x

Michael Essien Ungkap Persib Bandung Selamatkan Kariernya Pasca Dikhianati Panathinaikos

Jumat, 10 November 2023 19:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien tepuk tangan pada laga perdana Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Chelsea, Michael Essien, mengungkapkan jika tim peserta kompetisi Liga 1, Persib Bandung menyelamatkan kariernya pasca dikhianati Panathinaikos.

Michael Essien baru-baru ini mengungkapkan keputusannya untuk bergabung dengan raksasa sepak bola Indonesia Persib Bandung, yang membatalkan rencana pensiun awalnya.

Baca Juga

Dikabarkan dari ghanasoccernet, pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini, awalnya berencana untuk gantung sepatu setelah bermain untuk raksasa Yunani, Panathinaikos.  

Tetapi, pada akhirnya pemain yang sempat memperkuat Timnas Ghana tersebut memilih untuk bermain untuk dua tim lagi setelah pertimbangan lebih lanjut.

Baca Juga

Dalam wawancara dengan tvOne, Essien membeberkan tantangan yang dihadapinya di klub sebelumnya, Panathinaikos, dan faktor pendorong kepindahannya ke Persib Bandung di Liga 1.

Gelandang kelahiran 3 Desember 1982 yang memiliki karir cemerlang dengan prestasi, seperti memenangkan Liga Champions dan bermain untuk klub terkenal seperti Lyon, Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan, menyebut masalah di Panathinaikos sebagai katalis kepergiannya. 

Baca Juga

"Jujur saya keluar dari Panathinaikos (Liga Yunani) karena banyak masalah. Mereka menjanjikan banyak hal tanpa berbuat apa-apa," jelas Essien.

"Mereka juga tidak menyelesaikan masalah. Ketika saya pergi, saya kembali ke London dan berpikir untuk berhenti bermain sepak bola," tambahnya.

Baca Juga

Persib Bandung yang dikenal dengan statusnya sebagai salah satu tim terkemuka di Liga Indonesia, muncul sebagai pilihan menarik bagi Essien, menawarkan awal baru dan peluang untuk melanjutkan perjalanan sepak bolanya.

Sementara itu, Essien, mengakhiri kariernya setelah bermain untuk Sabail FK di Liga Azerbaijan sebelum bergabung dengan tim teknis di Nordsjaelland di mana ia menyelesaikan kursus kepelatihannya.

Baca Juga

Sementara itu, Michel Essien sebelumnya bergabung dengan Persib pada Maret 2017 silam setelah kontraknya tak diperpanjang oleh klub Yunani, Panathinaikos.

Essien didatangkan oleh tim kebanggaan Bobotoh sebagai marquee player. Pasalnya, pada saat diterapkan aturan terkait marquee player, walaupun bukan aturan wajib dari PSSI. 

Selama berkarier di Indonesia, mantan pemain Real Madrid tersebut mencatatkan sebanyak 29 penampilan bersama Persib, dan berhasil mencetak 5 gol, serta 1 assist menurut data Transfermarkt.

Kebersamaan Essien bersama tim kebanggaan Bobotoh tidak lama, pasalnya jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018 skuad Maung Bandung resmi melepasnya.

Kepastian itu didapat dari tidak adanya nama Essien di dalam skuat Persib saat acara launching tim pada Sabtu (17/03/18) malam WIB.

Saat itu, menurut Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim, keputusan untuk melepas mantan pemain Chelsea itu mengacu pada regulasi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). Pasalnya, dalam satu tim hanya boleh memiliki maksimal empat pemain asing.

"Jadi Essien tadi dalam launching tidak ada karena kami mengacu pada regulasi yang ada bahwa pemain asing (umum) itu tiga. Dan itu sudah lengkap setelah kedatangan (Jonathan) Bauman. Jadi mau tak mau dia (Essien) harus pergi dari skuat," ujar Zainuri, Sabtu (17/03/18). 
 

Persib BandungMichael EssienLiga 1

Berita Terkini