim jelang bergulirnya kompetisi termasuk bermain di Community Shield. Arsenal meraih tiga kemenangan dari lima pertandingan uji coba pramusim.

Sedangkan Manchester City hanya menjalani dua pertandingan uji coba yang berakhir dengan satu kali menang dan satu kali imbang.

Baca Juga

Sementara dari segi catatan pertemuan keduanya, Manchester City masih yang diunggulkan, lantaran The Gunners selalu punya rekor buruk di hadapan anak asuh Pep Guardiola.

Meriam London sudah menderita delapan kekalahan dalam delapan pertemuan terakhirnya dengan sang rival di semua kompetisi domestik.

Baca Juga

Arsenal akan mencoba mengobati lukanya saat menantang Man City pada Community Shield 2023 di Wembley. Tetapi memang tidak mudah mengalahkan mereka, karena skuad Manchester Biru yang sudah solid.

Kendati demikian, bukan berarti Arsenal tidak punya peluang menang. Mereka bisa mengalahkan Manchester City dengan tiga cara dari panduan ini.


1. Andalkan Set Piece

Momen Manchester City angkat trofi Liga Inggris 2022/2023. Foto: REUTERS/Carl Recine.

Arsenal bisa mengandalkan set piece atau bola-bola mati untuk membobol gawang Man City. Kebobolan dari set piece ini jadi salah satu titik lemah tim asuhan Pep Guardiola di musim ini.

Dikutip dari Sportskeeda, hampir lebih dari 25 persen gol-gol yang bersarang di gawang Manchester City berasal dari bola-bola mati.

Karena dalam keadaan open play tidak banyak opsi yang mereka miliki untuk bisa mencetak gol ke gawang Ederson.

Penendang-penendang terbaik harus di plot berdasarkan kemampuannya sehingga bisa memperbesar prosentase gol di setiap kesempatan.

Arsenal sendiri memiliki Nicolas Pepe, Martin Odegaard, Declan Rice, sampai Kai Havertz sebagai ekekutor bola mati yang baik.

Baca Juga

Sedangkan Ben White, Folarin Balogun, Bukayo Saka, Jurrien Timber adalah aktor yang bisa diandalkan dalam memanfaatkan set piece tersebut.

Andalkan Build Pass and Counter

Pep Guardiola seringkali memasang strategi bertahan yang cukup (high pressure) ini memang bisa jadi keuntungan bagi timnya karena Manchester City punya gelandang yang tangguh.

Baca Juga

Namun high pressing ini bisa juga jadi Boomerang bagi Man City, setidaknya itulah yang terjadi ketika mereka bertandang ke kandang Tottenham Hotspur.

Manchester City harus menelan kekalahan setelah garis pertahanan mereka sangat tinggi, sebuah kebiasaan tim besutan Guardiola yang terlalu jauh meninggalkan back line.

Tottenham membangun serangan dari bawah dengan umpan-umpan pendek di akhiri dengan terbosan ke sisi sayap yang berakhir dengan gol.

Baca Juga

Matikan Aliran Bola untuk Haaland

Arsenal harus mewaspadai striker haus gol milik Man City, Erling Haaland. Pemain berkewarganegaraan Norwegia itu menjadi salah satu penyerang terbaik saat ini.

36 gol dari 38 laga Liga Inggris menjadi bukti nyata keganasannya. Haaland pun berhasil mencetak brace di pertandingan terakhir Man City di Liga Inggris setelah dia absen sebelumnya karena cedera.

Arsenal pun harus waspada terhadap ketajamannya. Hampir seluruh tim di Liga Inggris kesulitan menghentikan mesin gol Haaland.

Fokusnya bukan hanya sang bomber, tetapi Arteta wajib juga mematikan pendistribusi bola untuknya yaitu Kevin De Bruyne.

Musim lalu, Kevin De Bruyne membuat 31 assist dari total 49 pertandingan. Artinya memang ia jadi jantug permainan City karena ia hampir terlibat diseluruh gol Manchester City.

Baca Juga
ArsenalManchester CityCommunity Shield

Berita Terkini