x

Pecundangi Puncak Klasemen, Asnawi Mangkualam Kian Dekat Bawa Jeonnam Dragons Promosi K League 1

Senin, 21 Agustus 2023 08:56 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, berhasil membawa Jeonnam Dragons menang atas Gimcheon Sangmu dan berpotensi promosi ke K League 1.

INDOSPORT.COM - Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, berhasil membawa Jeonnam Dragons menang atas Gimcheon Sangmu dan berpotensi promosi ke K League 1 atau kasta atas Liga Korea Selatan. 

Jeonnam Dragons menghadapi Gimcheon Sangmu yang merupakan pemuncak klasemen K League 2 2023/24 pada Minggu (20/08/23).

Baca Juga

Asnawi Mangkualam tampil sejak menit pertama sebagai bek kiri dalam formasi 4-1-4-1 dan tidak tergantikan selama pertandingan berlansung.

Jeonnam yang bermain di kandang sendiri memang tampil cukup baik dari awal. Asnawi sendiri berhasil menjalankan perannya di sayap kiri.

Ia bisa ikut membantu pertahanan dan serangan bagi Jeonnam. Tidak mengherankan kalau tim tersebut tampil impresif kali ini.

Benar saja, Jeonnam sukses mengalahkan Gimcheon dengan skor 2-1 lewat gol Ha Nam pada menit 18' dan 56'. Hal ini membuat Jeonnam menduduki posisi tujuh klasemen sementara kasta kedua Liga Korea Selatan. 

Baca Juga

Saat ini, tim yang dilatih Lee Jang-kwan itu menorehkan 37 poin, hasil dari 11 kali menang, 4 kali imbang, dan 10 kali kalah dari 27 pekan.

Kompetisi Liga Korea atau K League 2 sendiri akan berakhir pada pekan 39. Artinya, masih banyak waktu bagi Jeonnam dan Asnawi untuk bisa naik ke puncak klasemen.

Sebab, mereka punya tugas untuk bisa promosi ke K League 1 2024/25. Kemenangan atas Gimcheon Sangmu sangat berarti bagi Jeonnam.

Sementara itu, Gimcheon masih berada di pucuk klasemen dengan 48 poin, hasil dari 15 kali menang, 3 kali imbang, dan 7 kali kalah.

Baca Juga

1. Asnawi Mangkualan Bakal Diandalkan Lagi

Asnawi Mangkualam bakal kembali diandalkan Jeonnam Dragons.

Perjuangan Jeonnam Dragons dalam upaya mereka untuk promosi ke K League 1 musim depan masih sangat ketat. Pekan depan, mereka bakal menghadapi Anyang.

Anyang sendiri saat ini berada di peringkat 5 klasemen sementara K League 2 dengan 39 poin, hasil dari 11 kali menang, 6 kali imbang, dan 7 kali kalah.

Baca Juga

Dengan posisi kedua tim hanya terpaut dua poin, maka Jeonnam berpotensi untuk bisa menggeser posisi Anyang kalau mampu meraih tiga poin.

Pada pekan sebelumnya, Anyang hanya meraih hasil imbang 1-1 melawan Ansan Greeners di kandang mereka sendiri.

Anyang selama ini menggunakan formasi bertahan 5-4-1 atau 3-4-2-1 yang sangat menyulitkan lawan dalam membobol gawang mereka.

Sementara Jeonnam menggunakan skema 4-1-4-1 dan juga 4-3-3. Formasi 4-3-3 bisa digunakan kembali untuk mendobrak pertahanan Anyang.

Baca Juga

Sebab dengan 5-4-1, maka gelandang tengah tim tersebut hanya ada dua pemain, sedangkan Jeonnam punya tiga, kecuali kalau Anyang menurunkan 3-4-2-1.

Dalam formasi 4-3-3, Kim Soo-beom menjadi bek kiri. Lee Jang-kwan sebagai pelatih mungkin bisa menggantikan Soo-beom dengan Asnawi Mangkualam.

Jeonnam harus bermain ekstra hati-hati saat menghadapi lawan kuat seperti Anyang. Namun sekalinya mereka menang, Jeonnam Drgons bisa langsung naik ke posisi lima K League 2.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueJeonnam Dragons

Berita Terkini