x

Deretan Fakta Mengejutkan Jelang Timnas Indonesia U-24 vs Kirgistan: Lawan Garuda Dirundung Duka

Selasa, 19 September 2023 13:24 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

INDOSPORT.COM - Ada bebebrapa fanta mengejutkan jelang laga Timnas Indonesia U-24 vs Kirgistan di laga perdana Asian Games 2022, Selasa (19/09/23) malam WIB.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-24 akan bersua Kirgistan di laga perdana Grup F Asian Games 2022 di Stadion Zhejiang, Jinhua, China.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-24 sudah bertolak ke China beberapa waktu lalu, dengan dipimpin langsung oleh Indra Sjafri sebagai pelatih kepala.

Kemenangan jelas wajib didapatkan oleh Skuat Garuda Muda, mengingat mereka harus menghadapi lawan berat di partai berikutnya.

Di Asian Games 2022, Timnas Indonesia U-24 sendiri tergabung di Grup F bersama dengan Kirgistan, Taiwan, dan Korea Utara.

Jelang duel Timnas Indonesia U-24 vs Kirgistan, INDOSPORT telah menemukan adanya beberapa fakta mengejutkan. Apa saja itu?

1. Skuat Kirgistan Dirundung Duka

Jelang menghadapi Timnas Indonesia U-24, skuat muda Kirgistan harus dirundung kabar duka. Salah satu tokoh sepak bola negara mereka bernama Choibekov Tairbek Orozbekovich dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (17/09/23) lalu.

Baca Juga

Sebelumnya dipanggil Yang Maha Kuasa, Choibekov Tairbek Orozbekovich sempat sakit. Sosok yang berpengaruh di sepak bola Kirgizstan itu tutup usia pada umur 66 tahun.

Kabar duka ini juga dibagikan oleh Federasi Sepak Bola Kirgistan (KFU). Choibekov Tairbek Orozbekovich dketahui sempat menjabat sebagai Exco selama beberapa tahun.

Meski begitu, kabar tersebut sepertinya tidak akan mempengaruhi permainan Kirgistan dalam misi mengalahkan Timnas Indonesia U-24 di laga perdana Asian Games 2022.

Baca Juga

1. 2. Indra Sjafri Bawa 8 Alumni SEA Games 2023

Presiden Jokowi memberikan apresiasi berupa bonus kepada atlet Asean Paragames 2023 Cambodia, yang berhasil menjadi juara umum di Istana Negara, Senin (03/07/23). (Foto: Agus Suparto/Istana Kepresidenan RI)

Dalam menghadapi Asian Games 2022, Indrja Sjafri tercatat membawa delapan pemain Timnas Indonesia alumni SEA Games 2023 lalu.

Mereka yaitu rnando Ari, Adi Satryo, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, M Haykal Alhafiz, Taufany Muslihuddin, dan Titan Agung.

Baca Juga

Delapan pemain tersebut merupakan pahlawan Timnas Indonesia yang sukses meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja beberapa waktu lalu.

3. Timnas Indonesia U-23 Bermain Pincang

Meski membawa beberapa pemain bintang, namun Indra Sjafri tetap dipusingkan dengan absennya tiga pilar penting.

Mereka yakni Ramadhan Sananta, Beckham Putra, dan Kadek Arel. Untuk Ramadhan Santa, ia absen lantaran tidak mendapatkan izin dari Persis Solo.

Klub berjulukan Laskar Sambernyawa awalnya sudah menyetujui Ramadhan Sananta bergabung dengan timnas setelah laga menghadapi PSIS Semarang tanggal 16 September.

Namun sayang, pada akhirnya sang pemain tidak diizinkan berangkat, sebagaimana dijelaskan oleh Indra Sjafri.

“Tapi akhirnya Sananta tidak dibolehkan berangkat. Padahal id card sudah diterbitkan oleh panitia Asian Games,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

4. Prestasi Terbaik Timnas Indonesia di Asian Games

Di Asian Games, Timnas Indonesia tercatat pernah tiga kali menjadi peserta yakni pada edisi 2006, 2014, dan 2018.

Akan tetapi, Garuda masih belum bisa berbicara banyak mengenai ajang tersebut. Mereka diketahui baru dua kali bisa menembus 16 besar saat edisi 2014 (Seoul) dan 2018 (Jakarta-Palembang) lalu.

Meski begitu, di Asian Games 2022 China, banyak fans Garuda yakin kalau Timnas Indonesia U-24 bisa mencetak rekor dengan lolos ke 8 besar atau perempat final.

Baca Juga

5. Kirgistan Belum Pernah Menang di Asian Games

Sama seperti Timnas Indonesia, Kirgistan juga baru tiga kali menjadi peserta Asian Games yakni pada edisi 2010, 2014, dan 2018.

Apesnya, dalam tiga edisi mengikuti Asian Games, Kirgistan ternyata selalu gagal lolos fase grup tanpa mendapatkan sekalipun kemenangan.

Namun, bukan berarti Kirgistan merupakan lawan mudah bagi Timnas Indonesia U-24. Pasalnya, mereka baru saja membuat Korea Selatan kesulitan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, dengan hanya kalah tipis 0-1.

Baca Juga
Indra SjafriAsian GamesTimnas IndonesiaTimnas Indonesia U-24

Berita Terkini