x

Sama Sekali Tak Diunggulkan, 5 Strategi untuk Manchester United Kalahkan Bayern Munchen

Rabu, 20 September 2023 17:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Manchester United akan memulai petualangan mereka kembali di Liga Champions pada Kamis (21/09/23) dini hari WIB nanti. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Manchester United akan memulai petualangan mereka kembali di Liga Champions pada Kamis (21/09/23) dini hari WIB nanti.

Hanya saja anak-anak asuh Erik ten Hag harus langsung menghadapi lawan super berat dalam bentuk Bayern Munchen.

Baca Juga

Jelang lawatan ke Allianz Arena, kondisi Manchester United sama sekali tidak ideal untuk melakoni big match kontra sang raksasa Jerman.

The Red Devils sejauh ini masih belum bisa menunjukkan penampilan meyakinkan di 2023/2024 setelah melewati lima pertandingan kompetitif.

Tiga kekalahan sudah mereka derita dari Tottenham Hotspur (2-0), Arsenal (3-1), dan yang terakhir Brighton & Hove Albion (1-3).

Belum lagi banyak penggawa mereka yang cedera dengan Harry Maguire dan Aaron Wan-Bissaka menyusul 10 nama lain masuk ke ruang dokter.

Baca Juga

Kabar kepulihan Sofyan Amrabat, Mason Mount, dan Raphael Varane memang sudah terbit namun diragukan ketiganya bisa langsung menjadi starter melawan Bayern Munchen.

Manchester United tidak diragukan lagi adalah underdog di hadapan Bayern Munchen. Hanya saja tidak ada kata mustahil di sepakbola. Berikut adalah lima cara untuk mereka mencuri poin penuh di hadapan Die Bavarian.

1. Fokus pada Upamecano

Sekuat-kuatnya Bayern Munchen tetap ada weak link yang bisa dieksploitasi. Salah satunya adalah Dayot Upamecano yang punya memori buruk kali terakhir ia bermain di Liga Champions.

Musim lalu bek sentral asal Prancis tersebut tampil jauh di bawah standar dan membuat klubnya dieliminasi Manchester City dari babak perempat final.

Baca Juga

Memberikan tekanan lebih pada Upamecano bisa memberikan Manchester United kans lebih besar untuk menang.

Kecepatan yang mereka punya pada lini depan dari Rasmus Hojlund dan Marcus Rashford bisa membuat Upamecano merasakan neraka di Eropa lagi.

2. Biarkan Rashford Melebar

Mengingat Dayot Upamecano bermain sebagai bek sentral sebelah kanan Bayern Munchen, sudah sewajarnya Marcus Rashford dipasang sebagai penyerang sayap kiri.

Namun bukan itu saja kegunaannya karena Rashford memang lebih berbahaya jika diberi peran sebagai left winger.

Di awal musim ia sempat diplot sebagai penyerang tengah namun tidak efektid dan akhirnya gagal mencetak gol sama sekali.

Baca Juga

1. Bruno, Kane, dan Pemain Muda Jadi Sorotan

Striker baru Bayern Munchen, Harry Kane.

Kini sudah Rasmus Hojlund yang siap mengisi pos 'nomor 9' dan Rashford pun semakin punya kebebasan untuk bermain melebar.

3. Optimalkan Bruno

Krisis pemain sayap terutama di sisi kanan membuat Bruno Fernandes harus beberapa kali digeser dari posisi aslinya, gelandang serang sentral.

Baca Juga

Namun tetap saja area terbaik bagi playmaker Portugal itu saja tetaplah di tengah. Di sana ia bisa melakukan kombinasi umpan dengan rekannya begitu pula dengan melepaskan killer pass melewati pertahanan lawan.

Melawan Bayern Munchen yang memiliki dua centre back tangguh dalam diri Kim Min-jae dan Dayot Upamecano, Bruno akan sangat krusial.

Bila diberi sedikit ruang saja maka si kulit bundar sudah berada di belakang garis pertahanan siap untuk dilahap para winger dan penyerang Manchester United.

4. Matikan Kane

Harry Kane sejauh ini menikmati awal yang baik bersama Bayern Munchen dengan empat gol plus satu assist dari empat pertandingan di Liga Jerman.

Baca Juga

Tren apik tersebut akan coba ia teruskan di Liga Champions saat bertemu dengan Manchester United dini hari nanti.

Kane punya statisktik yang cukup oke menghadapi Setan Merah. Ia punya enam gol ke gawang mereka dan hanya Chelsea serta Arsenal (7) yang lebih sering dibobolnya dari kategori tim top asal Inggris.

Lisandro Martinez dan Victor Lindelof sebagai pasangan bek sentral favorit Manchester United dipastikan harus bekerja keras untuk mematikan langkah bomber 30 tahun tersebuy di Allianz Arena.

5. Manfaatkan Para Pemain Muda

Salah satu solusi untuk mengubah rentetan hasil buruk adalah dengan memperkenalkan pemain segar dalam tim yang biasanya diambil dari akademi.

Baca Juga

Manchester United cukup beruntung karena mereka punya nama-nama seperti Hannibal Mejbri, Alejandro Garnacho, sampai Facundo Pellistri.

Rasa lapar dari mereka untuk unjuk gigi bisa menjadi pembeda kontra Bayern Munchen dan terlbih ketiganya belum ada yang pernah menjalani debut penuh Liga Champions.

Baik Mejbri, Pellistri, dan Garnacho bisa menjadi alternatif di sayap kanan yang merupakan sektor terlemah Manchester United saat ini.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga ChampionsBayern MunchenIndepth

Berita Terkini