x

Bung Towel Sentil PSSI soal Naturalisasi Bek Swansea City Nathan Tjoe-A-On

Kamis, 19 Oktober 2023 20:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Calon pemain naturalisasi, Nathan Tjoe hadir di Stadion GBK untuk saksikan laga pra Piala Dunia antara Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM - Pengamat sepak bola Indonesia, Tommy Welly kembali melontarkan kritikan terkait keputusan PSSI yang akan menaturalisasi pemain keturunan Nathan Tjoe-A-On. Sebab keputusan ini membuat lini belakang Timnas Indonesia menumpuk.

Pemain keturunan Nathan Tjoe-A-On memang telah diperkenalkan saat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Nathan telah tiba di Indonesia dan menyaksikan laga Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Bahkan Nathan pun sudah diperkenalkan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Nathan merupakan pemain yang saat ini bermain untuk klub Liga Inggris, Swansea City yang saat ini bermain di Divisi Championship.

Baca Juga

Dirinya pun dikenal sebagai seorang bek kiri, tetapi mampu bermain sebagai bek tengah maupun gelandang kiri, menambah fleksibilitas Timnas Indonesia dalam menghadapi berbagai situasi permainan.

Tommy Welly menilai apa yang dilakukan PSSI menimbulkan perdebatan. Sebab bagi Tommy menilai hal ini menimbulkan penumpukan di sektor lini belakang Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Kualitas Belum Teruji

Pemain Keturunan Indonesia, Nathan Tjoe-A-On

Selain itu, pria yang kerap disapa Towel ini pun menilai bahwa kualitas Nathan Tjo-A-On bersama Swansea City belum teruji. Karena memang dirinya belum memiliki pengalaman bermain di Swansea.

“Saya belum pernah liat Nathan Tjoe-A-On main di Swansea, karena belum main juga memang. Jadi saya engga tau kualitasnya gimana dan kalau dia posnya pemain belakang. Apa engga kebanyakan pemain belakang? Sementara pemain kita pun cukup baik," ujar Bung Towel dalam wawancara di kanal YouTube NALAR TV INDONESIA 

Memang sebelumnya PSSI sebelumnya sudah mengenalkan pemain belakang lainnya yang bakal dinaturalisasi. Dia adalah Jay Idzez yang juga berposisi sebagai bek tengah. 

Dengan hal ini Bung Towel menilai sejatinya untuk naturalisasi sejatinya dilakukan untu lini depan menambah ketajaman Timnas Indonesia.

Di era Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia, PSSI mendatangkan lima pemain keturunan yang sudah dinaturalisasi. Mereka adalah Shayne Pattynama (bek kiri), Sandy Walsh (bek kanan), Jordi Amat (bek tengah), Ivar Jenner (gelandang), dan Rafael Struick (penyerang).

PSSISwansea CityTommy WellyTimnas IndonesiaNathan Tjoe-A-On

Berita Terkini