x

3 Klub K League 1 yang Cocok untuk Asnawi Mangkualam Usai Tinggalkan Jeonnam Dragons

Senin, 11 September 2023 15:31 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

INDOSPORT.COM – Deretan K League 1 Korea Selatan berikut diprediksi bakal cocok jadi pelabuhan karier Asnawi Mangkualam usai tinggalkan Jeonnam Dragons.

Sejak hengkang ke Jeonnam Dragons, penampilan Asnawi Mangkualam memang terbilang apik dan alami kemajuan cukup pesat.

Baca Juga

Terbukti sebelum jalani jeda internasional bersama Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mampu torehkan 21 pertandingan di semua ajang dan mencetak dua assists.

Jika dibandingkan dengan musim lalu, jumlah menit bermain Asnawi Mangkualam bersama Jeonnam Dragons musim ini meningkat cukup drastis.

Di musim lalu, mantan penggawa PSM Makassar tersebut torehkan masa bermain selama 1.646 menit dari total 27 pertandingan buat Ansan Greeners.

Sedangkan di musim ini, Asnawi Mangkualam sudah torehkan 1.479 menit di lapangan dan berpotensi kian bertambah lantaran Jeonnam Dragons masih menyisakan 8 pertandingan.

Baca Juga

Berbekal gemilangnya performa tersebut, nama Asnawi Mangkualam kini masuk dalam satu hot transfer di Liga Korea Selatan.

Asnawi pun tak menutup kemungkinan jika ia bisa hengkang dari Jeonnam Dragons akhir musim nanti dan mencari tantangan lebih besar dengan bermain di K-League 1.

"Sampai saat ini, tim ini (Jeonnam Dragons) memang masih punya proses ke playoff. Target pribadi sih musim depan bisa bermain di kompetisi yang lebih tinggi (K-League 1)," ucapnya.

Andai benar hengkang dan mencoba peruntungan di K-League 1, berikut ada beberapa tim dari kasta teratas Liga Korea Selatan yang mungkin bisa jadi pertimbangan buat karier Asnawi Mangkualam:

Baca Juga

1. Jeonbuk Hyundai Motors

Selebrasi para pemain Jeonbuk Hyundai Motors di laga melawan Persis Solo.

Klub pertama adalah Jeonbuk Hyundai Motors. Klub asal Jeonju ini memang sempat dikabarkan tertarik untuk mendatangkan Asnawi Mangkualam pada tahun 2022 lalu.

Pada saat itu, media Sports Chosun melalui jurnalisnya, Bolmanchan, yang menyatakan bahwa Jeonbuk Hyundai mempertimbangkan merekrut Asnawi.

Baca Juga

Ketertarikan Jeonbuk Hyundai terhadap Asnawi ini dimulai setelah bek kanan andalan mereka, Lee Yong memutuskan hengkang dari Jeonbuk secara tiba-tiba.

Akan tetapi jelang kompetisi bergulir, Asnawi Mangkualam malah memutuskan untuk bertahan di Liga 2 Korea Selatan dan memperkuat Jeonnam Dragons.

Di musim ini, penampilan Jeonbuk Hyundai Motors terbilang cukup baik dan berhasil bertengger di urutan kelima klasemen.

Jika terus bertahan hingga akhir musim, maka Jeonbuk Hyundai Motors akan bertahan di K-League 1 dan bakal jadi klub sempurna buat Asnawi yang ingin rasakan kompetisi tertinggi Liga Korea Selatan.

Baca Juga

Jeju United
Berikutnya adalah Jeju United. Sama seperti klub pertama, tim yang bermarkas di Jeju World Cup Stadium ini juga sempat dikabarkan tertarik untuk memboyong Asnawi Mangkualam.

Hal itu disampaikan pengamat Liga Korea Selatan, Ross Davis lewat Instagram pribadinya pada Kamis (12/1/2023) lalu.

Ia menyebutkan, bahwa Asnawi Mangkulam akan jadi opsi Jeju United untuk mengisi slot pemain asing asia mereka musim ini.

"Pemain internasional Indonesia, Asnawi Mangkualam, yang bermain di K2 bersama Ansan Greeners sedang dikaitkan dengan kepindahan ke #kleague 1 dengan Jeju United untuk mengisi kuota pemain Asia," tulis Ross Davis.

Meski sempat gagal hengkang, namun peluang Jeju United untuk mendatangkan Asnawi masih terbuka lebar.

Apalagi musim ini pertahanan Jeju United terlihat sangat rapuh usai kebobolan 37 gol dari 29 pertandingan. Kehadiran Asnawi diprediksi bakal bisa menambal lubang di lini belakang mereka.

Baca Juga

2. Daejeon Hana Citizen

Logo Daejeon Hana Citizen FC.

Tim ini memang tidak pernah tertarik untuk merekrut Asnawi Mangkualam, namun ada satu momen dimana bintang Daejeon mengaku kagum dengan kualitas Asnawi dan ingin satu tim bersama eks Persiba itu.

Pada Oktober 2023 lalu, Masatoshi Ishida yang jadi tumpuan Daejeon Hana Citizen bertemu dengan Asnawi Mangkualam setelah keduanya bertemu di pekan ke-43 K-League 2.

Meski berhasil mengalahkan Ansan Greeners yang diperkuat Asnawi, namun Masatoshi Ishida memuji penampilan sang bintang timnas Indonesia dan berharap bisa berada satu tim.

Di musim ini, Masatoshi Ishida yang berhasil membawa Daejeon Hana Citizen promosi ke K-League 1, masih jadi andalan dengan torehkan 19 pertandingan serta mencetak 5 gol.

Berbekal peran penting Masatoshi Ishida di Daejeon Hana Citizen, bintang asal Jepang tersebut mungkin bisa jadi jembatan Asnawi Mangkualam untuk bermain di Yuseong District musim depan.

Bursa TransferKorea SelatanBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharJeonbuk Hyundai MotorsK-LeagueBerita TransferJeonnam DragonsJeju United

Berita Terkini