x

Bedah Formasi Timnas Indonesia Bersama 5 Bintang Naturalisasi Anyar: Garuda Rasa Eropa

Senin, 16 Oktober 2023 09:52 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Starting eleven Timnas Indonesia dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM Timnas Indonesia diprediksi bakal punya kekuatan cukup menjanjikan usai hadirnya lima pemain keturunan Eropa yang akan dinaturalisasi. Lantas seperti apa formasi ideal skuat Garuda jika resmi kedatangan para pemain keturunan tersebut?

Timnas Indonesia sendiri punya agenda cukup padat sepanjang tahun 2023 hingga awal Januari 2024 mendatang.

Baca Juga

Di mulai dari babak kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran pertama menghadapi Brunei Darussalam, hingga tampil di penyisihan grup Piala Asia 2023 Qatar.

Khusus pada gelaran Piala Asia 2023 bulan Januari nanti, Timnas Indonesia berada di grup yang cukup sulit bersama Vietnam, Irak serta Jepang.

Berkaca pada kualitas skuat serta peringkat FIFA saat ini, Timnas Indonesia diprediksi masih bakal kesulitan mengimbangi lawan-lawan di Grup D Piala Asia 2023.

Oleh sebab itu, PSSI dikabarkan bakal menambah kekuatan Timnas Indonesia dengan naturalisasi beberapa bintang keturunan di Eropa.

Baca Juga

Bahkan Erick Thohir selaku Ketum PSSI, mempersilahkan para pemain keturunan yang ingin memperkuat Timnas Indonesia untuk menghubunginya.

“Kalau mereka ingin (membela Timnas Indonesia) telepon saya. Nomor telepon saya ada kok,” ucap Erick.

Meski belum ada nama pasti siapa yang benar-benar bakal dinaturalisasi, namun sejauh ini ada lima pemain keturunan yang sedang jadi sorotan dan dikabarkan segera berseragam Timnas Indonesia.

Mereka adalah Emil Audero, Jay Idzes, Ryan Flamingo, Thom Haye serta Nathan Tjoe-A-On. Andai kelima bintang keturunan tersebut bergabung dengan timnas, maka kekuatan skuat Garuda sepertinya bakal bisa mengimbangi kekuatan dari Irak dan Jepang.

Dengan masuknya lima pemain Eropa diatas, lantas bakal seperti apakah formasi ideal yang bisa dipakai Timnas Indonesia? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT mengulas:

Baca Juga

1. Timnas Indonesia Pakai 3 Bek

Selebrasi Jordi Amat usai cetak gol kedua Timnas Indonesia ke gawang Burundi.

Jika melihat dari materi pemain yang ada saat ini dan kehadiran lima calon naturalisasi anyar, maka Timnas Indonesia bakal punya banyak opsi di lini pertahanan.

Oleh sebab itu, memainkan skema 3-5-2 jadi pilihan terbaik buat Shin Tae-yong demi bisa memaksimalkan kehadiran pemain keturunan.

Baca Juga

Selain itu, dengan memperkokoh lini pertahanan bakal membuat Timnas Indonesia bisa mencuri poin dan terhindar dari kekalahan saat hadapi tim sekelas Jepang.

Dengan skema tiga bek, maka pemain yang layak jadi starter adalah Elkan Baggott, Jordi Amat serta Jay Idzes.

Elkan Baggott dan Jordi Amat yang sudah punya jam terbang di Timnas Indonesia, tak bakal alami kendala untuk mengawal pertahanan.

Sedangkan kehadiran Jay Idzes yang punya postur 191 cm serta tak tergantikan di skuat Venezia musim ini, bakal jadi amunisi tambahan untuk membendung serangan lawan.

Baca Juga

Ketiga tembok kokoh tersebut akan meringankan tugas Emil Audero sebagai kiper utama Timnas Indonesia.

Kemudian di lini tengah, ada tiga gelandang yang diapit dua bek sayap. Para bek sayap tersebut bertugas sebagai penyuplai bola ke lini depan melalui crossing serta overlap.

Sedangkan tiga gelandang di tengah bakal jadi pengatur tempo permainan, sekaligus menetralisir serangan tim lawan saat counter attack.

Untuk posisi ini, ada Shayne Pattynama yang menempati sektor bek sayap kiri. Sementara Asnawi Mangkualam berada di sisi berlawanan.

Baca Juga

2. Marc Klok Masih Jadi Tumpuan

Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh saat melakukan tendangan ke gawang Brunei Darussalam dalam laga Pra Piala Dunia di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

Tiga gelandang Timnas Indonesia nantinya akan ditempati Sandy Walsh, Ryan Flamingo serta Marc Klok.

Ryan Flamingo yang posisi aslinya seorang bek, bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan dan bakal berada didepan kuartet pertahanan Timnas Indonesia.

Sementara Marc Klok masih jadi gelandang utama timnas, ditemani Sandy Walsh yang di laga melawan Brunei kemarin cukup cair sebagai gelandang box to box.

Terakhir di lini serang, Timnas Indonesia bisa mengandalkan Ramadhan Sananta yang memang kualitas finishingnya paling mumpuni saat ini.

Kemudian untuk membantu mengalirkan bola dari lini tengah serta menarik perhatian bek lawan, Ramadhan Sananta akan ditopang Thom Haye sebagai attacking midfielder atau treaquatista.

Thom Haye yang lebih sering bermain di posisi central midfielder, akan dipaksa lebih maju ke sepertiga pertahanan lawan untuk membantu penyerangan.

Berbekal kemampuan passing serta tembakan jarak jauhnya, Thom Haye bisa jadi second option jika Timnas Indonesia kesulitan mencetak gol lewat open play.

Selain nama-nama diatas, Timnas Indonesia juga masih punya beberapa bintang top yang menghiasi bangku cadangan seperti Nadeo Argawinata di posisi penjaga gawang.

Serta Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho, Pratama Arhan maupun Egy Maulana yang bisa jadi supersub pada babak kedua.

Timnas Indonesia (3-5-1-1)
Emil Audero; Elkan Baggott, Jordi Amat, Jay Idzes; Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ryan Flamingo, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Thom Haye; Ramadhan Sananta.

Cadangan:
Nadeo Argawinata, Nathan Tjoe-A-On, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, Egy Maulana, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Dimas Drajad, Hokky Caraka, Rafael Struick.

NaturalisasiTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Piala AsiaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini