x

Proses Naturalisasi Terus Berlanjut, Jay Idzes Segera Membela Timnas Indonesia

Rabu, 4 Oktober 2023 06:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Jay Idzes, pemain Venezia FC. (Foto: Instagram@jayidzes)

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan kabar terbaru mengenai proses naturalisasi pemain keturunan calon gelandang Timnas Indonesia, Jay Idzes.

Seperti diketahui, Jay Idzes memang tengah melakoni proses perpindahan kewarganegaraan. Arya Sinulingga selaku Exco PSSI mengatakan bahwa proses Jay Idzes ini sudah diteruskan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Baca Juga

“Proses ini memang harus lihat, karena banyak yang tidak mengerti akan proses naturalisasi. Naturalisasi itu membutuhkan kehadiran fisik,” buka Arya Sinulingga.

“Jadi ketika ada proses administrasi harus datang ke Indonesia. Kehadiran mereka itu biasanya pada saat FIFA Matchday.”

“Administrasi Jay kemarin sudah beres dari Kedutaan Belanda. Kemudian dari rekomendasi Kemenpora sekarang masuk ke Kemenkumham,” jelas Arya.

Jay Idzes sendiri memang sudah sempat datang ke Indonesia pada September lalu. Bahkan Jay sendiri sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Arya pun menjelaskan bahwa proses naturalisasi Jay Idzes sendiri masih on proses. Arya berharap semua proses yang dilalui Jay bisa segera rampung sehingga nantinya Jay bisa segera diambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca Juga

“Mudah-mudahan habis ini urusan kewarganegaraan. Setelah itu masuk ke Kemensesneg, masuk ke Presiden lalu diusulkan DPR.”

“Di DPR biasanya ada sidang di Komisi III dan Komisi X. Setelah itu sidang paripurna DPR dan soal jadwal kami akan sesuasaikan. Setelah itu baru masuk ke Presiden dan keluar Keppres baru diambil sumpah dan selepas itu berpindah federasi,” tukas Arya.

Sebagai informasi, Jay Idzes saat ini bermain untuk tim Seri B, Venesia. Bersama Venesia, Jay Idzez pun kerap mendapatkan menit bermain.

Baca Juga

1. Shin Tae-yong Kepincut Ryan Flamingo

Ryan Flamingo, Bek Liga Belanda Keturunan Indonesia

Rumor mengatakan Shin Tae-yong ingin menaturalisasi Ryan Flamingo agar membela Timnas Indonesia dikabarkan oleh media Korea Selatan, Best Elevens.

Rumor ini pun banyak ditanggapi oleh pro dan kontra. Alasan pro pertama adalah karena statusnya yang bermain di Eropa dan usianya yang masih muda, yakni 20 tahun.

Sedangkan alasan kontra datang karena Flamingo berposisi sebagai bek tengah. Jika melihat Timnas Indonesia saat ini, sektor bek bukanlah sektor yang harus diperkuat lagi.

Tapi di tengah pro dan kontra ini, ada kesimpulan menarik yang bisa diambil dari rumor itu. Kesimpulan itu adalah kualitas dari Flamingo sendiri.

Tentu bukan tanpa sebab jika Shin Tae-yong ingin menaturalisasi Flamingo. Lalu,seperti apa kualitasnya hingga pelatih Korea Selatan itu ingin menjadikannya penggawa Timnas Indonesia?

Shin Tae-yong melihat Ryan Flamingo sebagai salah satu pemain Versatile yang bisa menempati beragam posisi dalam permainan.

Dilansir dari laman FBRef, tercatat Flamingo bisa bermain sebagai bek tengah, Fullback/Wing Back, atau menjadi seorang gelandang bertahan dan tengah.

Selama total bermain sebanyak 137 laga, Flamingo tercatat lebih banyak bermain sebagai bek tengah dengan total 104 penampilan.

Lalu ia bermain 8 kali sebagai gelandang bertahan, 5 kali sebagai bek kanan, dan 3 kali sebagai gelandang tengah di dalam kariernya.

Sebagai pemain belakang atau pemain tengah, Flamingo punya catatan apik dalam mencetak gol yakni sebanyak total 27 gol dalam 137 penampilan.

PSSINaturalisasiTimnas IndonesiaJay Idzes

Berita Terkini