x

Mewahnya Bek Timnas Indonesia Bersama Kevin Diks, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Sabtu, 28 Oktober 2023 17:27 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Starting eleven Timnas Indonesia dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM – Lini belakang Timnas Indonesia bakal punya barisan bek mewah dengan harga fantastis andai proses naturalisasi Kevin Diks, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On rampung dilakukan.

Dalam beberapa waktu terakhir, isu soal penambahan pemain keturunan dalam skuat Timnas Indonesia memang sedang ramai diperbincangkan.

Baca Juga

Dua nama yang sebelumnya jadi sorotan adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Keduanya telah mengunjungi Indonesia, bahkan Nathan sempat menyaksikan langsung laga skuat Garuda.

Sementara sosok Kevin Diks mulai kembali disinggung setelah pengamat sepak bola Tanah Air, Ronny Pangemanan menyebut bintang FC Copenhagen itu akan mengikuti Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A untuk mengikuti proses naturalisasi.

PSSI memang sempat berusaha membujuk Kevin Diks untuk berseragam Timnas Indonesia tahun 2022 lalu, akan tetapi pihak keluarga sang pemain masih belum memberikan izin.

Jika melihat dari segi kualitas dan trek rekor permainan, ketiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia ini punya catatan yang sangat fantastis.

Baca Juga

Jay Idzes misalnya, bek berusia 21 tahun ini merupakan pilar penting Venezia dan telah tampil sebanyak 10 pertandingan di Serie B.

Berbekal postur tubuh 191 cm miliknya, Jay Idzes sukses menjaga pertahanan Venezia tak kebobolan sebanyak empat pertandingan.

Lain halnya dengan Nathan Tjoe-A-On. Bek serba bisa kelahiran Rotterdam ini merupakan pilar penting Excelsior dan mampu torehkan 29 pertandingan di Eredivisie musim lalu.

Terakhir ada Kevin Diks, bek keturunan Maluku ini jadi sosok sentral di lini pertahanan Copenhagen dan tak pernah absen membela timnas di tiga laga awal Liga Champions musim ini.

Selain profil yang mentereng, ketiga pemain keturunan di atas juga punya market value mahal. Kehadiran mereka di Timnas Indonesia pun bakal membuat skuat Garuda punya barisan bek berharga fantastis.

Baca Juga

1. Harga Fantastis Calon Naturalisasi Timnas Indonesia

Kevin Diks, Pemain Keturunan Indonesia

Melansir dari data Transfermakt, diketahui market value tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia tersebut sedikit lebih tinggi dari harga pasar pemain lokal Tanah Air pada umumnya.

Mulai dari Jay Idzes, pemain yang pekan lalu absen membela Venezia akibat cedera ini mempunyai harga pasar sekitar 750 ribu euro.

Baca Juga

Dengan usia yang masih sangat muda dan jam terbang cukup banyak di Eropa, tak heran Jay Idzes punya market value cukup tinggi.

Sementara itu, Nathan Tjoe-A-On yang belum jalani debut bersama Swansea City musim ini, punya nilai 500 ribu euro. Angka tersebut alami peningkatan dari tahun lalu yang cuma 300 ribu euro.

Terakhir ada Kevin Diks. Dengan bekal jam terbang di Liga Champions serta menit bermain yang reguler sepanjang musim lalu, membuat harga pasar bek kelahiran Apeldoorn ini melejit hingga 3 juta euro.

Andai Kevin Diks resmi bergabung ke Timnas Indonesia, maka ia akan pecahkan rekor sebagai pemain termahal dalam sejarah skuat Garuda.

Baca Juga

Sebagai informasi, pemain termahal di Timnas Indonesia saat ini masih dipegang Sandy Walsh dengan harga pasar mencapai 1,5 juta euro.

Berbekal harga fantastis dari ketiga calon pemain naturalisasi tersebut, Timnas Indonesia bakal punya barisan lini pertahanan mewah jika Kevin Diks, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On resmi bergabung.

Pasalnya sebelum kehadiran Kevin Diks, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, dalam skuat arahan Shin Tae-yong ini sudah ada sejumlah bek keturunan dengan market value cukup mahal.

Selain Sandy Walsh yang tadi sudah disebutkan, ada juga Elkan Baggott (250 ribu euro), Shayne Pattynama (600 ribu euro), serta Jordi Amat (900 ribu euro).

Baca Juga

2. Ungguli Skuat Vietnam

Jordi Amat dan Para Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Burundi

Bek-bek lokal yang jadi andalan Timnas Indonesia pun punya harga pasar lumayan. Seperti Rizky Ridho dengan nilai 375 ribu euro, kemudian ada Rachmat Irianto (325 ribu euro), Pratama Arhan (275 ribu euro) serta Asnawi Mangkualam (325 ribu euro).

Jika ditotal, maka lini pertahanan Timnas Indonesia dengan ketambahan Kevin Diks, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On akan memiliki harga pasar mencapai 8.8 juta euro.

Sebuah angka yang sangat fantastis untuk lini pertahanan tim di level ASEAN. Bahkan jika dikomparasikan dengan Vietnam yang jadi rival di kualifikasi Piala Dunia 2026, barisan bek Timnas Indonesia jauh lebih mahal.

Masih dari laporan Transfermarkt diketahui bahwa harga pasar keseluruhan Timnas Vietnam terbaru saat hadapi Korea Selatan di laga uji coba beberapa waktu lalu adalah sebesar 5.04 juta euro.

Sementara jika dibandingkan dengan Irak yang juga jadi lawan di kualifikasi Piala Dunia 2026, harga lini belakang Timnas Indonesia hanya kalah sedikit dari keseluruhan skuat Usood al-Rafidayn.

Tercatat, dalam pertandingan terakhir menghadapi Yordania beberapa waktu lalu, harga skuat Irak adalah 9.63 juta euro.

Hanya selisih 800 ribu euro lebih mahal dari lini pertahanan Timnas Indonesia jika diperkuat Kevin Diks, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

NaturalisasiTimnas IndonesiaKevin Diks BakarbessyBerita Timnas IndonesiaNathan Tjoe-A-OnJay Idzes

Berita Terkini