x

Ketimbang Conte, AS Roma Bisa Gaet 3 Pelatih Potensial untuk Gantikan Mourinho

Jumat, 29 September 2023 17:55 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ketimbang menggaet Antonio Conte, klub Liga Italia (Serie A), AS Roma, lebih baik menggaet tiga pelatih potensial untuk menggantikan Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM – Ketimbang menggaet Antonio Conte, klub Liga Italia (Serie A), AS Roma, lebih baik menggaet tiga pelatih potensial untuk menggantikan Jose Mourinho.

Jose Mourinho tengah dalam posisi sulit karena berpotensi dipecat seiring hasil minor yang didapat oleh AS Roma di awal musim 2023/2024 ini.

Baca Juga

Dari sekian nama yang santer diberitakan jadi penggantinya, nama Antonio Conte digadang-gadang akan menjadi pelatih AS Roma selanjutnya.

Tapi, Conte diyakini tak cocok dengan Il Lupi. Selain karena sifatnya yang keras, ia juga gemar menghamburkan uang untuk belanja pemain.

Dua kebiasaan ini tak cocok dengan AS Roma yang punya tradisi dilatih pelatih kalem dan juga tak gemar belanja besar dalam beberapa tahun terakhir.

Sehingga ketimbang menggaet Conte untuk menggantikan Mourinho, AS Roma pun bisa menggaet tiga pelatih potensial yang punya rekam jejak apik. Siapa saja?

Baca Juga

1. Christophe Galtier

Christophe Galtier merupakan pelatih potensial yang punya rekam jejak apik saat menukangi tim yang tak punya nama besar dan andal dalam mengeluarkan kemampuan pemain.

Sebelum bergabung PSG dan dicap sebagai pelatih bobrok, Galtier mampu membuat gebrakan di Liga Prancis dengan membawa Lille menjuarai Ligue 1 pada musim 2020/21.

Setelahnya, ia menukangi OGC Nice dan membawa tim tersebut menjadi Runner Up Coupe de France 2021/22 serta finis di lima besar.

Selain itu, Galtier dianggap pelatih dengan gaya bermain atraktif dan juga andal dalam mengeluarkan kemampuan terbaik pemainnya.

Sebut saja nama-nama seperti Gabriel Magalhaes, Nicolas Pepe, hingga Zeki Celik yang kini telah diboyong AS Roma dari Lille.

Baca Juga

1. 2. Graham Potter

Pelatih Chelsea, Graham Potter, di laga kontra AC Milan (12/10/22). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Senasib dengan Galtier, Graham Potter juga dicap pelatih bobrok saat menukangi tim besar yakni kala membesut Chelsea selama beberapa bulan di musim 2022/23.

Cap bobrok itu ternyata tak menggambarkan kejelian Potter sebagai pelatih, terutama saat merevolusi Brighton hingga kini bersinar di bawah arahan Roberto De Zerbi.

Baca Juga

Di tangannya, Brighton menjadi salah satu kuda hitam yang kerap menyulitkan tim-tim besar dan membentuk pondasi dasar hingga The Seagulls mampu masuk papan atas Liga Inggris saat ini.

Dalam meramu taktik, Potter pun merupakan tipikal pelatih modern yang bermain dengan penguasaan bola dan bermain menyerang.

Ia pun punya riwayat apik dalam memoles pemain biasa saja yang kemudian menjadi bintang, hal yang bisa berguna bagi AS Roma saat ini.

Baca Juga

3. Julen Lopetegui

Jika AS Roma ingin pelatih yang juga punya rekam jejak pemenang, maka Julen Lopetegui tak bisa diabaikan begitu saja dari daftar pengganti Mourinho.

Lopetegui merupakan salah satu pelatih terbaik Spanyol, sebelum kariernya hancur karena membesut tim sekelas Real Madrid.

Tapi setelah pergi dari Real Madrid, Lopetegui mampu bersinar dengan membawa Sevilla meraih gelar juara Liga Europa 2019/20.

Soal taktik, Lopetegui pun juga bermain menyerang dan dirasa cocok dengan komposisi skuad AS Roma saat ini yang berisikan penyerang tajam dan gelandang top.

Dengan statusnya yang menganggur, AS Roma bisa meminangnya secara gratis dan bisa membangun proyek jangka panjang agar Lopetegui bisa meraih hasil maksimal.

Baca Juga
Jose MourinhoAntonio ConteAS RomaJulen LopeteguiIn Depth SportsLiga ItaliaChristophe GaltierGraham PotterIndepth

Berita Terkini