x

5 Pemain yang Gadaikan Karier di Eropa demi Cuan di Asia, Terbaru Gabri Veiga

Jumat, 25 Agustus 2023 18:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Terdapat lima pemain yang rela menggadaikan kariernya di Eropa demi meraup pundi-pundi uang di Asia, di mana yang terbaru adalah Gabri Veiga.

INDOSPORT.COM – Terdapat lima pemain yang rela menggadaikan kariernya di Eropa demi meraup pundi-pundi uang di Asia, di mana yang terbaru adalah Gabri Veiga.

Sebelum hijrah ke Asia, tepatnya ke Arab Saudi, nama Gabri Veiga sempat menjadi komoditi terpanas di bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

Pemain yang baru berusia 21 tahun itu menjadi buruan klub-klub top seperti Manchester City, Chelsea, dan bahkan Liverpool dari Inggris.

Lalu, pemain yang membela Celta Vigo itu dirumorkan akan bergabung Napoli. Bahkan kedua tim telah sepakat untuk biaya kepindahannya.

Nahas di detik-detik terakhir, ia justru memutuskan bergabung klub Arab Saudi, Al Ahli, usai klausul rilisnya ditebus yakni sebesar 40 juta euro (Rp660 miliar).

Kepindahan Gabri Veiga yang masih berusia muda ke Al Ahli pun menjadi perdebatan. Bahkan, kepindahan ini disinggung oleh Toni Kroos sebagai hal yang memalukan.

Tapi apa daya, tawaran besar dari Al Ahli membuat Gabri Veiga menggadaikan kariernya di Eropa demi mendapat cuan di Asia.

Langkah Gabri Veiga ini bukanlah barang baru. Sebab, sebelum dirinya sudah ada beberapa pemain yang rela menggadaikan kariernya di Eropa demi cuan di Asia. Siapa saja?

Baca Juga

1. Oscar Emboaba

Siapa yang tak ingat dengan Oscar Emboaba? Pemain asal Brasil ini menggemparkan jagat sepak bola usai memutuskan meninggalkan Chelsea demi bermain untuk Shanghai SIPG di China pada 2017.

Saat itu, Oscar menerima pinangan Shanghai SIPG karena mendapat bayaran masif, yakni 500 ribu poundsterling per pekannya.

Ia pun rela menggadaikan kariernya di Eropa di usia yang baru 25 tahun demi segepok uang di China karena ingin menyejahterakan keluarganya yang punya latar belakang miskin.

Baca Juga

2. Hulk

Sebelum Oscar, ada Hulk atau Givanildo Vieira de Souza yang juga menggadaikan kariernya di Eropa demi mendapat pundi-pundi uang di Asia usai bergabung Shanghai SIPG pada 2016.

Saat hijrah ke China, Hulk baru berusia 29 tahun atau di puncak kariernya, di mana ia menjadi buruan banyak klub top Eropa pasca penampilan apiknya bersama Zenit St Petersburg.

Tapi, Hulk mengabaikan tawaran di Eropa itu demi bermain untuk Shanghai SIPG yang berani memberinya gaji 320 ribu poundsterling per pekannya hingga 2020.

Baca Juga

1. 3. Ruben Neves

Ruben Neves, pemain Wolverhampton Wanderers. Foto: REUTERS/Ian Walton

Ruben Neves menjadi nama baru yang juga menggadaikan kariernya di Eropa demi uang di Asia, saat memutuskan bergabung Al Hilal pada musim panas 2023 ini.

Ruben Neves hijrah ke Arab Saudi di usianya yang baru 26 tahun. Bahkan sebelum gabung Al Hilal, dirinya menjadi buruan klub top seperti Manchester United, Barcelona, dan Liverpool.

Tapi, Ruben Neves memilih bermain di Arab Saudi. Faktor gaji sebesar 90 juta poundsterling (Rp1,7 triliun) untuk tiga tahun tak bisa ditolaknya demi membahagiakan keluarga besarnya.

Baca Juga

4. Jota

Kompatriot Ruben Neves, Jota, juga memilih meninggalkan Eropa demi meraup pundi-pundi uang di Asia saat bergabung Al Ittihad pada musim panas 2023.

Pemain bernama lengkap Joao Pedro Neves ini baru berusia 24 tahun. Kiprahnya bersama Celtic pun mampu membuat tim-tim besar Eropa meminatinya.

Tapi, Jota memilih bergabung Al Ittihad di mana ia mendapat bayaran 10 juta poundsterling per tahunnya, atau 6 kali lipat lebih banyak dari apa yang ia terima di Celtic.

Baca Juga

5. Franck Kessie

Franck Kessie juga menjadi pemain terbaru yang memilih bermain di Asia demi mendapatkan uang usai bergabung Al Ahli di musim panas 2023.

Meski menjadi buruan Juventus, pemain berusia 26 tahun ini tak menunjukkan tanda-tanda berminat kembali ke Italia di musim panas 2023 ini.

Kemudian ia pun memilih bergabung Al Ahli di Arab Saudi, yang berani memberinya gaji 20 juta poundsterling (Rp385 miliar) per tahunnya.

Baca Juga
Bursa TransferOscarHulkChinaArab SaudiRuben NevesIn Depth SportsFranck KessieTransfer PemainGabri VeigaIndepth

Berita Terkini