x

Proyek Gagal Inter Miami dan Kembalinya Lionel Messi ke Pangkuan Eropa?

Jumat, 13 Oktober 2023 06:23 WIB
Editor: Juni Adi
Penyerang Inter Miami Lionel Messi mendapat kawalan ketat oleh pemain Los Angeles di Stadion BMO. (Foto: REUTERS/Kirby Lee)

INDOSPORT.COMLionel Messi dikabarkan akan kembali menginjakkan kakinya ke Eropa karena akan dipinjamkan kepada Barcelona, setelah proyek Inter Miami mulai terlihat mengalami kegagalan.

Lionel Messi memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat pada musim panas 2023 lalu, setelah kontraknya di Paris Saint-Germain (PSG) berakhir.

Baca Juga

Padahal pihak klub masih berupaya untuk menahan kepergiannya dengan memberikan tawaran kontrak baru. Hanya saja tawaran tersebut tak digubris oleh Messi.

Sejumlah klub sempat coba mendekatinya tetapi ia memilih untuk menjajal petualangan baru di Inter Miami.

Klub yang bermain di Major League Soccer (MLS) itu mendatangkan Messi secara gratis setelah melakukan negosiasi cukup intens teruntama soal gaji.

Kedatangan Messi ke Inter Miami ternyata langsung memberikan dampak besar terhadap performa tim. Ia mencetak 11 gol dan delapan assist dalam 11 pertandingan pertamanya.

Baca Juga

Messi membuat sejarah dengan memberikan gelar prestisius untuk Inter Miami yakni saat memenangkan trofi Piala Liga Amerika Serikat 2023 usai kalahkan Nashville SC lewat adu penalti karena bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Fakta demikian, sedikit menebus hasil buruk mereka di Major League Soccer (MLS). Skuad polesan Gerardo Martino terbenam di dasar klasemen sementara wilayah timur MLS musim 2023.

Ini trofi pertama Inter Miami sejak berdiri pada 2018 lalu. David Beckham selaku pemilik klub, menceritakan bagaimana dirinya mengalami tantangan berat saat berproses membangun klub tersebut.

Ia bahkan mengalami banyak kesulitan ketika coba mencari investor pada 2014. Sayangnya performa Inter Miami yang menawan di Piala Liga tidak diimbangi di kompetisi lokal, MLS.

Mereka dipastikan tidak bisa lolos ke babak play-off akibat berada di papan bawah pada klasemen MLS wilayah timur.

Baca Juga

1. Inter Miami Pulang ke Barcelona?

Selebrasi gol Lionel Messi di laga Inter Miami vs Orlando City

Inter Miami gagal meraih empat kemenangan dalam empat pertandingan terakhir di MLS, melawan Orlando (1-1), New York City (1-1), lalu kalah dari Chicago (1-4) dan FC Cincinatti (0-1).

Dengan begitu, Miami kini tertahan di posisi 14 dengan torehan 33 poin alias terdua dari bawah. Dua pertandingan tersisa dipastikan tidak akan mampu membantu Miami lolos.

Baca Juga

Kegagalan menembus babak play-off MLS, membuat proyek Beckhm untuk membawa Inter Miami disegani terancam gagal. 

Pasalnya mereka sudah mendatangkan beberapa bintang top Eropa lain yang juga eks rekan Messi yakni Jordi Alba dan Sergio Busquets, tetapi gagal lolos ke babak play-off.

Kedatangan tiga mantan pesepakbola top Eropa itu ke Inter Miami jelas membuktikan klub ini berambisi merajut kesuksesan di sepak bola Negeri Paman Sam, sayang belum sesuai harapan.

Dengan kegagalan Inter Miami lolos ke babak play-off MLS, maka para pemain akan merasakan libur panjang sekitar hingga empat bulan, sambil menyambut musim baru.

Baca Juga

Waktu jeda itu coba dimanfaatkan oleh sejumlah klub Eropa untuk meminjam para pemain bintang yang merumput di MLS pada bursa transfer Januari nanti hingga akhir musim.

Situasi itu coba dimanfaatkan oleh Barcelona yang dirumorkan ingin meminjam Messi, karena La Pulga tak mempunyai agenda lagi bersama klubnya menurut laporan Daily Mail.

Jika benar kembali ke Eropa, Messi bakal mengikuti jejak mantan pemain Eropa lain yang berkarier di MLS tetapi balik ke sepak bola Benua Biru karena dipinjam.

Sebut saja nama-nama seperti Thierry Henry dan David Beckham. Mereka balik ke Eropa dalam status peminjaman, demi menjaga kebugaran stamina.

Mungkin kalau Lionel Messi, sekarang beda cerita, karena peluang Barcelona untuk mewujudkan itu terbilang kecil karena Messi saat ini sedang mengalami cedera, dan sudah absen di beberapa pekan terakhir Inter Miami.

Inter Miami tanpa Messi adalah tim yang jauh lebih buruk daripada saat ia berada di dalamnya, dan jauh lebih lemah tanpa sang jimat di lapangan.

Selain itu, Barcelona juga sudah lebih baik tanpa Messi. Mereka secara efektif membutuhkan waktu dua tahun untuk melupakannya.

Membersihkan sejumlah pemain veteran yang didatangkan untuk melengkapi bakatnya, sementara juga mengintegrasikan pemain muda ke dalam tim. 

 Xavi telah membentuk sebuah Barcelona yang menarik - meskipun memiliki kekurangan - yang memiliki kesempatan untuk memenangkan gelar juara liga lagi tahun ini, dan dapat tampil dengan baik di Eropa.

Dan, kebetulan area kekuatan mereka adalah di mana Messi dapat bermain. Sistem Xavi sangatlah rumit, namun sang pelatih memainkan empat gelandang, dan ketika bermain dengan kekuatan penuh.

Harus mencadangkan salah satu dari Ilkay Gundogan, Pedri, Gavi, atau Joao Felix. Sebagian besar tim akan sangat beruntung jika dapat menurunkan semua pemain tersebut.

Inter Miami juga jelas tidak ingin mengambil risiko untuk meminjamkan Messi ke Eropa,  mengingat kondisinya yang belum fit dan kompetisi baru bisa dimulai dalam waktu dekat lagi.

Baca Juga
BarcelonaLionel MessiMajor League Soccer (MLS)Inter Miami

Berita Terkini