x

Ranking FIFA Brunei Cuma 191, Marc Klok Minta Timnas Indonesia Tak Anggap Remeh

Selasa, 10 Oktober 2023 01:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Joko Sedayu
Marc Klok saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok mengingatkan rekan-rekannya agar tidak meremehkan Brunei Darussalam yang akan jadi lawan di Pra Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 12 dan 17 Oktober mendatang.

Secara peringkat FIFA, Brunei berada cukup jauh di bawah yakni 191, sedangkan Indonesia menempati urutan 147. Tapi, hal itu seharusnya tidak jadi tolak ukur karena dalam sepak bola apapun bisa terjadi di dalam lapangan. 

Baca Juga

Menurut Marc Klok, pemain Timnas Indonesia harus tetap fokus dan memberikan seratus persen kemampuan saat lawan Brunei. Sangat penting bagi skuad Garuda untuk memastikan kemenangan, demi jaga asa ke Piala Dunia 2026.

"Semua melihat ke depan untuk pertandingan ini dan semua tahu ini Kualifikasi Piala Dunia dan kami ingin masuk ke sana," ucap Klok.

"Sangat penting bagi kita untuk tidak melihat Brunei di bawah kita atau apapun, kita harus fokus 100 persen ambil match ini seperti semua match lain dan kita harus seratus persen," tambah Klok.

Secara head to head, Indonesia dan Brunei sudah bertemu 11 kali. Dan dari 11 pertemuan itu Indonesia 7 kali raih kemenangan, 2 kali imbang dan Brunei menang 2 kali. 

Baca Juga

Meski buta kekuatan Brunei dan statistik memihak Indonesia, lagi-lagi Klok menegaskan hal itu juga tak seharusnya membuat skuad Garuda jemawa. Mereka wajib analisa permainan Brunei dan tidak anggap remeh laga tersebut. 

"Sejujurnya, saya tidak tahu mereka main bagaimana. Pasti besok akan kami analisa, lalu saya bisa jawab pertanyaan ini," ucap pemain Persib Bandung itu.

"Akan tetapi, seperti saya bilang sebelumnya semua negara punya timnas dan kita tidak bisa melihat brunei di bawah kita dan harus fokus,” jelas Klok menambahkan.

Indonesia terlebih dahulu menjamu Brunei pada pertemuan pertama Pra Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 12 Oktober di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Baca Juga

1. Klok Incar 2 Kemenangan Atas Brunei

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

Untuk itu, Marc Klok dan 25 pemain Indonesia sudah mulai berkumpul dan jalani latihan di Lapangan A Senayan, Senin (09/10/23). Hanya saja, materi latihan hari pertama hanya fokus pada recovery dan belum ada latihan taktikal.

“Hari ini baru berkumpul. Semua pemain dari luar negeri berkumpul. Kami latihan cuma pemanasan untuk persiapkan badannya. Besok kami latihan taktik sebelum melawan Brunei,” ujar Klok.

Baca Juga

“Semua pemain sudah kumpul dan ini bagus karena ini sudah tanggal 9 dan tanggal 12 sudah main. Kita tidak punya banyak waktu dan senang semuanya ada di sini karena kita butuh chemisty yang baik sehingga semua harus hadir,” imbuhnya.

“Kami harus tahu chemistry di lapangan, karena beda dari pemain Indoensia dan luar negeri makanya kami harus kerja bersama,” tambah pemain naturalisasi tersebut.

Baca Juga

Klok menargetkan dua kemenangan atas Brunei supaya bisa melaju ke babak selanjutnya. Ini juga jadi pemanasan menuju Piala Asia 2024.

"Harus dua kali menang ini target. semua percaya diri dan kami juga persiapan untuk Piala Asia. semua pertandingan sangat penting," tuntasnya.

Indonesia dan Brunei terakhir kali bentrok di Piala AFF 2022. Bertemu pada fase grup, Brunei dilibas dengan skor 0-7 pada 26 Desember 20222 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca Juga
Brunei DarussalamTimnas IndonesiaMarc Klok

Berita Terkini