x

Renaissance Marc Cucurella hingga Jadi The New Azpilicueta bagi Chelsea

Selasa, 3 Oktober 2023 14:12 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, tengah merasakan kebangkitan atau Renaissace dari seorang Marc Cucurella yang jadi The New Azpilicueta.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, tengah merasakan kebangkitan atau Renaissace dari seorang Marc Cucurella yang jadi The New Azpilicueta.

Marc Cucurella tengah menjadi sorotan dalam dua pertandingan terakhir Chelsea karena seakan menunjukkan kebangkitannya.

Baca Juga

Pemain asal Spanyol itu tampil apik dalam dua pertandingan terakhir Chelsea kala menghadapi Brighton di Piala Liga Inggris dan Fulham di Liga Inggris.

Padahal dalam dua pertandingan tersebut, pemain berusia 25 tahun itu bermain di luar posisi aslinya sebagai bek kiri, yakni bek kanan.

Posisi tersebut diembannya menyusul cederanya Reece James dan akumulasi kartu merah yang diterima Malo Gusto pada laga melawan Aston Villa.

Penampilan tersebut membuat Cucurella seakan menunjukkan dirinya sebagai penerus kompatriotnya dan mantan rekannya, Cesar Azpilicueta, di Chelsea.

Baca Juga

Azpilicueta sendiri menjadi salah satu pemain terbaik yang dimiliki Chelsea, utamanya karena kemampuannya menempati beragam posisi.

Berposisi asli sebagai bek kanan, Azpi, sapaannya, juga andal dalam memerankan posisi lainnya entah itu bek kiri, winger kiri, ataupun bek tengah.

Versatilitasnya itu pun kemudian hilang seiring kepergian Azpilicueta ke Atletico Madrid setelah 10 tahun membela Chelsea.

Siapa sangka, kehilangan besar Azpilicueta ini tak lama kemudian mampu ditutupi oleh Cucurella, meski dirinya sempat dikabarkan akan didepak.

Bermain sebagai bek kanan di laga kontra Brighton dan Fulham, Cucurella menunjukkan statistik luar biasa di posisi yang sebelumnya tak pernah dimainkan.

Bagaimana penampilan Cucurella dalam angka saat memerankan bek kanan di laga Chelsea menghadapi Brighton dan Fulham?

Baca Juga

1. Statistik Marc Cucurella sebagai Bek Kanan

Marc Cucurella (kiri) berduel dengan Antonee Robinson di laga Fulham vs Chelsea. (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

Cucurella vs Brighton

Di laga kontra Brighton, Cucurella bermain sebagai bek kanan dan membentuk kuartet bersama Axel Disasi, Levi Colwill, dan Ben Chilwell.

Di laga tersebut, Cucurella yang bermain penuh tampil solid dan membuat Kaoru Mitoma mati kutu selama 64 menit pertadingan.

Baca Juga

Dalam bertahan, Cucurella mampu memenangkan 11 duel di lapangan dari 13 duel yang dilakoni dan memenangkan 2 duel dari 3 duel udara.

Jumlah duel yang ia menangkan itu menjadi yang terbanyak bila dibandingkan dengan para pemain Chelsea dan Brighton yang bermain di laga tersebut.

Kehebatannya dalam bertahan juga mampu ditunjukkan dengan 6 tekel sukses dari 9 percobaan yang lagi-lagi melebihi para pemain Chelsea dan Brighton di laga tersebut.

Lalu, ia mampu melepaskan 27 operan sukses dari 33 percobaan operan atau punya akurasi 82 persen, di mana eks Brighton itu mampu melepaskan 4 umpan lambung dari 5 percobaan.

Baca Juga

Cucurella vs Fulham

Penampilan monster di laga kontra Brighton membuat Cucurella kembali dipasang sebagai bek kanan di laga kontra Fulham di pekan ke-7 Liga Inggris 2023/2024.

Tampil penuh sebagai bek kanan, Cucurella kembali menunjukkan kemampuannya dalam berduel dengan memenangkan 2 dari 3 duel di lapangan dan memenangi 1 dari 2 duel udara.

Jika dihitung dengan kemenangan duel di laga kontra Brighton, maka Cucurella telah memenangkan 18 duel dan hanya dilewati lawan sekali saja dari 180 menit permainan.

Dalam permainan, Cucurella mampu melepaskan 41 operan sukses dari 45 percobaan dnegan akurasi 91 persen, di mana ia juga mampu melepaskan 1 operan lambung sukses dari 1 percobaan.

Tak ayal penampilan itu membuat Willian yang musim lalu membuat Chelsea kelabakan kala melawan Fulham, mati kutu sepanjang laga.

Dengan masih absennya Reece James dan Malo Gusto, Cucurella punya kesempatan lainnya membuktikan dirinya adalah penerus Azpilicueta kala Chelsea melawan Burnley, Sabtu (07/10/23).

Baca Juga
ChelseaIn Depth SportsLiga InggrisMarc CucurellaIndepth

Berita Terkini