x

Tangan Kanan Shin Tae-yong Ungkap Alasan PSSI Tak Kunjung Naturalisasi Emil Audero

Kamis, 19 Oktober 2023 11:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Kiper Inter Milan berdarah Indonesia, Emil Audero. (Foto: inter.it)

INDOSPORT.COM - Salah satu staf pelatih Timnas Indonesia yang juga tangan kanan Shin Tae-yong, Yoo Jae-Hoon ungkap alasan PSSI tak kunjung menaturalisasi Emil Audero.

Emil Audero kabarnya berpeluang membela Timnas Indonesia. Kiper Inter Milan tersebut memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Emil lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga

Namun, jika ingin bermain bersama Timnas Indonesia, Emil Audero harus jalani proses naturalisasi lebih dulu. Sebab, saat ini sang kiper masih memiliki paspor Italia.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga angkat bicara mengenai naturalisasi Emil Audero ke Timnas Indonesia. Ia tidak membantah, tapi juga tidak membenarkan rumor yang ada.

"Yang pasti, ada beberapa (pemain keturunan) yang kami lihat, tetapi soal komunikasi, tunggu tanggal mainnya," ujar Arya Sinulingga.

"Kami tidak pernah mau menjanjikan karena prosesnya tidak segampang yang kita kira. Ingat kemarin kasus Shayne Pattynama," lanjut Arya lagi.

Baca Juga

"Dia sampai tiga kali lho ke sini dan tidak jalan. Jadi, kita tidak mau janji. Kalau Ivar Jenner dan sebagainya itu cuma dua kali ke sini, itu pun setelah kita pastikan semua."

"Kan banyak banget nih masukan (pemain naturalisasi), belum tentu begitu, karena bisa saja pelatih tidak butuh, terus bagaimana?" blak-blakan Arya Sinulingga pada media.

Faktanya, salah satu staf pelatih Timnas Indonesia, Yoo Jae-Hoon juga mengaku pihaknya belum memerlukan jasa Emil Audero.

Baca Juga

1. Yoo Jae-hoon: Kami Bukan Cari Pemain Termahal

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

Baru-baru ini, Yoo Jae-hoon mengunggah potret Timnas Indonesia saat rayakan kemenangan atas Brunei Darussalam, dan lolos ke tahap kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah menaklukkan Brunei Darussalam dengan agregat telak 12-0.

Baca Juga

Namun di kolom komentar akun IG Yoo Jae-hoon, ada netizen yang menyinggung kehadiran kiper sekelas Emil Audero akan menambah pamor Timnas Indonesia.

"Emil Audero jika dinaturalisasi akan menjadi pemain termahal dalam skuat Timnas Indonesia," ungkap pemilik akun Instagram @ezra** tersebut.

Yoo Jae-hoon langsung terpancing dan membalas komentar itu. Menurutnya, Timnas Indonesia saat ini mencari pemain yang sesuai kebutuhan, bukan soal gengsi.

"Kami cari pemain yang bisa membantu Timnas kita, bukan cari pemain termahal," blak-blakan Yoo Jae-hoon atau yang akrab disapa Pace itu.

Baca Juga

Jika benar demikian, maka alasan mengapa PSSI berlarut-larut dalam rumor naturalisasi Emil Audero, boleh jadi karena sebenarnya Shin Tae-yong tidak terlalu memerlukannya.

Saat ini, PSSI terpantau sedang melakukan proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On. Sang pemain terbang ke Indonesia dan menonton laga Timnas Indonesia di Gelora Bung Karno.

Nathan Tjoe-A-On bahkan sempat bicara dengan Presiden Joko Widodo. Hal ini juga menegaskan bahwa PSSI serius memproses naturalisasi pemain Swansea City tersebut.

Nathan dikenal sebagai seorang bek kiri, tapi mampu bermain sebagai bek tengah maupun gelandang kiri, menambah fleksibilitas Timnas Indonesia saat menghadapi berbagai lawan.

Baca Juga
PSSINaturalisasiEmil Audero MulyadiTimnas IndonesiaYoo Jae-hoonBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini