x

Sempat Tak Dipanggil, Bek Favorit STY Akhirnya Comeback Ke Timnas Indonesia

Jumat, 6 Oktober 2023 01:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama Fachruddin Aryanto saat konferensi pers di Trans Hotel, Kota Bandung, Selasa (31/05/22), menjelang FIFA Matchday, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Fachruddin Wahyudi Aryanto awalnya tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong (STY) dalam agenda Timnas Indonesia dalam Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026.

PSSI sebelumnya merilis 25 daftar pemain tanpa bek andalan sekaligus kapten tim Madura United tersebut dalam proyeksi tim besutan STY.

Baca Juga

Namun, ternyata ada perubahan komposisi pemain menjelang berkumpulnya timnas pada Senin (9/10/23) mendatang. Perubahan terjadi untuk posisi bek tengah.

Fachruddin Wahyudi Aryanto kembali dimasukkan STY ke dalam skuat timnas. Dia pun akan berlaga menghadapi Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober 2023.

"Kami menerima surat untuk Fachruddin mengikuti pemusatan latihan timnas tadi malam (4/10/23)," ucap Manajer Madura United, Umar Wachdin Kamis (5/10/23).

"Tentu kami mengapresiasi pemanggilan tersebut. Semoga bisa memberikan kontribusi yang lebih untuk bangsa," tambah dia.

Baca Juga

Kabar terbaru menyebutkan bahwa perubahan posisi bek tengah disebabkan karena cederanya Jordi Amat. Sehingga, posisinya digantikan oleh Fachruddin.

Jordi mengalami cedera saat memperkuat Johor Darul Takzim saat mengalahkan BG Pathum United 4-2 pada laga Grup I Liga Champions Asia Selasa (3/10/23).

Hal itulah yang mungkin jadi pertimbangan STY tak melibatkan Jordi Amat. Eks bek Espanyol dan Swansea City itupun absen dalam 2 leg laga kontra Brunei.

Lantas, bagaimana kiprah bek kelahiran Klaten, Jawa Tengah berusia 34 tahun tersebut? Berikut sepak terjang Fachruddin yang jadi bek favorit di era kepelatihan STY.

Baca Juga

1. Runner-up Piala AFF

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong dan Fachruddin Aryanto foto bersama pelatih Bangladesh, Javier Fernandez Cabrera Martin Penato dan Jamal Bhuyan, saat konferensi pers jelang FIFA Matchday, Selasa (31/05/22).

Fachruddin mulai mendapatkan tempat dalam proyeksi Shin Tae-yong pasca tampil apik dalam babak kualifikasi Piala Asia dan 2 laga uji coba internasional Oktober 2021.

Kapten Madura United itu lantas dipercaya membentengi pertahanan Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2020 yang digelar akhir 2021.

Baca Juga

Fachruddin pun tampil lugas meski Indonesia harus puas finis sebagai runner-up. Kegagalan serupa juga terulang ketika dia kembali membela timnas di Piala AFF 2022.

Lolos Piala Asia
Kendati kerap gagal di Piala AFF, namun Fachruddin berkontribusi penting dalam mengantar Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia Qatar 2024.

Bek berusia 34 tahun itu membawa Indonesia menjadi runner-up grup. Indonesia menang atas Kuwait 2-1 (8/6/22) dan Nepal 7-0 (15/6/22) serta kalah dari Yordania 0-1 (12/6/22).

Lolos ke putaran final Piala Asia menjadi yang pertama kalinya bagi Tim Merah Putih sejak menjadi salah satu tuan rumah pada Piala Asia 2007 silam.

Baca Juga

Kontribusi Penting
Seiring kepercayaan Shin Tae-yong terhadapnya, Fachruddin juga turut berkontribusi penting terhadap peningkatan peringkat Indonesia di rangking FIFA.

Tim Merah Putih awalnya berada di peringkat 173 ketika STY datang pada 2020. Dan setelah hampir 3 tahun, peringkat Indonesia melonjak 26 tingkat ke urutan 147 FIFA (22/9/23).

Soccerway mencatat, Fachruddin telah tampil dalam 30 laga bersama pelatih kebangsaan Korea Selatan itu. Baik saat Piala AFF, uji coba internasional hingga Kualifikasi Piala Asia.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongFachruddin Aryanto

Berita Terkini