x

Profil 2 Pemain Asing Kalteng Putra di Liga 2, Ada Jebolan Klub Raksasa Rusia

Kamis, 24 Agustus 2023 02:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Kalteng Putra boyong Jafri Sastra sebagai pelatih anyar untuk Liga 2.

INDOSPORT.COM - Peserta Liga 2 2023/24, Kalteng Putra telah lengkapi kuota pemain asingnya. Klub asal Kalimantan Tengah itu rekrut bek asal Brasil dan winger berpaspor Tajikistan.

Dua pemain yang dimaksud adalah Willian Correia dari Brasil yang berposisi sebagai bek tengah. Sedangkan kuota Asia diisi oleh Nozim Babadzhanov.

Baca Juga

Manajemen Kalteng Putra mengumumkan kedatangan dua pemain tersebut dalam dua hari terakhir. 

“Welcome to Kalteng Putra @babadzhanov13. Elah Mikeh,” demikian keterangan klub saat perkenalkan Nozim Babadzhanov.

“Welcome to Kalteng Putra @williancorreia_ Elah Mikeh,” lanjut informasi tersebut.

Willian Correia sejatinya bukan nama baru di sepak bola Indonesia. Musim lalu, dia bermain untuk klub Liga 1, RANS Nusantara FC.

Baca Juga

Pemain 25 tahun itu mengawali karir bersama klub Brasil, Coritiba FC U-20. Lalu pindah ke Lodrina PR pada 2019 lalu.

Sempat jalani masa pinjaman bersama Foz do Iguacu, Willian kemudian merantau ke Eropa, tepatnya Rusia. Dia bergabung dengan klub kasta kedua, Spartak Myjava pada 2021.

Satu tahun lebih di Rusia, bek kelahiran 10 Februari 1998 itu memutuskan hijrah ke Indonesia pada Januari 2023. Dia gabung RANS Nusantara FC pada putaran kedua Liga 1 2022.

Bersama RANS, Willian memainkan 12 pertandingan dengan catatan 954 menit dan satu kartu kuning. Pada akhir musim, kontraknya tidak diperpanjang klub Raffi Ahmad tersebut.

Baca Juga

Setelah menganggur lima bulan, ia kemudian mendapat tawaran Kalteng Putra. Harga pasaran Willian berada di kisaran Rp2,1 miliar.

Sementara itu, Nozim Babadzhanov mulai geluti sepak bola bersama akademi salah satu klub raksasa Rusia, Rubin Kazan. Dia lalu naik ke tim cadangan atau Rubin Kazan II pada 2012.

Baca Juga

Pada 2014, pemain 28 tahun itu pindah ke klub raksasa Rusia lainnya yakni Lokomotiv Moscow II. 

Setahun berselang, dia lalu pulang kampung ke Tajikistan dan membela Khunjad di divisi pertama. Setelahnya Nozim merapat ke FC Regar TadZ (2015) lalu Istiqlol (2016).

Pada 2017, winger kelahiran 7 Agustus 1995 itu merantau ke Bahrain dan beraksi untuk Bahrain SC. 

Selain itu, Nozim juga membela beberapa klub lain seperti Al Ahli Club (Bahrain) dan Real Kashmir (India).

Secara keseluruhan, Nozim catatkan 123 pertandingan dengan torehan 13 gol dan delapan assist. Harga pasarannya saat ini mencapai Rp3,4 miliar. 

Baca Juga

Nozim juga pernah membela Timnas Tajikistan U-21 dan senior. Debutnya terjadi pada 2015 lalu.

Sebelum kedatangan dua pemain asing tersebut, Kalteng Putra sudah jor-joran di bursa transfer awal musim Liga 2 2023/2024. Tim berjuluk Laskar Isen Mulang itu memboyong sepuluh pemain ternama berlabel Liga 1.

Mereka adalah Jandia Eka Putra, Otavio Dutra, Shahar Ginanjar, Sandi Darman Sute, Dendi Agustan Maulana, Guy Junior, Finky Pasamba, Beni Oktovianto, Miftah Anwar Sani, dan Osas Saha.

Baca Juga
Bursa TransferLiga IndonesiaLiga 2Kalteng Putra FCBerita Transfer

Berita Terkini