x

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia di Piala AFF 2023

Kamis, 17 Agustus 2023 15:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mengupas susunan pemain yang akan diandalkan Shin Tae-yong di laga perdana grup B Piala AFF U-23 2023 Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia U-23.

INDOSPORT.COM – Mengupas susunan pemain yang akan diandalkan Shin Tae-yong di laga perdana grup B Piala AFF U-23 2023 Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia U-23.

Timnas Indonesia U-23 akan bertarung di Piala AFF U-23 2023 dan akan menjalai laga perdana dengan menghadapi negara tetangga, Malaysia U-23.

Baca Juga

Duel antara dua negara yang punya rivalitas tinggi ini akan digelar di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, pada Jumat (18/08/23) malam WIB.

Dalam menghadapi duel ini, Timnas Indonesia U-23 diwajibkan untuk meraih tiga poin demi memuluskan langkahnya ke semifinal.

Pasalnya, Piala AFF U-23 2023 kali ini akan dibagi dalam tiga grup, di mana grup B yang ditempati skuad Garuda Muda berisikan tiga tim saja, sehingga tiket kelolosan akan diberi kepada juara grup.

Sejatinya, Timnas Indonesia U-23 masih bisa lolos lewat jalur Runner Up grup terbaik. Tapi kondisi ini tergantung tim lainnya, sehingga laga kontra Malaysia U-23 pun wajib dimenangkan.

Baca Juga

Kesempatan Timnas Indonesia U-23 menang atas Malaysia U-23 di laga pembuka grup B pun cukup besar, karena Merah Putih punya catatan apik kontra Malaysia U-23.

Tapi Shin Tae-yong selaku pelatih tak bia mengandalkan catatan apik di masa silam semata demi meraih tiga poin di laga perdana Piala AFF U-23 2023.

Pelatih asal Korea Selatan itu harus menyiapkan taktik terbaiknya, termasuk dalam pemilihan pemain-pemain yang akan diandalkannya.

Shin Tae-yong tak banyak membawa pemain andalan untuk Piala AFF U-23 2023 ini, menyusul adanya beberapa pemain yang berhalangan bergabung karena beragam alasan.

Meski demikian, Timnas Indonesia U-23 punya banyak pemain yang bisa dimanfaatkan Shin Tae-yong untuk membentuk Line Up terbaiknya kala menghadapi laga perdana kontra Malaysia U-23.

Berikut INDOSPORT akan mencoba membedah formasi dan pemain yang akan dipakai oleh Shin Tae-yong di laga perdana grup B Piala AFF U-23 2023 Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia U-23.

Baca Juga

1. Kembali Gunakan Formasi 3 Bek?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Untuk bertarung di Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong membawa total 23 pemain yang beradal dari klub-klub Tanah Air baik dari Liga 1 maupun Liga 2.

Dari 23 nama yang dibawa tersebut, Shin Tae-yong terlihat membawa pemain dengan jumlah yang merata di setiap posisinya.

Baca Juga

Di pos penjaga gawang, dirinya membawa tiga kiper, lalu membawa tujuh bek, tujuh gelandang, dan enam penyerang untuk Piala AFF U-23 2023.

Melihat komposisi pemain yang dibawa, besar kemungkinan Shin Tae-yong menggunakan formasi tiga bek yang menyerang dalam skema 3-4-3.

Skema ini bukanlah skema yang asing bagi Shin Tae-yong. Saat memimpin Timnas Indonesia di level turnamen, ia kerap menggunakan formasi ini.

Skema tersebut membuat Timnas Indonesia pun akan memainkan permainan Direct atau langsung dan transisi cepat mengandalkan kecepatan para pemainnya.

Baca Juga

Jika melihat komposisi pemainnya, Shin Tae-yong kemungkinan akan menggunakan Ernando Ari yang punya pengalaman untuk mengisi pos di bawah mistar.

Nantinya, Ernando Ari akan dijaga oleh tiga bek yang punya kemampuan bertahan apik seperti Muhammad Ferarri, Kadek Arel, dan Alfeandra Dewangga yang sudah teruji di Liga 1.

Untuk lini tengah, Shin Tae-yong bisa saja menggunakan dua gelandang yakni Arkhan Fikri sebagai pengatur tempo dan Beckham Putra untuk mengokupasi lini tengah dan Final Third.

Arkhan Fikri dan Beckham Putra akan ditemani oleh Bagas Kaffa dan Frengky Missa sebagai Wing Back di sisi kanan dan kiri yang kerap dimainkan keduanya baik di level klub dan tim nasional.

Sedangkan untuk tiga penyerang depan, Ramadhan Sananta akan dijadikan ujung tombak dan ditemani Esal Sahrul yang tengah mencuri perhatian di Liga 1 2023/2024 serta Irfan Jauhari sebagai Inside Forward.

Kurang lebih, begini formasi yang kemungkinan besar digunakan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Malaysia U-23.

Prediksi formasi Timnas Indonesia U-23 kontra Malaysia U-23 di Piala AFF U-23 2023. (Foto: buildlineup.com)
Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Timnas Malaysia U-23In Depth SportsShin Tae-yongPiala AFF U-23Indepth

Berita Terkini