x

4 Fakta Kemenangan PSIS Semarang Atas Persija Jakarta di Stadion Jatidiri

Senin, 30 Oktober 2023 12:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Laga Liga 1 pekan ke-17 antara PSIS Semarang vs Persija Jakarta di Stadion Jatidiri, Minggu (29/10/23). (Foto: Persija/Khairul Imam)

INDOSPORT.COM - Ada empat fakta menarik tentang kemenangan PSIS Semarang atas Persija Jakarta 2-1 di Stadion Jatidiri, Minggu (29/10/23). Carlos Fortes dkk. mengakhiri putaran pertama Liga 1 2023-2024 di zona super nyaman.

PSIS Semarang melanjutkan tren positif setelah kalah di derbi Jawa Tengah atas Persis Solo. Dalam lima partai setelah itu, tim Mahesa Jenar sukses mengamankan 12 poin.

Raihan tiga poin terbaru didapat ketika menekuk Persija 2-1. Dua gol kemenangan PSIS dicetak Lucas Gama menit ke-16 dan Carlos Fortes menit ke-26. Sebiji gol tim tamu dicetak Ryo Matsumura menit ke-32.

Kemenangan ini membuat PSIS berada di zona nyaman klasemen Liga 1 2023-2024. PSIS berada di peringkat empat dengan koleksi 30 poin atau hanya berjarak satu poin saja dari Persib Bandung yang ada di posisi runner up.

Sementara Persija Jakarta yang berstatus sebagai tim bertabur bintang malah mengakhiri putaran pertama di posisi ke-13 dengan 20 poin. Persija semakin jauh dari persaingan masuk zona empat besar Liga 1.

INDOSPORT.COM merangkum empat fakta menarik tentang kemenangan PSIS atas Persija. Salah satu sinyal positif yang dihadirkan PSIS adalah kembali tajamnya Carlos Fortes di Liga 1.

Baca Juga

1. Permainan Efektif PSIS

Statistik pertandingan menunjukkan Persija lebih unggul dari sisi penguasaan bola. Akurasi umpan 82 persen membuat Persija menguasai 57 persen bola berbanding 43 persen milik PSIS.

Namun nyatanya, PSIS bermain lebih efektif. Meski kalah dalam penguasaan bola, PSIS sukses melepaskan 9 tembakan sepanjang laga. Tiga tembakan mengarah ke gawang dengan dua di antaranya berbuah gol.

Sementara Persija yang melepaskan 468 umpan hanya mencatatkan lima tembakan. Satu dari dua tembakan terarah berbuah gol lewat sepakan Ryo Matsumura.

"Di sepak bola bukan soal menguasai bola saja, meski saat memegang bola bisa mengontrol permainan. Persija adalah tim bagus yang menguasai bola dan itu menyulitkan PSIS. Tapi kami punya beberapa peluang dari counter attack untuk kill the game, namun skor akhir tetap 2-1," kata pelatih PSIS, Gilbert Agius usai laga.

Baca Juga

2. Carlos Fortes Melesat

Carlos Fortes tenggelam pada Liga 1 2022-2023 lalu karena rentetan cedera. Keputusan PSIS mempertahankan Fortes pada akhirnya berbuah manis. Fortes membantu PSIS menang atas Persija 2-1.

Gol ke gawang Persija membuat Fortes kini sudah mencetak 9 gol. Fortes hanya terpaut tiga gol saja dari bomber Arema FC, Gustavo Almeida dengan 12 gol.

Sumbangsih gol Fortes tak bisa dilepaskan dari keberadaan tiga pemain asing di lini depan. Secara bergantian Taisei Marukawa, Vitinho dan Paulo Gali Freitas memberikan assist terbaik untuk Fortes bisa mencetak gol.

Gilbert Agius pun menjelaskan keputusan memasang empat pemain asing di sektor penyerangan. Ia ingin ada banyak variasi dalam penyerangan.

"Memang di dua game terakhir kita mengandalkan empat pemain asing di depan. Ini tipikal saya, sehingga punya banyak pilihan, tapi jangan lupa di bench juga ada banyak pemain bagus," ungkap Gilbert Agius.

Baca Juga

3. Jatidiri Penuh Lagi

Kemenangan atas Persija bukan hanya membuat manajemen tersebut soal tiga poin, namun juga pemasukan klub dari hasil penjualan tiket. Ada 18 ribuan penonton yang memadati Stadion Jatidiri Semarang.

Kehadiran belasan ribu Panser Biru serta Snex membuat permainan PSIS menggila. Gilbert Agius pun mengungkap dampak positif dari kehadiran para suporter ini.

"Saya sangat bahagia dengan pemain karena mereka tampil bagus, salah satu game terbaik di musim ini. Saya ucapkan terima kasih sama suporter, atmosfer yang fantastis, atmosfer itu mendorong pemain tampil lebih kuat, lebih semangat di Jatidiri," ungkap Gilbert Agius.

Baca Juga

4. Posisi Thomas Doll Terancam

Thomas Doll dalam posisi terancam setelah Persija tampil buruk pada putaran pertama. Dalam 11 laga terakhir, Persija hanya mencatatkan satu kemenangan, enam hasil seri dan menelan empat kekalahan.

Persija yang digadang-gadang sebagai juara Liga 1 2023-2024 malah terlempar ke posisi ke-13 dengan 20 poin. Persija kini terpaut 15 poin dari Borneo FC yang ada di puncak klasemen Liga 1.

Ada rumor bahwa Persija akan melakukan perombakan pada putaran kedua. Sumber INDOSPORT menyebut beberapa tim Liga 1 sudah mengajukan proposal untuk meminang beberapa pilar Persija.

Persija JakartaPSIS SemarangLiga 1Carlos Manuel Dos Santos FortesThomas Doll

Berita Terkini