x

Wonderkid Chelsea dan Barcelona Nyaris Ikut Jadi Korban Gempa Dahsyat Maroko

Minggu, 10 September 2023 07:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Bencana alam gempa dahsyat yang terjadi di Maroko pada Jumat (08/09/23) lalu diketahui nyaris mencelakai tim nasional Brasil U-23 yang tengah berkunjung ke sana. (Foto: REUTERS/Luisa Gonzalez)

INDOSPORT.COM - Bencana alam gempa dahsyat yang terjadi di Maroko pada Jumat (08/09/23) lalu diketahui nyaris mencelakai tim nasional Brasil U-23 yang tengah berkunjung ke sana.

Beruntung tidak ada korban jiwa yang jatuh dari kesebelasan tersebut meski insiden tersebut telah merenggut nyawa lebih dari 1300 orang dan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah.

Baca Juga

Dilaporkan oleh GOAL, Brasil U-23 menyambangi Maroko guna melakoni dua uji coba melawan Maroko U-23.

Di dalam tim mereka cukup banyak nama-nama terkenal seperti bintang muda anyar Chelsea yang tengah dipinjamkan ke Nottingham Forest yakni Andrey Santos.

Tidak ketinggalan calon pemain Barcelona, Vitor Roque, yang saat ini hanya tinggal menunggu waktu saja untuk pindah dari Atletico Paranaense ke Los Cules.

Brasil U-23 memilih untuk bermukim di sebuah hotel di kota Fez yang jaraknya sekitar 500 kilometer dari Marrakesh, kota episentrum gempa Maroko.

Baca Juga

Meski cukup jauh namun getaran bumi masih sangat terasa mengingat gempa yang timbul mencapai 6,9 skala richter.

Mengutip dari Vox, gempa tersebut adalah gempa terbesar yang terjadi di Maroko sejak ratusan tahun terakhir.

Maka dari itu sangat beruntung tim Brasil U-23 tetap bisa selamat meski akhirnya uji coba melawan Maroko U-23 kemungkinan besar harus dibatalkan.

Kabar soal selamatnya skuad Selecao muda sudah dikonfirmasi oleh federasi sepakbola Brasil, CBF, yang juga menyebut para pemain sempat dilarang memasuki hotel sampai satu jam setelah kejadian demi menghindari gempa susulan dan kans tertimpa reruntuhan.

Baca Juga

1. Tarik Simpati dari Dunia Sepakbola

Pemain Maroko, Romain Saiss dan Achraf Hakimi. (Foto: REUTERS/Lee Smith)

Masifnya tragedi gempa Maroko membuat simpati dari berbagai kalangan dunia berdatangan termasuk dari sepakbola.

Sejumlah nama besar lapangan hijau mengucapkan turut prihatin dan berduka cita pada para korban.

Baca Juga

Para pemain dari Maroko jelas jadi salah satu yang paling cepat untuk melakukannya lewat media sosial.

Sofyan Amrabat (Manchester United) dan Hakim Ziyech (Galatasaray) adalah beberapa di antaranya.

Instastory Sofyan Amrabat terkait gempa Maroko.

Keduanya mengunggah story Instagram yang menandakan mereka ikut bersimpati dengan penderitaan orang-orang dari negara mereka.

Achraf Hakimi justru sudah melakukan aksi nyata dengan membantu penggalangan donor darah untuk para korban gempa.

Baca Juga

Lewat badan amal yang ia buat, bek kanan milik Paris Saint-Germain tersebut menyediakan tempat bagi para pendonor di rumah sakit-rumah sakit berbagai kota seperti Marrakesh, Rabat, Casa, Tangier, juga Agadir.

Apa yang dialami Maroko dengan terjadinya gempa dahsyat ini jelas sangat menyedihkan terutama mereka belum lama merayakan salah satu prestasi terbesar mereka di sepakbola.

Masih segar dalam ingatan bagaimana Maroko secara mengejutkan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 dan mencatatkan diri sebagai tim asal Afrika dengan progres terjauh di kompetisi tersebut.

Meski pada akhirnya gagal menjadi juara dan juga kalah di perebutan juara ketiga namun kampanye The Atlas Lions tetap menjadi fenomena tersendiri yang membuat dunia berdecak kagum.

Baca Juga
ChelseaBrasilBarcelonaMarokoBola InternasionalAchraf HakimiSofyan AmrabatVitor Roque

Berita Terkini