x

Rekrut Pemain Timnas Timor Leste, PSM Bantah Isu Wiljan Pluim Dilepas

Sabtu, 23 September 2023 05:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim dan pemain Persija Jakarta, Muhammad Ferarri pada pekan pertama Liga 1 2023-2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (03/07/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, PSM Makassar baru saja memperkenalkan pemain asing baru yakni Joao Pedro. Dia merupakan winger Timnas Timor Leste. 

Joao bahkan sudah menjalani debut untuk PSM di Piala AFC 2023 saat melawan klub Vietnam, Hai Phong pada Kamis (21/09/23). Dia masuk dibabak kedua, menggantikan Yance Sayuri dan bermain selama 30 menit.

Baca Juga

Diperkenalkannya Joao oleh PSM tentu membuat publik bertanya-tanya. Pasalnya, tim Juku Eja sudah punya enam pemain asing sesuai regulasi Liga 1 2023/24. 

Rupanya, Joao khusus didaftarkan oleh PSM untuk tampil di Piala AFC 2023. Pada ajang ini, klub peserta bebas mendaftarkan jumlah pemain asing, tapi hanya boleh enam nama yang masuk di starting XI tiap pertandingan.

Baca Juga

“PSM Makassar resmi menambah pemain asing di kompetisi AFC Cup 2023/2024. Dia adalah Joao Pedro da Silva Freitas, asal Timor Leste, berusia 25 tahun,” demikian keterangan dari PSM. 

“Pemain berposisi winger tersebut akan memperkuat Pasukan Ramang hingga akhir kompetisi musim ini,” lanjut tim kebanggan The Maczman itu.

Baca Juga

“Joao Pedro juga merupakan pemain Timnas Timor Leste. Dia mencatatkan 10 penampilan bersama Timnas Timor Leste,” detail informasi tersebut.

Direkrutnya Joao Pedro sempat menimbulkan spekulasi jika PSM akan melepas salah satu pemain asingnya. Yang paling santer disebut adalah Kike Linares, lantaran ia belum sekalipun dimaikan, meski didatangkan musim ini.

Baca Juga

Lalu juga ada rumor jika Wiljan Pluim dan Yuran Fernandes akan hengkang. Keduanya juga tak masuk line up saat PSM melawan Hai Phong.

Bahkan, keberadaan Pluim dan Yuran pun tidak diketahui. Dua legiun asing ini juga tak beraksi di Liga 1 2023 ketika PSM menang atas Barito Putera, pekan lalu.

Baca Juga

Akan tetapi, hal itu rumor ditepis oleh pihak PSM. Klub menyatakan, pemain asing di Liga 1 2023 tetap enam pemain dan tidak ada yang dicoret.

“Pemain asing PSM untuk Liga 1 tetap enam orang, tidak ada yang pergi,” ujar media officer PSM, Abdul Karim.

Baca Juga

“Pemain asing PSM tetap enam, tidak ada yang berkurang,” sambungnya.

Dari informasi yang beredar, pelatih PSM, Bernardo Tavares tidak memasukan Wiljan Pluim ke line up lantaran pemain asal Belanda itu lakukan indisipliner. Sedangkan Yuran Fernandes sedang izin pulang ke negaranya. 

Baca Juga
PSM MakassarLiga 1Willem Jan Pluim

Berita Terkini