x

Profil Tajon Buchanan, Rival Sandy Walsh Calon Pengganti Denzel Dumfries di Inter Milan

Jumat, 3 November 2023 14:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Profil Tajon Buchanan, rival Sandy Walsh di Liga Pro Belgia yang digadang-gadang akan menggantikan Denzel Dumfries di Inter Milan. (Foto: Instagram@tajonbuchanan)

INDOSPORT.COM - Profil Tajon Buchanan, rival Sandy Walsh di Liga Pro Belgia yang digadang-gadang akan menggantikan Denzel Dumfries di Inter Milan.

Inter Milan dikabarkan membidik Tajon Buchanan untuk datangkan pada bursa transfer musim panas jika klub Liga Italia itu menjual Denzel Dumfries.

Baca Juga

Denzel Dumfries sejatinya masih menjadi andalan Nerazzurri berkat penampilannya yang apik sejak direkrut dari PSV Eindhoven pada 2019 silam.  

Bersama Inter Milan, gelandang asal Belanda itu mengemas 9 gol da 18 assist dalam 108 penampilan di semua kompetisi. Sementara musim ini, dia mencatat 2 gol dan 3 assist dalam 9 pertandingan Liga Italia.

Selain itu, kontrak Denzel Dumfries masih berlaku dua tahun lagi atau akan habis pada Juni 2025 mendatang. Namun, Inter Milan tidak mau menyia-nyiakan kans menjual sang pemain.

Hal ini dikarenakan Denzel Dumfries belakangan mulai menarik minat klub-klub raksasa, termasuk di Liga Inggris ada Manchester United dan Chelsea.

Inter Milan membeli Dumfries senilai 14,25 juta euro dari PSV, tetapi nilai pasang sang pemain saat ini berada di angka 40 juta euro menurut Transfermarkt.

Baca Juga

Tak pelak, Inter Milan berencana menjualnya musim panas mendatang di saat nilai Dumfries meningkat pesat demi mengantongi keuntungan untuk modal belanja pemain.

Nah, sejurus dengan rencana tersebut, Inter Milan pun membidik pemain berbakat Club Brugge, Tajon Buchanan, sebagai suksesor Denzel Dumfries.

Tajon Buchanan bersama Club Brugge merupakan salah satu rival dari KV Mchelen yang diperkuat oleh bintang Timnas Indonesia, Sandy Walsh.

Akan tetapi, Tajo Buchanan dan Sandy Walsh belum bertemu di ajang Liga Belgia musim ini. Hal ini dikarenakan Club Brugge dan KV Mechelen baru akan bertemu pada 10 Desember mendatang.

Peluang Inter Milan mendatangkan Tajon Buchanan cukup besar karena mimpi sang pemain bisa bermain di klub Giuseppe Meazza. Siapa sebenarnya Tajon Buchanan?

Baca Juga

1. Tajon Buchanan Bermimpi Main di Inter Milan

Tajon Buchanan pemain Club Brugge. (Foto: Instagram@tajonbuchanan)

Tajon Buchanan lahir di Brampton, Ontario, Kanada pada tanggal 8 Februari 1999. Saat ini usianya menginjak 24 tahun.

Sebelum membela Club Brugge sejak Januari 2022, Buchanan meniti karier sepak bola bersama sejumlah tim asal Kanada dan Amerika Serikat (MLS).

Baca Juga

Awalnya dia adalah anggota tim sepak bola kampus Syracuse Orange, dan baru merumput di liga sepak bola profesional bersama New England Revolution pada 2019.

Selama tiga musim di kasta teratas Liga Amerika Serikat, pemain 24 tahun tersebut mampu mencetak masing-masing 10 gol dan assists dari 57 pertandingan.

Dilansir dari laman Transfermarkt, disebutkan bahwa Tajon Buchanan berposisi asli sebagai wing back kanan, posisi yang sama dengan Denzel Dumfries.

Di Liga Belgia musim ini, Tajon Buchanan sudah bermain dalam 15 laga dengan torehan 3 gol dan 2 assist di berbagai ajang baik sebagai wing back maupun winger kiri.

Baca Juga

Sementara di level timnas, dirinya mampu mencetak 4 gol dari 33 pertandingan buat Timnas Kanada. Berkat pencapaian tersebut, Tajon Buchanan diganjar penghargaan CONCACAF Gold Cup Young Player Award tahun 2021 serta Canadian Youth International Player of the Year 2020.

Melansir dari laman Opta, disebutkan bahwa Tajon Buchanan mampu catatkan total 26 drible sepanjang gelaran Piala Dunia 2022 lalu.

Torehan tersebut membuat Tajon Buchanan berada di belakang beberapa pemain top, seperti Hirving Lozano, Christian Pulisic, Kylian Mbappe, hingga Lionel Messi.

Beberapa waktu lalu, Tajon Buchanan sempat mengutarakan keinginannya untuk membela Inter Milan karena klub Liga Italia itu menjadi impiannya sejak lama.

Baca Juga

“Tentu saja, semua tahu rumor yang ada. Apapun langkah saya selanjutnya, di Brugge atau tidak, saya akan melihat apa yang terjadi,” ujar Buchanan dikutip dari Foot Mercato, Minggu (18/06/23)

“Tentunya Inter Milan adalah klub besar, klub penuh sejarah. Jadi ketika Anda kecil, Anda mendengar soal Inter. Tentu Anda bermimpi bermain di klub seperti itu,” lanjutnya.

Pengakuan Buchanan ini pun membuat pintu negosiasi terbuka bagi Inter untuk memboyongnya ke Giuseppe Meazza di musim panas 2023 ini.

Namun apakah Inter Milan mau menebus Tajon Buchanan senilai 20 juta euro, angka yang diminta Club Brugge untuk para peminat sang pemain? Layak untuk dinantikan. 

Baca Juga
Bursa TransferInter MilanClub BruggeDenzel DumfriesTajon Buchanan

Berita Terkini