x

Malaysia Akui STY Selevel Kim Pan-gon Usai Bawa Timnas Meroket di Ranking FIFA

Minggu, 17 September 2023 10:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Media Malaysia akui Shin Tae-yong selevel Kim Pan-gon, karena kedua pelatih sama-sama sukses membawa Timnas Indonesia dan Malaysia meroket di ranking FIFA.

Beberapa hari yang lalu, Shin Tae-yong sukses membawa Timnas Indonesia U-23 melangkah ke Piala Asia U-23 2024, untuk pertama kali dalam sejarah turnamen ini.

Baca Juga

Selain skuad U-23, Shin Tae-yong juga sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-20 hingga timnas senior menembus Piala Asia di era yang bersamaan.

Sampai saat ini, belum ada satu pun pelatih Timnas Indonesia yang bisa menyamai rekor STY. Ia melewati pencapaian para pelatih terdahulu, Aji Santoso, Indra Sjafri, dan Luis Milla.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga sukses menaikkan ranking FIFA Timnas Indonesia secara bertahap selama dua tahun terakhir.

Pada September 2021, Timnas Indonesia berada di ranking 175. Satu bulan berselang, Skuad Merah Putih pun naik 10 tangga jadi posisi 165.

Baca Juga

Memasuki bulan Agustus 2022, Timnas Indonesia naik lagi ke peringkat 155 dunia. Garuda terus merangkak ke posisi 150 saat menghadapi Argentina di FIFA Matchday tahun ini.

Teranyar, setelah menghadapi Turkmenistan di bulan September 2023, Timnas Indonesia kembali naik ke peringkat 147 dunia. Dalam waktu 2 tahun, Garuda naik 28 peringkat.

Maka dari itu, akun media sosial populer di Malaysia, @atukbola memuji Shin Tae-yong dan dianggap selevel dengan pelatih Timnas Malaysia asal Korea Selatan, Kim Pan-gon.

Baca Juga

1. Perbandingan STY vs KPG

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Herry Ibrahim/Indosport.

Akun media sosial Instagram yang populer di Malaysia, @atukbola, memuji Shin Tae-yong yang telah membawa Timnas Indonesia naik drastis di ranking FIFA, sama seperti Kim Pan-gon.

"Selain Malaysia yang kini rankingnya makin meningkat, tetangga sebelah kita, Indonesia juga meningkat naik di bawah bimbingan pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong," tulisnya.

Baca Juga

Melalui kolom komentar, banyak netizen asal Negeri Jiran yang membandingkan prestasi Shin Tae-yong dengan pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon.

"Tapi STY sudah empat tahun lebih dengan Timnas Indonesia, kalau Kim Pan-gon baru mau masuk dua tahun," kata pemilik akun @razz** yang tersirat jika KPG lebih baik.

"Beda ya, Indonesia naik 28 peringkat, kalau Malaysia 16 peringkat," balas @deryard**.

"KPG dua tahun (bisa naik) karena negara di atas Malaysia poinnya tidak berbeda jauh. Kalau Malaysia menang bisa naik 4-6 rank, beda dengan Indonesia, dari ranking 146 ke 145 saja jarak poinnya bisa 10-15 poin," jelas @aditya**.

Baca Juga

"Terima kasih ke STY juga, membantu FAM membuka mata untuk ambil pelatih Korea saat digoreng Timnas Indonesia," timpal pemilik akun Instagram @han27**.

"Ciri khas pelatih Korea tuh dia pintar mencari pemain yang berkualitas, dan meningkatkan fisik pemain itu. Pelatih Korea yang sukses di Asean seperti Park Hang-seo, Shin Tae-yong, dan Kim Pan-gon," balas akun @aditya** lagi.

"Jangan lupakan Timor Leste, mereka juga pakai pelatih Korea Selatan, cuma masih berprogres," komentar dari akun @fanon**.

Di sisi lain, Shin Tae-yong akan habis kontrak dalam waktu dekat. PSSI sedang menjajaki peluang sang pelatih untuk lanjut meracik Timnas Indonesia dalam jangka panjang.

Baca Juga
MalaysiaTimnas IndonesiaTimnas MalaysiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongKim Pan-gon

Berita Terkini