x

Shin Tae-yong Sebut Ada Pemain Penting di Timnas Indonesia Selain Asnawi di Piala Asia

Rabu, 8 November 2023 12:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa Asnawi Mangkualam bukanlah satu-satunya pemain penting Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 mendatang.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa Asnawi Mangkualam bukanlah satu-satunya pemain penting Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023 mendatang.

Timnas Indonesia mempersiapkan diri menuju Piala Asia yang akan berlangsung Januari 2024 mendatang. Di turnamen ini, Indonesia akan menghadapi Irak, Jepang dan Vietnam di Grup D.

Baca Juga

Asnawi Mangkualam, bek Timnas Indonesia yang bermain untuk klub Korea Selatan Jeonnam Dragons, tentu saja akan dipanggil oleh Shin Tae-yong kalau tidak cedera.

Mantan pemain PSM Makassar tersebut merupakan salah satu pemain andalan Garuda di bawah era kepelatihan Shin Tae-yong sejak 2021 silam.

Shin Tae-yong yang tengah mudik ke Korea Selatan lantas diwawancarai oleh media Korea Selatan, Best Eleven, soal peran Asnawi Mangkualam.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa pemain Timnas Indonesia lain juga memiliki peran sama pentingnya dengan Asnawi di skuatnya.

Baca Juga

“Tidak hanya Asnawi (yang berperan sentral di Piala Asia), pemain-pemain lainnya juga tampil cukup baik, jadi saya rasa kami bisa,” tutur Shin Tae-yong dilansir dari Best Eleven.

Selain pemain lokal, Shin Tae-yong juga menekankan bahwa pemain naturalisasi berperan sangat baik di Timnas Indonesia.

“Para pemain timnas naturalisasi juga beradaptasi cukup baik dengan tim. Anda harus melihat dengan jelas bahwa Indonesia tidak lagi seperti dulu,” jelasnya.

Asnawi Mangkualam tercatat sudah menampilkan 33 caps bersama Timnas Indonesia baik di level senior maupun U-23 di bawah arahan Shin Tae-yong. Dia juga mencetak 1 gol dan 6 assist dalam prosesnya.

Baca Juga

1. Timnas Indonesia Jadi Kuda Hitam di Piala Asia 2023

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bersama Marc Klok dan Asnawi Mangkualam usai cetak gol ke gawang Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

Dibandingkan dengan ketiga lawannya di Grup D, Timnas Indonesia memang dianggap sebagai kuda hitam pada turnamen Piala Asia 2023 mendatang.

Hal ini diakui pula oleh Shin Tae-yong dalam wawancara-nya, “Mungkin Indonesia bisa tampil sebagai kuda hitam di Piala Asia ini.”

Baca Juga

Sebelum perhelatan tersebut, skuad asuhan Shin Tae-yong ini pun dikabarkan sudah merencanakan beberapa agenda persiapan untuk tampil di ajang ini.

Salah satunya, skuad Garuda kabarnya bakal melakukan laga uji coba melawan Iran, seperti diberitakan oleh media Sarpoosh yang mengatakan bahwa Iran bakal melakoni laga uji coba melawan Timnas Indonesia.

Ini memang bisa dikatakan bisa memberikan dampak positif baik untuk Timnas Indonesia dan juga Iran. Sebab Iran juga bakal tampil di Piala Asia 2023.

Iran sendiri tergabung di grup E bersama Hong Kong, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Kini terkait laga uji coba ini dikonfirmasi kepada asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto.

Baca Juga

“Sebelum Piala Asia kita memang merencanakan ada uji coba,” buka Nova Arianto. 

“Iran menjadi salah satu lawan yang kita rencanakan,” tambah mantan pemain Persib Bandung dan Persebaya Surabaya ini.

Selain informasi mengenai laga uji coba melawan Iran, Nova juga memberikan info bahwa nantinya Timnas Indonesia juga melakukan pemusatan latihan di Turki.

Selama pemusatan latihan di Turki nanti, Nova pun juga mengatakan Timnas Indonesia sudah diagendakan beberapa laga uji coba.

Baca Juga
Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Asnawi Mangkualam BaharBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini