x

Amar Rayhan Brkic, Pencetak Gol Bundesliga Jerman yang Hiasi Timnas Indonesia U-17

Kamis, 12 Oktober 2023 10:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Amar Rayhan Brkic, Pemain Keturunan Jerman yang Hiasi Skuat Timnas U-17

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Amar Rayhan Brkic, sang pemain keturunan Eropa di skuat Timnas Indonesia U-17 yang punya rekam mentereng bersama klub Liga Jerman.

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti mengakui bahwa skuatnya kedatangan satu tambahan amunisi baru yakni satu pemain keturunan atau Diaspora, Amar Rayhan Brkic.

Baca Juga

Bima Sakti menjelaskan bahwa Amar Brkic telah bergabung dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman.

Timnas Indonesia U-17 memang tengah berlatih di Jerman sebagai rangkaian persiapan tampil di Piala Dunia U-17 2023.

Dari data yang dikumpulkan, Amar Rayhan Brkic merupakan pemain berposisi gelandang. Dirinya bermain untuk tim Hoffenheim U-17.

“Kita kedatangan pemain Diaspora Alhamdulillah ada Amar Rayhan Brkic pemain Hoffenheim,” ucap Bima Sakti dalam telekonferensi bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Baca Juga

Melansir laman federasi sepak bola Jerman (DFB), diketahui bahwa Amar Rayhan Brkic memiliki dua kewarganegaraan yakni Jerman serta Indonesia.

Jika melihat dari statistik permainannya sepanjang musim ini, kehadiran Amar Rayhan Brkic jelas jadi amunisi berharga buat skuat Timnas Indonesia U-17.

Sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia, Amar Rayhan Brkic lebih dulu bermain buat sejumlah tim akademi di Jerman.

Bahkan saat ini, Amar Rayhan Brkic yang masih berusia 16 tahun tersebut sukses menembus skuat Hoffenheim U17 dan torehkan beberapa caps pertandingan.

Baca Juga

1. Profil Amar Rayhan Brkic

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman. (Foto: PSSI)

Melansir dari laman Transfermakt, diketahui bahwa Amar Rayhan Brkic merupakan pesepak bola muda keturunan Jerman yang lahir di kota Frankfurt tanggal 11 Juni 2007 silam.

Di awal karier sepak bolanya, Amar Rayhan Brkic bermain untuk tim akademi Offenbacher Kickers, sebuah klub amatir yang saat ini mentas di Regionalliga Südwest atau kasta keempat Liga Jerman.

Baca Juga

Bersama tim akademi Offenbacher Kickers, Amar Rayhan bermain sebanyak dua kali di ajang Landerpokal.

Kemudian pada Mei 2023, Amar Rayhan pindah ke tim akademi Rot-Weiss Frankfurt yang pada saat itu skuat seniornya mentas di Verbandsliga Hessen-Sud atau kasta keenam Liga Jerman.

Di tim ini, Amar Rayhan mendapat tiga kali kesempatan tampil. Meski belum mencetak gol, namun kualitas Amar Rayhan sebagai gelandang serang menarik perhatian TSG 1899 Hoffenheim.

Akhirnya pada Juli 2023, Amar Rayhan bergabung dengan tim akademi Hoffenheim dan musim ini masuk dalam daftar skuat yang tampil di ajang U17-Bundesliga South/Southwest.

Baca Juga

Pada kompetisi Bundesliga Jerman kategori U-17 tersebut, barulah kualitas Amar Rayhan sebagai winger semakin terlihat.

Terbukti sepanjang musim 23/24 ini, Amar Rayhan selalu mendapat kepercayaan tampil dengan torehan tujuh pertandingan.

Bahkan Amar Rayhan yang mengisi posisi winger kanan ini sukses mencetak dua gol saat menghadapi Ingolstadt U17 dan TSV 1860 Munchen U17 bulan Agustus lalu.

Berbekal kualitas tersebut, kehadiran Amar Rayhan dipastikan bakal membuat lini serang Timnas Indonesia U-17 akan semakin tajam dan jadi modal penting untuk ajang Piala Dunia U-17 nanti.

Baca Juga
JermanBundesliga JermanTimnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini