x

Lionel Sinathrya Promosi ke PSG U-19 Usai Dicampakkan Bima Sakti dari Timnas U-17

Rabu, 20 September 2023 13:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Lionel Nathan Sinathrya, anak dari selebriti Darius Sinathrya mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-17.

INDOSPORT.COM - Lionel Sinathrya sukses memukau PSG Academy meski telah dicampakkan Bima Sakti dari seleksi timnas Indonesia U-17 menjelang perhelatan Piala Dunia U-17 2023.

Sosok Lionel Nathan Sinathrya merupakan pemain sepak bola muda kelahiran Jakarta, 28 Juni 2007. Saat ini Lionel masih berusia 16 tahun, sehingga layak bermain di Piala Dunia U-17.

Baca Juga

Lionel Sinathrya tergabung di akademi asal Prancis, The ICEF Football pada 2021. Saat ini Lio dan adiknya, Diego, bermain untuk PSG Academy Residental Europa.

Ketika pemain diaspora Indonesia di luar negeri satu per satu dipanggil untuk seleksi timnas Indonesia U-17, tetapi Lionel Nathan Sinathrya tak kunjung dilirik oleh Bima Sakti.

Tak ingin melewatkan kesempatan emas bermain di Piala Dunia U-17, Lionel bahkan pulang ke Indonesia dan mengikuti seleksi terbuka di Surabaya.

Dengan pengalaman Lionel Sinathrya di kancah Eropa, ia berhasil masuk dalam 50 besar pemain yang dipanggil untuk seleksi lanjutan di Jakarta.

Baca Juga

Hanya saja, setelah menjalani seleksi lagi di Jakarta, Lionel Sinathrya tetap tidak masuk kriteria idaman Bima Sakti, dan akhirnya ia tersingkir dari seleksi timnas U-17.

Pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia akhirnya mengantar Lionel kembali ke Prancis, untuk menimba ilmu sepak bola di PSG Pro Academy Grand Geneva.

Siapa sangka, Lionel Sinathrya begitu disegani di Eropa. Berdasarkan penuturan Darius, anak lelakinya itu langsung naik kelas ke level U-19, meski sebenarnya ia masih usia U-17.

Baca Juga

1. Pesan Darius Sinathrya

Darius Sinathrya

Lewat unggahan di media sosial Instagram, Darius Sinathrya menuturkan pencapaian kedua anaknya, Lionel dan Diego Sinathrya bersama PSG Pro Academy Grand Geneva.

"Setelah satu minggu kombinasi latihan dengan intensitas tinggi dan berbagai tes fisik, tim ini mulai jalani uji tanding dengan tim-tim lokal," ungkap Darius Sinathrya.

Baca Juga

Diego Sinathrya didapuk sebagai kapten tim U-16, sementara Lionel Sinathrya langsung promosi ke tim U-19, padahal usianya kini masih menginjak 16 tahun.

"Lio tergabung di U-19, walau masih cukup banyak pemain di kelompok ini yang seharusnya di U-17, termasuk Lio sendiri."

"Lawan dua tim lokal, mereka menang 6-1 di laga pertama kelompok U-16, di mana Lio juga ikut main satu babak, bergantian tiap babak dengan teman seusianya," jelas Darius lagi.

"Di laga ini, Diego mencetak 1 gol. Di laga kedua, Diego bermain penuh dan mencetak dua gol ditambah satu assist, dengan skor akhir 13-0.

Baca Juga

"Sementara di tim U-17, tim Lio menang 11-2. Awal yang baik untuk musim ini, dan sesuai rencana jangka panjang pelatih kepala."

Sebelumnya, Darius Sinathrya juga akui tak masalah Lionel Sinathrya tersingkir dalam seleksi timnas Indonesia U-17, dan batal bermain di Piala Dunia U-17 2023.

"Lio memang belum terpilih, tapi keberanian untuk ikut seleksi dan usaha memberi yang terbaik di setiap kesempatan, sudah pasti bikin Papa dan Mama bangga," tulis Darius.

"Dengan semua progres perkembangan yang Lio tunjukkan dalam dua tahun ini, Papa dan Mama yakin Lio bisa menjalani profesi pilihan Lio sebagai atlet sepak bola profesional," tukas Darius Sinathrya.

Baca Juga
PSGTimnas U-17Darius SinathryaTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Berita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17Lionel Sinathrya

Berita Terkini