x

Statistik Gila Takefusa Kubo di Sociedad, Bakal Jadi Properti Panas di Bursa Transfer

Senin, 2 Oktober 2023 12:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Musim 2023/2024 memang baru berjalan beberapa pekan, tapi pamor Takefusa Kubo di klub Liga Spanyol (LaLiga), Real Sociedad, tak bisa diabaikan begitu saja.

INDOSPORT.COM – Musim 2023/2024 memang baru berjalan beberapa pekan, tapi pamor Takefusa Kubo di klub Liga Spanyol (LaLiga), Real Sociedad, tak bisa diabaikan begitu saja.

Bukan tidak mungkin, pamornya di awal musim 2023/2024 ini bersama Real Sociedad bisa membuat Takefusa Kubo menjadi Hot Property atau properti terpanas di bursa transfer.

Baca Juga

Takefusa Kubo mampu mencuri perhatian saat perhatian Liga Spanyol tertuju kepada Jude Bellingham yang baru bergabung Real Madrid.

Pemain berusia 22 tahun ini berhasil melesakkan lima gol dalam tujuh pertandingan di Liga Spanyol 2023/2024, atau hanya terpatu satu gol dari Bellingham.

Tak ayal, Kubo pun kini mendapat sorotan karena berkat gol-golnya itu, Sociedad bisa bersaing di papan atas klasemen Liga Spanyol 2023/2024.

Jika dibandingkan dari golnya, Bellingham memang lebih moncer karena dikenal sebagai gelandang. Tapi fakta terungkap jika pemain anyar Real Madrid ini banyak mengokupasi lini serang.

Baca Juga

Heat Map yang ia miliki musim ini terlihat banyak berada di kotak 16 atau kotak penalti lawan. Berbeda dengan Kubo yang justru banyak jauh dari kotak 16.

Sehingga, catatan Bellingham itu tak lebih impresif dari Kubo yang hanya kalah satu gol dari pembelian anyar Real Madrid itu.

Impresifnya catatan Kubo pun bisa saja membuatnya menjadi salah satu pemain pesaing untuk memperebutkan gelar pemain terbaik musim ini.

Guna meraih gelar pemain terbaik itu, pemain asal Jepang ini harus konsisten di setiap laga dan bisa membawa Real Sociedad finis di papan atas.

Tuntutan tampil konsisten ini bisa saja dipenuhi oleh Kubo jika melihat statistiknya. Tak mengherankan jika nantinya ia justru menjadi buruan banyak klub besar di musim panas 2024.

Seperti apa statistik yang dimiliki oleh Takefusa Kubo sehingga hadirnya potensi dirinya menjadi salah satu nama yang bakal diperebutkan di bursa transfer?

Baca Juga

1. Statistik Takefusa Kubo

Yoshito Okubo saat masih berseragam Cerezo Osaka. Pemain asal Jepang ini merupakan pemilik catatan gol terbanyak sepanjang sejarah di J1 League.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Takefusa Kubo banyak bermain sebagai winger, tepatnya di pos winger kanan Real Sociedad.

Sebagai winger kanan, dirinya punya keunggulan dalam hal Pressing atau menekan lawan yang terlihat dari kecepatannya di Flank kanan.

Baca Juga

Sebagai winger, Kubo punya catatan unik dan seakan menghidupkan kembali peran winger konvensional yang gemar menyisir sayap ketimbang mencetak gol.

Peran winger konvensional ini sudah mati seiring membuat winger tak lagi menunjukkan dribel-dribel tapi lebih gemar mencetak gol seperti Bukayo Saka dan Mohamed Salah.

Tapi Kubo berbeda dengan dua winger yang dikatakan top itu. Ia masih memegang prinsip teguh winger konvensional yang eksplosif di Flank tapi ditambah dengan kemampuan mencetak gol.

Dari catatannya, Kubo memiliki rataan 0,39 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dan mampu melepaskan 2,6 tembakan per 90 menit.

Baca Juga

Dribel yang jadi andalannya bahkan bisa menciptakan 3,72 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit atau tindakan yang berbuah peluang.

Peran winger yang dimainkan Kubo membuatnya rata-rata membuat 4,33 dribel per laga dengan kesuksesan melewati lawan sebanyak 1,85 kali per 90 menit.

Bahkan, catatannya menyentuh bola di Final Third terbilang tinggi dengan rataan 4,81 sentuhan bola di area lawan dan rata-rata menerima 8,6 operan di area lawan.

Dengan kata lain, Kubo jadi andalan Sociedad untuk membongkar pertahanan dari Flank kanan untuk menciptakan peluang atau mencetak gol.

Peran winger seperti ini belakangan mulai dihidupkan kembali guna menjadi ‘Chaos Player’ layaknya Eden Hazard. Hal ini terbukti dari hadirnya Jeremy Doku di Manchester City.

Maka tak mengherankan jika Kubo nantinya pun akan jadi properti terpanas di bursa transfer. Bisa saja tim-tim besar akan meliriknya terlepas dari statusnya sebagai pemain asal Asia.

Baca Juga
Bursa TransferLaLiga SpanyolReal SociedadIn Depth SportsLiga SpanyolTakefusa KuboIndepth

Berita Terkini